Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Kuliah Online di Binus, Berapa Biaya yang Disiapkan?

by lhmdi on 19 Agustus, 2017

kuliah setelah berkeluarga _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Saat berencana untuk melanjutkan pendidikan menuju bangku kuliah, nama Universitas Bina Nusantara tentunya menjadi tempat pilihan untuk melanjutkan pendidikan, khususnya untuk mendapatkan gelar sarjana.

Meskipun punya nama besar namun yang menjadi perhatian adalah biaya kuliah Binus khusus untuk program Sarjana dikenal cukup mahal.

Meskipun begitu, Universitas Bina Nusantara kerap dikenal menghasilkan lulusan-lulusan terbaik yang bekerja di beberapa perusahaan besar bahkan menjadi seorang pengusaha.

Selain itu, pendekatan dalam proses belajar-mengajarnya pun cukup unik. Selain kuliah tatap muka atau proses belajar bertemu dengan dosen, Binus juga mengenalkan cara belajar baru yaitu kelas online.

(Baca juga: Mau Kuliah? Cek Dulu Rata-rata Biaya Universitas Saat Ini)

Binus Online Learning, nama yang dikenalkan dalam proses belajar mengajar ini menggabungkan konsep tatap muka dengan video confrence serta teknologi Learning Management System (LMS).

Melalui teknologi Learning Management System mahasiswa nantinya dapat belajar materi kuliah secara online dengan lokasi dan waktu yang fleksibel.

Rata-rata perkuliahan online ini dipilih oleh mahasiswa yang memiliki pekerjaan atau berstatus karyawan atau siswa lulusan SMTA (Sekolah Menengah Tingkat Atas) yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku kuliah.

Daftar Program Studi Binus Online

lulus kuliah - CekAja.com

Secara umum kuliah online ini bisa dinikmati siapa saja yang ingin melanjutkan pendidikan di Binus. Apalagi bagi lulusan Sekolah Menengah Atas Pertama (STMA) yang ingin langsung melanjutkan pendidikan di bangku kuliah.

Lalu, seperti apa kuliah online dari binus khusus untuk STMA? Berapa biaya kuliah yang perlu dipersiapkan?

Sebelum  membahas mengenai berapa besar jumlah biaya kuliah binus, yuk kita cari tahu terlebih dahulu, program studi apa saja yang ditawarkan binus untuk kelas online ini?

1. Studi Akutansi

Program studi ini merupakan jenjang pendidikan bagi calon mahasiswa yang melanjutkan pendidikan dari SMTA menuju S1. Dalam program studi ini terdapat 38 mata kuliah yang akan diberikan dan lama belajar adalah delapan semester.

2. Studi Business Management

Program studi ini terbuka bagi siswa yang melanjutkan pendidikan dari SMTA menuju sarjana atau S1. Bagi siswa yang ingin mengikuti pross pembelajaran online, BINUS memberikan 38 mata jenis mata kuliah yang akan diberikan.

Sementara itu, waktu pembelajaran akan berlangsung selama delapan semester dan lama belajar adalah delapan semester.

3. Sistem Informasi – Corporate Information Systems

Binus juga membuka kesempatan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang sistem informasi dari bangku sekolah menuju S1.

Terdapat 38 mata kuliah yang diberikan untuk mengikuti program studi Sistem Informasi dengan lama belajar adalah delapan semester.

4. Teknik Informatika

Satu lagi jurusan favorit dari Binus yang ditawarkan untuk siswa yang ingin melanjutkan program Sarjana adalah teknik informatika.

Nah, untuk program sutdi ini, Binus membukanya hanya bagi siswa yang pernah mengambil jurusan IPA bagi SMTA, dan teknik informatika, elektronik, konstruksi pesawat terbang dan listrik bagi siswa dari SMK.

Bagi siswa yang ingin mengikuti proses belajar program studi ini, Binus menyiapkan 38 mata kuliah dengan waktu belajar adalah selama delapan semester.

Daftar Biaya Kuliah Binus

biaya kuliah - CekAja.com

Biaya kuliah Binus sendiri memang dikenal cukup besar. Namun, untuk program online, nilainya tidak jauh berbeda dengan kuliah reguler atau kuliah tatap muka dengan dosen-dosen.

Kelas kulliah online dari Binus ini sendiri dibagi dua, yaitu khusus bagi siswa SMTA atau mahasiswa D3 yang ingin melanjutkan pendidikannya menuju Sarjana atau S1.

Kali ini, CekAja akan berbagi tentang program studi dan biaya kuliah Binus khusus bagi lulusan SMTA yang ingin melanjutkan pendidikan menuju S1 di Binus. Berikut rinciannya:

1. Program studi Akuntansi

Calon mahasiswa nantinya akan dikenakan berbagai macam biaya kuliah yang terdiri dari, Biaya Sumbangan DP3 sebesar Rp.12.000.000 dengan rincian, Rp. 4.500.000 di semester pertama, Rp. 4.500.000 di semester kedua, dan Rp. 3.500.000 di semester ketiga.

Sementara itu, terdapat biaya Biaya BP3 setiap semesternya dengan nilai Rp. 1.490.000 yang jika ditotal adalah senilai Rp 12.000.000.

Selain itu, calon mahasiswa nantinya juga akan dibebankan biaya BP3 senilai Rp. 1. 490.000 di setiap semesternya, yang jika ditotal akan berjumlah Rp.11.920.000.

Sementara itu biaya kuliah yang dibayarkan per mata kuliah adalah Rp.870.000. dengan rincian di semester pertama dan kedua akan mendapatkan enam mata kuliah.

Semester ketiga hingga semester keenam mendapatkan lima mata kuliah, dan di semester ke tujuh dan delapan akan mendapatkan tiga mata kuliah.

Secara total biaya mata kuliah ini adalah Rp. 32.190. 000.

2. Program Studi Manajemen Business Management

Bagi siswa yang ingin mengamil program studi ini, siap-siap untuk mebayar Biaya Sumbangan DP3 sebesar Rp.12.000.000 dengan rincian, Rp. 4.500.000 di semester pertama, Rp. 4.500.000 di semester kedua, dan Rp. 3.500.000 di semester ketiga.

Sementara itu, terdapat biaya Biaya BP3 setiap semesternya dengan nilai Rp. 1.490.000 yang jika ditotal akan berjumlah Rp.11.920.000.

Sementara itu untuk biaya kuliahnya sama, namun yang berbeda adalah jumlah mata kuliah di setiap semesternya.

Jumlah Mata Kuliah di semester pertama adalah empat, semester kedua adalah lima mata kuliah, semester ketiga dan empat adalah enam mata kuliah, semester lima hingga semester tujuh adalah lima mata kuliah, dan semester delapan dengan dua mata kuliah.

3. Program Studi Sistem Informasi – Corporate Information Systems

Calon mahasiswa yang tertarik untuk melanjutkan program studi Sistem Informasi diharapkan untuk menyiapkan Biaya Sumbangan DP3 sebesar Rp.12.000.000 dengan rincian, Rp. 4.500.000 di semester pertama, Rp. 4.500.000 di semester kedua, dan Rp. 3.500.000 di semester ketiga.

Sementara itu, terdapat biaya Biaya BP3 setiap semesternya dengan nilai Rp.  Rp.1.870.000 dan jika ditotal, maka akan diperlukan biaya senilai Rp.14.960.000.

Biaya mata kuliahnya pun berbeda dari dua program studi sebelumnya, yaitu Rp.980.000 per mata kuliah.

Rinciannya, untuk semester satu dan dua mahasiswa nantinya akan mendapatkan lima mata kuliah, di semester tiga akan mendapatkan enam mata kuliah, di semester empat akan mendapatkan lima mata kuliah.

Sementara itu, di semester enak dan tujuh, mahasiswa akan mendapatkan masing-masing lima mata kuliah.

4. Program Studi Teknik Informatika

Hampir sama dengan tiga program studi sebelumnya, calon mahasiswa wajib membayar Biaya Sumbangan DP3 sebesar Rp.12.000.000 dengan rincian, Rp. 4.500.000 di semester pertama, Rp. 4.500.000 di semester kedua, dan Rp. 3.500.000 di semester ketiga.

Sementara itu, terdapat biaya BP3 setiap semesternya dengan nilai Rp.  Rp.1.870.000.

Biaya kuliah pun sama dengan Program Studi Sistem Informasi – Corporate Information Systems yaitu sebesar Rp.980.000 dengan rincian jumlah mata kuliah yang akan dipelajari selama semester hingga ketiga adalah lima mata kuliah.

Sementara itu di semester keempat akan mendapatkan enam mata kuliah. Dari semester kelimat hingga semester ketujuh akan mendapatkan lima mata kuliah, dan semester delapan akan mendapatkan dua mata kuliah.

Jadi, jika ingin langsung melanjutkan pendidikan menuju sarja dari SMTA menuju Sarjana, Binus memberikan salah satu solusinya dengan kuliah online.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.