Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

KUR BRI, Bunga Pinjaman yang Bersahabat Untuk Pengusaha Kecil dan TKI

by lhmdi on 8 September, 2016

Program pemberian pinjaman kepada pengusaha kecil sedang menjadi tren tersendiri bagi bank. Salah satunya adalah BRI melalui program kredit usaha rakyat (KUR).

Melalui porogram ini bunga pinjaman bank BRI untuk KUR lebih “melegakan” para pengusaha kecil. Apalagi sangat berat rasanya ketika sebuah bisnis berjalan tanpa modal yang besar. Di sinilah peran besar BRI menaungi para pengusaha kecil dengan memberikan sejumlah modal.

KUR sendiri terbagi tiga bagi para nasabah BRI yang membutuhkan modal usaha untuk menambah lini atau mengembangkan bisnisnya.

promo kejutan 25 hari - CekAja.com

Apa saja jenis kredit usaha rakyat yang diberikan BRI? Berikut penelusurannya:

  1. KUR Mikro

KUR Mikro merupakan jenis kredit modal kerja atau investasi dengan nilai plafon yang mencapai Rp 25.000.000 per debitur.  Pinjaman yang tergolong ringan ini diberikan dalam jangka waktu maksimal tiga tahun, dengan kredit investasi selama lima tahun. Menariknya, bunga pinjaman bank BRI untuk KUR Mikro adalah 9% efektif per tahun atau 0.41% flat per bulan.

  1. KUR Ritel

Jenis kredit yang satu ini merupakan kredit modal kerja atau nilai investasi yang diberikan kepada debitur dengan penilaian memiliki usaha produktif serta layak dan memiliki aspek bisnis baik di masa depan dengan nilai plafon senilai Rp 25.000.000 hingga Rp 500.000.000.

Kredit modal kerja dari KUR ritel memiliki pinjaman dalam jangka waktu yang lebih panjang dari KUR mikro yaitu selama empat tahun. Sementara itu, nilai kredit investasi yang diberikan berada dalam jangka waktu maksimal, yaitu selama lima tahun. Terakhir, nilai bunga yang diberikan juga cukup ringan, yaitu 9% per tahun.

Dapatkan tabel angsuran kur bri secara online. Jika kamu butuh pinjaman bank bri jaminan bpkb sebaiknya pertimbangkan bunga pinjaman bank bri 100 juta.

  1. KUR TKI

Selain untuk modal usaha KUR dari BRI juga diberikan kepada tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja di luar negri. Jenis kredit ini spesial diberikan sebagai bentuk persiapan calon TKI ketika akan berangkat kerja ke negara penempatan.

Satu hal yang positif tentunya, mengingat TKI bisa mengembangkan sebuah usaha atau untuk biaya memulai menjadi tenaga kerja  di negara tempat barunya. BRI memberikan nilai hingga Rp 25.000.000 untuk KUR TKI dan sudah disesuaikan dengan Cost Structure yang sudah ditetapkan pemerintah khusus untuk tenaga kerja Indonesia.

KUR TKI ini juga memberikan banyak keringanan, seperti tidak dipungut biaya administrasi sama sekali, dan jangka waktu pinjaman maksimal tiga tahun, sesuai dengan kontrak kerja negara tujuan penempatan kerja.

Namun, tidak semua negara tujuan TKI yang akan mendapatkan nilai kredit ini. Beberapa negara yang tersebut diantaranya adalah Singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.

cekaja-dana-tambahan-akhir-tahun-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Sementara itu bunga pinjaman bank BRI untuk KUR TKI juga sama dengan dua KUR sebelumnya, yaitu 9% efektif per tahun atau setara 0.41% flat per bulan.

Meskipun dana kredit ini berasal dari bank, namun sebenarnya peminjaman ini dilakukan atas instruksi pemerintah. Sesuai dengan kebijakan dan keputusan pemerintah yang awal tahun 2016 ini menetapkan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar 9% mulai 4 Januari 2016, dari sebelumnya 12% dan dianggap sangat tinggi oleh pengusaha kecil dan menengah.

Kebijakan dari kerjasama pemerintah dengan BRI sendiri dilakukan untuk lebih mendukung kegiatan bisnis. khususnya sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang diharapkan menjadi tulang punggung pergerakan ekonomi Indonesia di tengah arus globalisasi dan persaingan ekonomi di negara-negara Asia, khususnya Asia Tenggara dalam beberapa tahun yang akan datang.

Berapa yang diperoleh dari pinjaman bank bri jaminan sertifikat rumah dapat diketahui dari nilai jaminannya. Bila tidak punya jaminan gunakan pinjaman bri tanpa agunan,

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.