KTA Permata Payroll Dan Serba-Serbinya

6 min. membaca Oleh Maria Nofianti on

Meminjam uang ke lembaga keuangan seperti bank, namun tak membutuhkan jaminan. Tentu saja sangat menarik, terlebih jumlah pinjaman yang ditawarkan pun bervariasi, dari yang kecil sampai nominal yang tergolong besar.

KTA permata payroll

Namun apa benar ada ya pinjaman tanpa jaminan? Karena sudah menjadi hal lumrah dan wajar jika meminjam uang dari bank harus ada jaminan, baik itu aset, usaha, atau pun ba rang dan surat berharga lainnya.

Ternyata jenis pinjaman seperti ini tak mengharuskan calon debitur memberikan jaminan. Hal ini terjadi karena dorongan jumlah peminjam yang semakin hari semakin banyak. Namun tak semua calon peminjam dana itu memiliki aset atau jaminan yang bisa diagunkan. Jadilah bank menawarkan alternatif Kredit Tanpa Agunan atau KTA.

Produk KTA dari bank sedang mendapatkan popularitasnya sekarang. Pada umumnya ada 5 jenis Kredit Tanpa Agunan yang banyak ditawarkan oleh bank-bank.

Mereka adalah KTA Dana Cepat, Kredit Tanpa Agunan atau KTA Tenor Panjang, KTA Tanpa Kartu Kredit, KTA Payroll dan KTA Bisa Bayar Awal. dari kesemuanya yang akan kita bahas adalah KTA Payroll. KTA Payroll adalah KTA yang ditujukan kepada nasabah sebuah bank yang gajinya dibayarkan melalui bank itu. Kredit Tanpa Agunan atau KTA ini ada yang menyebutnya dengan KTA gaji.

Keuntungan KTA Permata Payroll

Jadi untuk Kredit Tanpa Agunan Payroll ini kita sudah mempunyai rekening bank yang akan kita pinjami.

Untuk contoh adalah KTA Permata Payroll. Pengertian KTA Permata Payroll adalah sebuah produk pinjaman dari Bank Permata yang ditujukan untuk nasabah Bank Permata itu sendiri.

Nasabah itu menggunakan rekening Bank Permata untuk pembayaran gaji mereka. Jadi jika kamu mengambil KTA Permata Payroll ini kamu akan mendapat banyak keuntungan yaitu:

  • Kamu akan bisa mendapatkan dana yang lumayan besar seperti KTA lainnya di bank lain.
  • Suku bunga yang ditetapkan oleh KTA Permata Payroll biasanya lebih rendah dari KTA lain.
  • Kamu akan mendapatkan jangka waktu untuk melunasi pinjaman yang panjang sampai dengan 60 bulan.
  • Bunga pinjamannya juga cukup kompetitif dengan bank lain
  • Persyaratannya mudah karena bank sudah mendapatkan data dari rekening di bank tersebut.
  • Proses pencairan dana yang kamu pinjam hanya memerlukan waktu yang sebentar.
  • Jumlah cicilan yang harus kamu bayarkan jumlahnya tetap. Jadi kamu bisa menentukan sesuai dengan kemampuan finansial kamu.

Kecepatan proses dalam pengajuan pinjaman KTA Permata Payroll juga menjadi keunggulan pinjaman dari Bank Permata. Ini karena Bank Permata tidak memerlukan lagi verifikasi data dan pendapatan yang kamu hasilkan.

Cukup melihat dari data rekening kamu dan berapa jumlah saldo pendapatan yang kamu terima setiap bulannya di Bank Permata. Maka mereka bisa menilai apakah kamu layak mendapatkan pinjaman KTA Permata Payroll atau tidak.

Besarnya dana yang bisa kamu pinjam di Bank Permata ini mulai dari Rp 25 juta rupiah sampai dengan Rp 300 juta rupiah. Kamu bisa menggunakan dana pinjaman ini untuk kebutuhan modal kamu, membayar pengobatan dan rumah sakit, membayar uang pendidikan anak kamu atau bahkan membiayai pernikahan kamu.

Dengan nominal yang cukup besar kamu bisa menggunakannya untuk apa saja. Namun tetap, gunakan untuk kebutuhan yang mendesak dan penting. Karena bagaimana pun uang pinjaman haruslah dikembalikan.

Persyaratannya

Setelah kamu memahami pengertian KTA Permata Payroll di atas, kemudian berikut persyaratannya:

  • Memiliki status nasabah yang gajinya dibayarkan melalui Bank Permata
  • Minimal berumur 21 tahun dan maksimal 55 tahun
  • Seorang Warga Negara Indonesia
  • Memiliki penghasilan atau gaji minimal Rp 3 juta setiap bulannya dan untuk karyawan PT. Astra minimal gaji Rp 2 juta setiap bulannya.

Wah, kenapa untuk karyawan PT. Astra persyaratannya lebih mudah ya?

Ternyata Bank Permata saat ini sudah bekerja sama dengan PT Astra dalam mengadakan produk pinjaman KTA Permata Payroll ini sehingga bagi para karyawan PT. Astra akan mendapatkan keistimewaan sendiri dari Bank Permata. Misalnya syarat minimal penghasilan hanya sebesar Rp 2 juta saja, lalu suku bunga yang diberikan nantinya akan lebih rendah dibanding yang lainnya.

Sedangkan dokumen-dokumen yang harus dilengkapi ada form aplikasi peminjaman, fotokopi KTP sendiri dan pasangan, fotokopi KK, fotokopi Surat Nikah, fotokopi rekening tabungan Bank Permata dan jika jumlah pinjaman diatas Rp 50 juta rupiah maka diwajibkan melampirkan fotokopi NPWP.

Untuk suku bunga yang diberikan Bank Permata untuk produk KTA Permata Payroll ini juga ada bedanya jika kamu adalah karyawan dari PT. Astra.

Bagi para karyawan PT. Astra jika meminjam kurang dari Rp 25 juta rupiah maka akan dikenakan bunga 1, 39% dan jika meminjam di atas Rp 25 juta rupiah maka bunganya 1, 19%. Namun jika kamu bukanlah karyawan dari PT. Astra maka akan dikenakan bunga 1,49% untuk pinjaman kurang dari Rp 25 juta rupiah dan 1,29% untuk pinjaman diatas Rp 25 juta rupiah.

Biaya provisi yang harus kamu bayarkan adalah minimal sebesar Rp 150.000 atau 1% dari pencairan dana pinjaman yang kamu terima. Jika kamu bisa melunasi pinjaman dalam waktu lebih cepat dari yang ditentukan, kamu akan mendapat penalti 7% dari sisa pinjaman yang harus dilunasi.

Jadi yang harus kamu lunasi adalah sisa pokok pinjaman ditambah 7% yang tadi ditambah dengan bunga berjalan. Jika sebaliknya kamu terlambat untuk membayar cicilannya maka akan dikenai denda minimal sebesar Rp 50.000 atau 5% dari jumlah cicilan.

(Baca Juga: Marak Pinjaman Online, Bagaimana Penghitungan Cicilannya?)

Jika nasabah yang masih mempunyai tagihan namun meninggal dunia maka jika dia tidak memiliki Asuransi Jiwa, maka tagihan akan dilimpahkan kepada ahli warisnya. Tapi jika mempunyai Asuransi Jiwa maka sisa tagihan itu akan dianggap lunas.

Bagi para karyawan PT. Astra dan Non Astra yang sudah bekerja sama dengan Bank Permata rekening payroll akan dianggap aktif bila ada kredit untuk gaji minimal 1 kali di rekeningnya. Jika kamu nasabah regular dan tidak pada pihak yang bekerja sama dengan Bank Permata rekening payroll akan dianggap aktif jika kamu memiliki kartu kredit dan ada kredit gaji 1 kali.

Sedangkan untuk para karyawan PT Astra yang tidak memiliki kerjasama khusus maka rekening akan dianggap aktif bila ada kredit gaji minimal 3 kali. Begitu juga dengan nasabah regular dan tidak mempunyai kartu kredit.

Bagi kamu yang mengajukan dana pinjaman dengan jangka waktu 60 bulan maka kamu wajib memiliki track record pinjaman di iDeb SLIK minimal 12 bulan. Untuk pembayaran cicilan KTA Permata Payroll ini tentu saja akan langsung dipotong dari saldo di rekening bank pada tanggal jatuh tempo.

Sistem pembayaran langsung ini tentu saja lebih membuat kamu sebagai peminjam merasa lebih aman, karena tidak akan kelupaan saat membayar tiap bulannya. Mengingat Kredit Tanpa Agunan atau KTA Permata Payroll ini langsung memotong gaji.

Hal seperti ini pun tak memberatkan, karena sudah disesuaikan dengan jumlah gaji yang dimiliki untuk jumlah uang yang ingin dipinjam. Sistem Kredit Tanpa Agunan atau KTA Seperti ini juga aman untuk pihak bank yang tak perlu repot mengejar debitur mereka yang kadang telat membayar angsuran atau pun mangkir.

Tips Pengajuan

Karena banyak kasus pelunasan atau pembayaran angsuran yang membuat kredit macet dan merugikan pihak bank, sekaligus memperburuk rekam keuangan nasabah itu sendiri.

Setelah kamu tahu dan paham pengertian KTA Permata Payroll beserta syarat dan ketentuannya maka selanjutnya adalah tips agar pengajuan kamu cepat disetujui oleh pihak bank. Tips yang bisa kamu lakukan antara lain:

  • Kamu harus memenuhi syarat identitas pribadi. Karena pada umumnya bank mensyaratkan usia minimal 21 tahun dan pada masa pelunasan tidak boleh lebih dari 65 tahun. Karena perhitungan usia itu, seseorang sudah pensiun dan tak lagi memiliki gaji seperti saat dia masih produktif bekerja.
  • Saat pengajuan kamu pasti harus melengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan bank. Pastikan bahwa semua dokumen kamu sudah lengkap semuanya dan bahwa dokumen itu bisa dipertanggungjawabkan keasliannya meski kamu hanya diminta fotokopinya saja.
  • KTA Permata Payroll memang tidak mewajibkan adanya kartu kredit tetapi bagi kamu pemegang kartu kredit pastikan bahwa tidak ada kredit yang macet dalam sejarah peminjaman kamu.
  • Dalam syarat disebutkan bahwa kamu bisa mengajukan jika kamu adalah seorang karyawan atau bekerja. Jika kamu memenuhi syarat itu maka kamu berpeluang mendapatkan dana pinjaman. Karena pekerjaan menjadi satu jaminan kemampuan seseorang membayar hutangnya. Jadi meski tanpa jaminan, tetap pihak bank ingin debiturnya memiliki pekerjaan.
  • Pada catatan tentang data pribadi kamu pastikan bahwa nomor telepon yang kamu tulis adalah valid. Artinya kamu bisa dihubungi oleh pihak bank dengan mudah di nomor yang kamu tulis. Kamu biasanya akan dimintai nomor telepon kantor juga dan nomor telepon kerabat yang tinggal serumah.

Dalam mengajukan pinjaman untuk sebuah kebutuhan yang memang mendesak tentu saja diperbolehkan. Asalkan kamu tahu bagaimana mengelola finansialmu saat kamu mengembalikan pinjaman itu.

Setelah kamu tahu pengertian KTA Permata Payroll, semoga bisa membantu kamu memutuskan pinjaman seperti apa yang akan kamu lakukan. Bijaksanalah dengan pemakaian uang dalam memenuhi kebutuhanmu dan keluarga. Tetapkan prioritas dalam memenuhi kebutuhan. Agar apa yang memang kamu butuhkan dapat terpenuhi dengan baik.

Tentang kami

Maria Nofianti

Maria Nofianti