Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Kurang dari 10 Dolar, Liburan ke Luar Negeri Dilakukan Tanpa Khawatir

by JTO on 15 November, 2014

Kurang dari US 10 dolar, mulai dari bagasi rusak atau hilang, paspor hilang atau kecopetan, pesawat delay, hingga biaya perawatan rumah sakit semua dapat perlindungan.

Melihat perlindungan yang bisa diberikan, asuransi perjalanan memiliki sejuta keuntungan dan manfaat. Sayangnya, masih banyak orang, mungkin termasuk Anda, yang terkadang masih enggan untuk membelinya. Baik untuk perjalanan domestik maupun internasional.

Apalagi, perjalanan yang akan dilakukan adalah perjalanan ke luar negeri. Risiko tidak bisa ditebak, karena bisa saja Anda terkena risiko kesehatan dan harus menjalani perawatan rumah sakit.

Dan, karena berada di negara orang, saat itu sudah tentu Anda tidak tahu berapa biaya perawatan yang harus dilakukan. Namun, Anda tidak perlu merasa khawatir bila memiliki asuransi perjalanan, sebab risiko tersebut bisa mendapatkan cakupan perlindungan. (Baca juga: 3 Fakta Mengapa Anda Butuh Asuransi Perjalanan)

Mungkin hingga kini Anda masih bertanya, sebenarnya apa saja cakupan perlindungan yang bisa diberikan oleh asuransi perjalanan dan berapa perlindungan biaya yang akan Anda dapatkan? Berikut adalah keterangan dari sejumlah manfaat yang akan Anda dapatkan dari asuransi perjalanan.

Kecelakaan Diri

Pada perlindungan ini, Anda akan mendapatkan sejumlah uang santunan yang dibayar untuk risiko kematian, kehilangan salah satu anggota badan, salah satu atau kedua mata, atau kelumpuhan total akibat kecelakaan yang terjadi selama dalam perjalanan. Santunan yang diberikan oleh masing-masing penyedia asuransi berbeda, namun untuk risiko ini rata-rata pertanggungan yang diberikan mencapai US 100.000 dolar.

Biaya Pengobatan dan Perawatan Medis

Perlindungan ini diberikan apabila Anda sebagai tertanggung mengalami sakit ataupun terluka akibat kecelakaan di waktu melakukan perjalanan dan memerlukan perawatan rumah sakit. Perlindungan ini mencakup biaya pengobatan, keadaan darurat, biaya rumah sakit, biaya operasi, termasuk pengobatan tradisional yang dialami/terjadi selama dalam perjalanan.

Untuk risiko ini, perlindungan yang diberikan mencapai US 200.000 dolar. Bahkan, bila Anda melakukan perjalanan luar negeri, Anda pun akan mendapatkan biaya perawatan setelah pulang dan sampai ke Indonesia. Biaya perawatan yang diberikan mencapai US 50 dolar untuk perawatan di luar negeri, dan US 35 dolar untuk rumah sakit dalam negeri. Beberapa penyedia asuransi memberikan tunjangan tunai harian ini saat Anda sebagai tertanggung dirawat di rumah sakit leih dari 24 jam.

Ketidaknyamanan Perjalanan

Risiko ketidaknyamanan perjalanan ini mencakup hilang atau rusaknya bagasi dan barang milik pribadi, hilangnya dokumen perjalanan, penundaan bagasi dan penundaan perjalanan lebih dari 12 jam, dan pembatalan perjalanan.

Untuk penundaan bagasi dan penundaan perjalanan, masing-masing penyedia asuransi memiliki batas waktu yang berbeda, sebab ada yang menyediakan pelindungan lebih dari 6 jam dan ada yang menyediakan perlindungan bila lebih dari 12 jam. Nilai  pertanggungan yang diberikan juga ditanggung sampai batas limit yang tertera di sertifikat polis.

Dalam risiko ketidaknyamanan perjalanan ini, perlindungan yang diberikan untuk kehilangan bagasi bisa mencapai US 1500 dolar – US 3000 dolar. Sedangkan untuk perlindungan kehilangan dokumen, Anda akan diberikan perlindungan biaya pengurusan dan penggantian sebesar US 300 dolar – US 1000 dolar.

Untuk risiko penundaan, perlindungan akan memberikan penggantian biaya atau pengeluaran yang timbul untuk pembelian kebutuhan utama seperti baju ataupun peralatan mandi, serta hotel untuk menginap bila lebih dari 12 jam. Perlindungan untuk risiko ini berkisar US 500 dolar untuk nilai maksimum per 6 jam.

Perlindungan Rumah atau Tempat Tinggal

Beberapa asruansi juga memberikan perlindungan untuk membayar kerusakan akibat kebakaran atas isi rumah tertanggung yang ditinggal kosong karena perjalanan. Perlindungan biaya yang akan Anda dapatkan untuk risiko ini pun cukup besar, yaitu hingga US 5000 dolar. (Baca juga: 5 Alasan Anda Harus Miliki Asuransi Perjalanan)

 

Lalu, berapa premi yang harus dibayar untuk mendapatkan perlindungan tersebut?

Beda produk dan penyedia asuransi, maka beda biaya yang harus Anda keluarkan. Misalnya saja untuk produk SmartTraveller dari AXA, perjalanan 1 – 4 hari perorangan ke seluruh dunia, dalam paket gold menerapkan premi sebesar 9 dolar AS dan paket platinum menerapkan premi US 12 dolar. (Baca jugaTravelling, Gunakan 3 Kartu Kredit Rekomendasi CekAja Ini)

Sedangkan untuk spesial Asia, yaitu perlindungan perjalanan ke negara-negara Asia,  memiliki premi 4 dolar AS. Sebagai informasi, SmartTraveller dari AXA memiliki beberapa perencanaan yang disesuaikan oleh tujuan perjalanan Anda; yaitu Spesial Asia, Seluruh Dunia – Gold, dan Seluruh Dunia–Platinum.

Ongkos premi itu berbeda dengan yang dimiliki oleh ACE Travel Insurance. Di kutip dari acetravelinsurance.co.id, untuk perjalanan sekali jalan tujuan ASEAN, asuransi ini memiliki premi 14 dolar AS, dan untuk polis tahunannya memiliki premi 92 dolar AS. Sedangkan, untuk paket standar perjalanan internasional sekali jalan, premi per orang yang diberlakukan adalah 21 dolar AS, dan untuk premi tahunannya berkisar 227 dolar AS.

ACE Travel Insurance sendiri memiliki beberapa paket yang dapat dipilih sesuai tujuan perjalanan; yaitu paket domestik, paket internasional dan ASEAN, dan paket wilayah Schengen. Untuk paket seluruh dunia atau internasional, pilihan paket terdiri dari paket pertanggungan Deluxe, Superior atau Standard yang disediakan sesuai dengan kebutuhan perjalanan.

Jadi, sudahkan rencana perjalanan Anda terlindung oleh asuransi perjalanan? Dengan biaya kurang dari 10 dolar, maka perjalanan luar negeri Anda pun akan nyaman tanpa khawatir.

Langsung ajukan asuransi perjalanan Anda di sini.

 

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami