Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kuliner Sunda yang Go International dan Diakui Kelezatannya, Icip Yuk!

by Miftahul Khoer on 13 November, 2019

Setiap daerah pasti memiliki kekhasan kulinernya masing-masing. Kekhasan itu disesuaikan dengan karakter penduduk, selera, ketersediaan sumber bahan makanan, dan faktor-faktor lain. Demikian pula dengan tanah Sunda yang memiliki kuliner khasnya sendiri.

kuliner Sunda

Kekhasan kuliner Sunda sudah terkenal di level nasional, dan bahkan internasional. Berikut ini daftar kuliner khas Sunda yang sudah go international dan diakui kelezatannya:

1. Sate Maranggi

Sate Maranggi merupakan kuliner khas Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Dulunya, makanan berbahan dasar daging sapi dan domba ini belum dikenal masyarakat luas. Bahkan di skala nasional pun gaungnya masih kurang.

Hal itu berubah sejak Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mulai memperkenalkan makanan ini melalui berbagai event dan festival berskala nasional maupun internasional. Tak hanya itu, promosi juga dilakukan melalui gerai-gerai yang dibuka di beberapa daerah dan negara seperti Malaysia dan Amerika.

(Baca juga:  Yuk, Mampir ke Tempat Wisata Kuliner Enak dan Murah di Kota Pasuruan)
2. Surabi

Surabi adalah makanan khas Sunda yang bisa dengan mudah kita jumpai jika kita berjalan-jalan di daerah Jawa Barat. Banyak yang menjual surabi dengan harga terjangkau. Surabi dibuat dari tepung beras dan dimasak dengan menggunakan tungku dan wajan tanah liat berukuran kecil.

Surabi tradisional ada yang dibubuhi oncom, atau diberi gula merah. Sementara sekarang Surabi sudah berevolusi dengan semakin beragamnya topping yang ditambahkan seperti keju, cokelat, stroberi, dan banyak lagi. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi memperkenalkan makanan khas Sunda ini dengan membagikan resep kepada jurnalis mancanegara.

3. Cendol

Kita semua pasti tahu minuman yang satu ini. Cendol terbuat dari tepung beras yang kemudian dibentuk menjadi cendol. Cendol biasanya disajikan dengan gula dan santan. Untuk harga per porsi biasanya murah sekitar Rp5.000 saja.

Namun, tahukah kamu kalau minuman khas Sunda ini sudah mendunia? Di Amerika, ada orang Indonesia yang berjualan cendol dengan mematok harga USD1-1,5 per porsi. Minuman menyegarkan ini telah menjadi pelepas dahaga di negeri Paman Sam.

4. Cincau hitam

Mungkin asal-usul sebenarnya dari minuman ini masih dipertanyakan. Namun, kita bisa menemui minuman ini dengan mudah di daerah Sunda. Makanan serupa jelly ini terbuat dari daun cincau. Selain terkenal di Indonesia, cincau juga sudah merambah pasar internasional seperti Singapura. Di sana, cincau diterima dengan baik dan menjadi populer.

Selain itu, sudah ada juga restoran Sunda yang merambah pasar luar negeri seperti restoran Bumbu Desa. Restoran yang menyediakan aneka olahan makanan khas Sunda tersebut mengandalkan resep khas desa dan mengapresiasi ahli masak dari desa.

Bisnis kuliner tersebut berkembang pesat sehingga pemiliknya membuat sistem waralaba. Di dalam negeri, Bumbu Desa sudah membuka beberapa gerai di kota-kota besar di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, dan Surabaya.

Bumbu Desa juga berekspansi ke luar negeri seperti Singapura, Malaysia, dan Australia. Di Malaysia sendiri sudah ada enam gerai yang tersebar di beberapa kota besar. Dengan semakin banyaknya permintaan dari luar negeri untuk pembukaan cabang restoran khas Sunda ini, ke depannya Bumbu Desa berencana memasuki pasar Amerika dan Eropa. Permintaan gerai baru banyak datang dari London, Paris, serta New York.

Hal ini tentu merupakan kabar baik. Semakin banyak gerai restoran Sunda di luar negeri, maka kuliner khas Sunda akan makin dikenal di dunia internasional. Meski demikian, hal ini juga tidak bisa dilakukan begitu saja. Banyak syarat yang harus dipenuhi seperti kualitas dan portofolio yang baik sehingga kuliner khas Sunda bisa bersaing di dunia internasional.

(Baca juga: 7 Wisata Kuliner Enak dan Murah di Kota Solo, Salah Satunya Langganan Jokowi)

Demikian tadi informasi mengenai kuliner Sunda yang sudah go international dan tidak diragukan lagi kelezatannya. Tentu saja kita semua bisa turut andil mempromosikan kuliner khas Sunda sehingga bisa makin dikenal.

Yuk nikmati promo food & beverages menarik dari kartu kredit terbaik! Cek pilihannya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.