Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mengenal KTA BRI, Syarat dan Simulasi Cicilannya

by Surtan Siahaan on 11 Oktober, 2017

persiapan pensiun _ investasi - CekAja.com

KTA atau Kredit Tanpa Agunan BRI adalah solusi kebutuhan dana tunai cepat dalam jumlah yang besar bahkan hingga Rp 1 miliar. Mudahnya syarat pinjaman tanpa jaminan ini jadi salah satu keuntungan.

Bank BRI selaku pemilik produk memberi nama BRIGuna bukan tanpa alasan. Sebab, selain mudah untuk diajukan dan syarat yang sederhana, BRIGuna juga menawarkan suku bunga yang ringan serta jangka waktu pelunasan kredit yang panjang.

Bagaimana, tertarik mengajukan pinjaman ini? Berikut syarat yang harus dipenuhi dan pastikan untuk melengkapinya!

Syarat mendapatkan pinjaman BRIGuna BRI

Hal pertama yang perlu disiapkan tentu saja syarat identitas diri seperti KTP, kartu keluarga dan NPWP. Namun, perlu diketahui, karena produk ini hanya bisa diajukan oleh nasabah yang berstatus sebagai pekerja, maka ada persyaratan dokumen lain yang harus dimiliki nasabah yakni:

  1. Asli SK pengangkatan pertama dan SK terakhir
  2. Slip gaji, fotokopi buku tabungan BRI, pas foto suami/istri (bagi yang sudah menikah)
  3. Surat rekomendasi dari atasan calon debitur, dan,
  4. Formulir permohonan pengajuan pinjaman yang telah diisi lengkap

Cara mengajukan pinjaman

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mengajukan KTA BRIGuna. Pertama, kita bisa mengajukannya secara langsung dengan mendatangi kantor cabang BRI yang paling dekat dengan tempat tinggal.

Kedua, jika kita terlalu sibuk meluangkan waktu atau malas menghadapi kemacetan untuk mendatangi kantor cabang BRI, kita bisa mengajukannya melalui internet dengan kta online.

Simulasi KTA BRI: jumlah pinjaman dan cicilan per bulan 

 

Tabel KTA BRI - CekAja

Ketentuan-ketentuan yang perlu diketahui saat ajukan pinjaman

Tenor

Istilah ini adalah jangka waktu pinjaman yang diberikan. KTA BRI memiliki tenor yang mencapai 15 tahun atau maksimal usia debitur saat pinjaman jatuh tempo adalah 75 tahun. Selain itu, setiap nasabah yang mendapat kucuran pinjaman secara otomatis mendapatkan perlindungan asuransi jiwa tanpa medical checkup dengan uang pertanggungan hingga Rp500 juta.

Suku bunga

Bank BRI menetapkan suku bunga yang berbeda berdasarkan jumlah pinjaman dan tenor yang dipilih.

Contohnya, dikutip dari situs bri.co.id, untuk jumlah kredit Rp10 juta – Rp500 juta dengan tenor kredit 12 bulan hingga 24 bulan bunga yang diberikan adalah 1,45%. Sedangkan jumlah kredit Rp10 juta hingga Rp500 juta dengan tenor kredit 36 bulan hingga 60 bulan, bunga yang diberikan sebesar 1,54%

Biaya-biaya

Saat nasabah mendapatkan persetujuan atas kredit yang diajukan, maka ada sejumlah biaya yang harus dibayar nasabah pada BRI. Berikut ini biaya-biaya tersebut:

  1. Biaya provisi yang nilainya mencapai 1,5% dari pinjaman yang disetujui.
  2. Biaya administrasi. Nilainya Rp100 ribu.
  3. Biaya pelunasan dipercepat yang nilainya akan ditentukan oleh BRI.
  4. Biaya keterlambatan pembayaran cicilan. Jumlahnya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang akan diinformasikan kemudian.
  5. Biaya asuransi. Nilainya sesuai dengan ketentuan rekanan perusahaan asuransi yang ditunjuk BRI.
  6. Biaya lain-lain yang meliputi biaya jasa notaris, biaya appraisal dan lain sebagainya.

Pinjaman tanpa agunan BRI untuk pensiunan

tips pensiun _ investasi - CekAja.com

Pinjaman KTA BRIGuna tidak hanya bisa diajukan oleh mereka yang masih berstatus sebagai pekerja/ pegawai aktif. Mereka yang sudah memasuki masa purna tugas juga bisa mengajukan dengan syarat memiliki penghasilan tetap/fixed income yang berasal dari uang pensiun. Nama produk ini adalah BRIGuna Purna.

Sebab, ada kalanya mereka yang sudah tidak bekerja lagi membutuhkan dana tunai untuk memenuhi kebutuhan mendesak seperti keperluan renovasi rumah, kuliah atau sekolah anak, pengobatan hingga pernikahan.

Karena nasabah pemohon pinjaman bukan lagi pekerja produktif, tentu persyaratan yang ditetapkan berbeda dengan BRIGuna umum. Nah, berikut ini syarat yang harus dipenuhi bila ingin mengajukan pinjaman BRIGuna Purna:

  1. Identitas diri: KTP, Kartu Keluarga dan NPWP
  2. Asli SK Pensiun
  3. Daftar Pembayaran Pensiun (Dampem)
  4. Kartu Registrasi Induk Pensiun (KARIP)
  5. Buku pensiun
  6. Fotocopy buku tabungan BRI, pas foto suami-istri (bagi yang sudah menikah)
  7. Formulir permohonan pengajuan pinjaman yang sudah diisi lengkap

Cara jitu agar pengajuan KTA disetujui

tips bisnis sukses _ pinjaman usaha - CekAja.com

Mengajukan pinjaman tunai tanpa agunan memang mudah karena tidak mengharuskan kita menjaminkan barang agunan. Namun, bukan berarti bank akan langsung menyetujui permohonan kredit kita.

Tapi, jangan khawatir. Untuk membantu siapa saja yang sangat membutuhkan dana tunai cepat, berikut cara mengajukan KTA agar disetujui:

  1. Rasio utang masih mencukupi. Mau tahu cara menghitung rasio utang, berikut artikel yang wajib dibaca: (artikel rasio keuangan)
  2. Punya kartu kredit yang sudah digunakan lebih dari setahun.
  3. Catatan kredit baik / lolos BI Checking.
  4. Pastikan seluruh syarat dan dokumen sudah dipenuhi.
  5. Gunakan situs web perbandingan produk keuangan untuk mendapatkan produk KTA yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami