Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Kulit Sehat dan Segar Saat Puasa? Simak Kiatnya Yuk!

by Teti Purwanti on 21 Mei, 2019

Selama bulan puasa, nutrisi di dalam tubuh kita bisa saja berkurang yang bisa berakibat ke berbagai hal di bagian tubuh, tidak terkecuali kulit. Apalagi, tanpa adanya asupan selama 14 hingga 16 jam, padahal aktivitas yang harus dilakukan sama banyak dengan kegiatan saat tidak berpuasa. Kamu ingin kulit tetap sehat saat puasa? 

sehat dengan terapi air putih _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Selain asupan nutrisi, kondisi kulit juga dipengaruhi oleh polusi dari asap kendaraan dan juga sinar matahari. Karena itu, lakukan beberapa hal ini agar kulit kamu bisa tetap sehat dan berkilau selama menjalankan puasa Ramadan.

Cukup minum air putih

Tubuh manusia didominasi oleh air. Saat menjalankan puasa apalagi di udara yang panas akan membuat kita cepat haus, tidak terkecuali kulit kita yang menjadi lebih cepat kering. Karena itu, cukupi kebutuhan air per hari, yaitu minimal delapan gelas per hari.

Apalagi air putih pada dasarnya punya banyak manfaat bagi tubuh, yaitu mencegah dehidrasi, menjaga kelembapan, dan kesehatan kulit.  Meminum air putih yang cukup juga akan mencegah sel kulit mati karena kekurangan cairan.

Agar bisa mencapai delapan gelas sehari, minumlah dua gelas air putih ketika sahur. Gelas pertama, yaitu ketika kamu akan makan makanan sahur dan yang lainnya ketika sudah akan memasuki batas waktu untuk makan dan minum.

Ditambah lagi, dua gelas saat berbuka, yakni segelas saat baru saja berbuka dan segelas sesudah salat magrib. Sedangkan sisanya sebanyak empat gelas diminum di atas pukul 8 malam hingga waktu tidur.

(Baca juga: 8 Masalah Kesehatan yang Sering Nongol di Bulan Puasa)
Gunakan lotion dan tabir surya

Kulit akan menjadi lebih kering saat selesai mandi, karena minyak alami kulit tersapu sabun dan air. Karena itu, memakai body lotion atau body butter sangat penting untuk mengembalikan kelembapan kulit.

Apalagi saat ini jenis body lotion dan body butter sangat banyak, sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan jenis kulit. Usahakan pilih yang memiliki SPF agar bisa menjaga kesehatan kulit dari matahari yang memiliki UV-A dan UV-B, yang berbahaya kalau terkena kulit dalam jumlah besar.

Sunblock sangat penting untuk kulit wajah agar menjaga wajah tetap sehat dan juga mencegah kanker kulit. Saat ini sudah banyak sunblock dengan jumlah SPF yang bisa kamu sesuaikan dengan kegiatan kamu.

Kurangi konsumsi hidangan manis dan berminyak

Setelah seharian berpuasa, makanan manis memang sangat menggoda. Begitu juga gorengan yang menjadi hidangan wajib saat berbuka puasa. Padahal, asupan gula yang berlebih tidak hanya bisa menyebabkan naiknya berat badan, tetapi juga menjadi penyebab timbulnya jerawat dan keriput di wajah. Hal ini dikarenakan kandungan gula yang tercampur dengan asupan protein menjadikan kulit tampak keriput dan struktur sel kulit menjadi lebih keras.

Begitu juga dengan gorengan, gorengan dalam jumlah besar juga menyebabkan kulit berminyak, jerawat, keriput, bahkan ketombe pada kulit kepala.

(Baca juga: Menu Buka Puasa Ini Kudu Dihindari, Kuy Sayangi Lambungmu!)

Olahraga ringan demi kebugaran dan elastisitas kulit

Jaga kebugaran tubuh dan elastisitas kulit dengan berolahraga. Sore hari menjelang buka puasa adalah waktu yang dianjurkan untuk berolahraga. Pilih olahraga yang ringan seperti jogging, jalan santai, atau bersepeda sambil menikmati pemandangan sore.

Namun, jangan tutup olahraga kamu dengan mandi air hangat. Pasalnya mandi atau mencuci wajah dengan air hangat itu tidak baik untuk kulit karena cenderung menghilangkan kelembapan kulit. Alhasil kulit jadi lebih mudah kering dan keriput. Apalagi kalau kamu melakukannya sering dan untuk waktu yang lama.

Istirahat yang cukup

Jangan lupa untuk berbuka puasa dengan makanan benutrisi tinggi, seperti kacang-kacangan, omega-3 dari alpukat, vitamin, dan serat yang dapat kamu peroleh dari sayuran dan buah. Selain itu, istirahat yang cukup agar kulit tetap sehat.

Apalagi saat bulan puasa, waktu istirahat terasa berkurang karena harus terbangun untuk sahur dan tidak selalu bisa tidur lagi. Jadi, usahakan jangan tidur terlalu larut malam. Tidak cukup tidur akan membuat kulit tampak lelah dan lebih tua terutama di sekitar mata.

Nah belum terlambat kok untuk menjaga kesehatan kulit meski Ramadan sisa dua minggu lagi. Apalagi menjelang Idul Fitri kamu tentu ingin terlihat segar saat bertemu sanak saudara bukan?

Oh ya, jangan lupa lindungi kesehatanmu dengan asuransi terbaik. Cek pilihannya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.