KTA DBS, Sumber Pinjaman Dana Untuk Yang Berpenghasilan Rendah

6 min. membaca Oleh Teti Purwanti on

Bagi masyarakat yang penghasilan per bulannya tidak terlalu tinggi dengan rata-rata masih di kisaran Rp3 juta hingga Rp5 juta biasanya merasa bingung untuk mencari sumber pembiayaan tambahan saat ada kebutuhan mendesak.

KTA DBS

Ada banyak sumber pinjaman yang bisa dimanfaatkan agar bisa mendapatkan tambahan dana. Salah satunya melalui skema Kredit Tanpa Agunan dari perbankan. Yang biasanya mensyaratkan debitur atau peminjam memiliki penghasilan bulanan mulai dari Rp3 juta per bulan.

Karena banyaknya bank yang menyediakan layanan KTA juga bisa membuat masyarakat bingung untuk memilih layanan mana yang terbaik. Salah satu KTA terbaik adalah dari bank DBS Indonesia.

Karena proses pengajuan dan pencairannya yang sangat mudah dan cepat. Berikut ini penjelasan lebih lanjut terkait KTA dari bank DBS Indonesia:

Masyarakat berpenghasilan Rp3 juta perbulan bisa mengajukan pinjaman

Bank DBS Indonesia merupakan bagian dari kelompok Development Bank of Singapore. Yang tidak lain adalah salah satu bank dengan aset terbesar di Asia Tenggara.

Sebagai informasi, pada tahun 2017 DBS memiliki aset sebesar Rp5.263,1 triliun Dan merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

Bank DBS Indonesia memiliki produk Kredit Tanpa Agunan yang bisa diajukan oleh nasabah yang memiliki penghasilan mulai dari Rp3 juta per bulan untuk yang berprofesi sebagai karyawan.

Apabila debitur berprofesi sebagai wirausaha, maka minimal pendapatan per bulan yang dipersyaratkan adalah sebesar Rp5 juta. Begitupun dengan debitur yang berprofesi sebagai profesional juga harus memiliki pendapatan bulanan minimal Rp5 juta untuk bisa mengajukan KTA.

Batasan minimal pendapatan tersebut relatif kecil. Sehingga bagi debitur yang berpenghasilan tidak terlalu besar bisa mengajukan KTA dari DBS.

Persyaratan umum lainnya untuk bisa mengajukan KTA bank DBS adalah warga negara Indonesia berusia minimal 21 hingga 55 tahun. Serta memiliki kartu kredit dengan limit minimal Rp6 juta untuk karyawan. Dan Rp7 juta untuk wirausaha dan profesional.

Minimal masa aktif kartu kredit dari bank lain yang perlu dimiliki debitur adalah 9 bulan untuk karyawan. Dan 12 bulan untuk wiraswasta dan profesional.

Selain itu, karyawan yang berhak mengajukan kredit dari bank DBS juga harus sudah bekerja lebih dari 1 tahun. Dan berstatus karyawan tetap. Serta sudah memulai usaha lebih dari 2 tahun untuk wirausaha dan profesional.

Proses pengajuan mudah dan serba online

Untuk menunjang kemudahan nasabah, bank DBS meluncurkan layanan digital bernama Digibank by DBS. Digibank didirikan pada 29 Agustus 2017 silam. Sehingga nasabah bisa melakukan aktivitas perbankan dengan mudah dan cepat.

Produk perbankan digital ini juga terhubung dengan aplikasi mobile DBS sejak pertama kali diluncurkan di India pada April 2016 silam.

Alasan pengembangan layanan digital oleh bank DBS ini adalah untuk mengikuti perkembangan digital. Yang mengharuskan perbankan menyediakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Karena semakin tergantung pada smartphone dalam aktivitas sehari-hari.

Dengan adanya layanan digital ini, nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang DBS untuk bisa mengajukan pinjaman KTA karena seluruh proses bisa dilakukan secara digital melalui aplikasi smartphone. Sehingga bisa menghemat ongkos perjalanan ke kantor cabang bank yang kini tidak lagi diperlukan.

Proses pengajuan KTA Digibank by DBS bisa dilakukan untuk yang sudah memiliki rekening DBS ataupun belum, dengan metode cara yang berbeda.

Bagi nasabah yang telah memiliki rekening tabungan digibank, tahapan pengajuan kredit bisa dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu utama pada Aplikasi digibank by DBS dan pilih digibank Personal Loan
  2. Lengkapi data diri kamu dan tunggu persetujuan pinjaman tanpa agunan dari digibank KTA, kamu sudah bisa mendapatkan kepastian persetujuan awal dalam 60 detik saja
  3. Jika telah disetujui, kamu dapat menentukan sendiri jumlah pinjaman, cicilan dan tenor yang kamu inginkan saat itu juga
  4. Setelah itu dana akan langsung cair secara real time ke akun digibank by DBS kamu

Langkah Mudah Untuk Mengajukan

Kemudian untuk nasabah yang belum menjadi nasabah digibank by DBS namun ingin mengajukan pinjaman KTA Digibank, bisa mengikuti 5 langkah mudah untuk mengajukan pinjaman online dari digibank KTA, antara lain:

  1. Ajukan pinjaman tanpa agunan secara online melalui go.dbs.com/kta kapan saja 24 jam selama 7 hari seminggu
  2. Lengkapi data diri kamu dan tunggu persetujuan pinjaman tanpa agunan dari digibank KTA, kamu sudah bisa mendapatkan kepastian persetujuan awal dalam 60 detik saja
  3. Jika kamu belum memiliki Aplikasi digibank by DBS, sistem akan secara otomatis meminta kamu mengunduh Aplikasi digibank by DBS melalui Google Play Store atau App Store (jika kamu pengguna iOS) dan melanjutkan pengajuan pinjamanmu melalui Aplikasi digibank by DBS
  4. Atur janji temu dengan agen digibank atau kunjungi booth digibank terdekat untuk melakukan verifikasi biometric untuk pembukaan rekening pencairan
  5. Setelah verifikasi biometrik selesai, dana pinjamanmu pun akan langsung cair di rekening digibank secara otomatis dan real-time

Keuntungan dan limit pinjaman KTA Digibank by DBS

Nasabah bisa memanfaatkan pinjaman dari KTA Digibank by DBS untuk berbagai keperluan. Baik untuk keperluan konsumtif, ataupun bisa juga dipakai sebagai modal usaha. Selama bisa melaksanakan kewajiban pembayaran kembali untuk melunasi pinjaman tersebut.

Keuntungan dari pembiayaan melalui KTA, termasuk dari Digibank ini adalah proses pengajuan yang mudah. Nasabah bisa mendapatkan kepastian persetujuan awal hanya dalam waktu singkat, yakni 60 detik saja.

Reputasi bank DBS sudah tidak perlu diragukan lagi. Sehingga apabila nasabah memilih layanan Kredit Tanpa Agunan Digibank by DBS ini, berarti nasabah tersebut telah memilih layanan yang terpercaya. Karena telah diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan dan juga telah diakui oleh media kelas dunia The Digital Banker sebagai salah satu inovasi perbankan digital untuk membantu dan mempermudah kamu dalam mencapai berbagai aspirasi hidup.

Selain itu, nasabah juga bisa mengajukan pinjaman KTA dari Digibank kapanpun dan di manapun. Karena prosesnya mudah secara online, dan bisa mendapatkan pinjaman langsung cair ke rekening Digibank hingga Rp300 juta dengan tenor pinjaman hingga 36 bulan.

Bunga dan biaya KTA Digibank by DBS

KTA dari Digibank by DBS memberikan suku bunga pinjaman KTA Online yang flat setiap bulannya hingga akhir periode cicilan dengan besaran yang berbeda, tergantung dengan jumlah pinjaman dan lokasi nasabah.

Ketentuan besaran bunga yang ditetapkan bagi nasabah yang berdomisili di Jabodetabek dan meminjam dengan besaran Rp5 juta hingga Rp75 juta adalah sebesar 1,49% per bulan hingga akhir masa periode pinjaman.

Sementara untuk pinjaman lebih dari Rp75 juta hingga Rp125 juta akan mendapatkan suku bunga 1,29% per bulan. Pinjaman lebih dari Rp125 juta hingga Rp200 juta akan mendapatkan besaran suku bunga 0,95% per bulan, dan untuk pinjaman lebih dari Rp200 juta hingga Rp300 juta akan mendapatkan suku bunga 0,88%.

Sementara itu, untuk nasabah yang berdomisili di Bandung dan Surabaya, besaran suku bunga yang dibebankan adalah 1,49% untuk pinjaman mulai dari Rp5 juta hingga Rp300 juta.

Selain bunga, ada juga biaya lain yang dibebankan kepada nasabah, seperti biaya tahunan pada tahun pertama sebesar 1,75% dari jumlah KTA yang disetujui, yang pembayarannya berasal dari pemotongan jumlah KTA yang disetujui. Selain itu, biaya tahunan pada tahun kedua dan seterusnya sebesar Rp65 ribu per tahun.

Kemudian, ada biaya administrasi sebesar Rp399 ribu serta biaya transfer pencairan pinjaman sebesar Rp30 ribu dan biaya materai sebesar Rp6 ribu yang juga diambil dari pemotongan jumlah KTA yang disetujui.

(Baca Juga: Belanja Online Tanpa Kartu Kredit? Simak Tips Mudah Berikut Ini!)

Apabila terjadi keterlambatan pembayaran, ada biaya yang dikenakan minimum Rp250 ribu atau 6% dari angsuran bulanan per keterlambatan. Kemudian, kalau kamu melunasi pembayaran cicilan dipercepat sebelum akhir tenor akan dikenakan biaya 8% dari sisa pinjaman dan biaya lainnya.

Kemudian, ada biaya pembatalan sebesar 8% dari sisa pinjaman dan biaya lainnya. Lalu, ada biaya penolakan cek/giro/direct debit sebesar Rp50 ribu pada setiap penolakan. Serta biaya premi asuransi 1% dari jumlah pinjaman yang disetujui apabila nasabah ikut serta dan setuju dalam fasilitas perlindungan asuransi personal loan guard.

Berdasarkan keterangan-keterangan tersebut, maka tidak salah apabila debitur yang memiliki penghasilan mulai dari Rp3 juta menjadikan KTA dari Digibank by DBS menjadi pilihan sumber pinjaman yang layak dipertimbangkan.

Karena memiliki banyak keuntungan. Seperti limit pinjaman besar, suku bunga kompetitif, dan proses pengajuan pinjaman yang cepat. Karena seluruh proses dilakukan secara digital tanpa perlu ke kantor cabang bank DBS.

Namun, nasabah juga harus bijak dan betul-betul memperhitungkan kebutuhan pembiayaan yang harus dipenuhi melalui KTA agar tidak menjadi masalah keuangan di kemudian hari karena tidak mampu melunasi cicilan.

Tentang kami

Teti Purwanti

Teti Purwanti