Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ladies, Enam Trik Ini Dijamin Bikin Kamu Awet Muda Meski Usia Makin Bertambah

by Ariesta on 24 Mei, 2016

Setiap manusia pasti menua. Menjadi tua adalah keniscayaan sehingga tidak mungkin dicegah. Meski tidak bisa dicegah, tapi penuaan bisa dihambat. Buktinya ada banyak wanita yang tampak lebih muda dari usia sebenarnya.

Contohnya Nadya Hutagalung (41) dan Salma Hayek (49) yang tetap cantik dan bertubuh kencang meski sudah kepala empat. Di dalam negeri ada Titiek Puspa yang awet muda meski sudah berusia 78 tahun. Perawatan dokter dan prosedur estetika memang bisa mengembalikan keremajaan kulit. Tapi ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan demi tampak awet muda seperti berikut ini.

Tidur telentang

ilustrasi-tidur-terlentang

Rahasia Titi Puspa awet muda ternyata terletak pada kebiasaannya tidur telentang. Kebiasaan ini konon sudah dilakoninya sejak berusia 35 tahun. Dari segi kesehatan, posisi tidur telentang mampu menjaga keselarasan organ tubuh bagian dalam dan baik untuk mencegah sakit punggung termasuk tulang belakang dan leher. (Baca juga: Dampak Buruk Bagi Kesehatan Jika Kamu Diet Berlebihan)

Sedangkan dari segi kecantikan, posisi wajah yang menghadap ke atas membuatnya tidak mudah mengendur sehingga keriput tidak cepat muncul. Posisi telentang yang baik adalah tanpa menggunakan bantal karena membuat leher dalam posisi stabil.

Mengonsumsi jus sayuran dan buah-buahan alami

15-fruits-vegetables-juice-recipes-600x375

Skin is our biggest organ. Apapun yang kita konsumsi, akan terlihat hasilnya di kulit,” ujar Nadya seperti dikutip dari VIVAlife. Oleh karenanya Nadya sangat menjaga asupan makanan. Dia tidak mengonsumsi daging terutama daging impor dan makanan cepat saji. Selain itu sejak 2008, mantan model Lux ini menjalankan terapi jus.

Setiap pagi menjelang siang, ia meminum jus campuran buah dengan sayur tanpa gula. Nadya merasa tubuh terutama kulitnya terasa segar sehingga selalu tampak awet muda.

Selalu memakai bahan alami dan tidak mencuci wajah di pagi hari

honey and milk spa - beauty treatment

Rahasia cantik dan awet muda Salma Hayek terletak pada kulit bersih sebelum tidur. Selelah apapun, dia tidak pernah lupa membersihkan semua makeup dan kotoran. Rahasia kedua, ternyata aktris berusia 49 tahun ini tidak pernah mencuci muka di pagi hari. Lho kok bisa? Salma mengungkap kulit beregenerasi saat tidur. Kelembaban kulit yang hilang kembali karena kulit memproduksi minyak alami, kolagen, dan semua yang dibutuhkan kulit. Mencuci muka malah menhilangkan minyak alami tersebut dan membuat wajah jadi kering.

Selain itu, aktris keturunan Meksiko ini hanya memakai bahan-bahan alami untuk tubuhnya. Misalnya madu untuk melembabkan kulit, pembersih chamomile untuk wajah, dan telur untuk masker rambut. Semua resep ia dapatkan dari neneknya yang memang masih mempertahankan  resep kecantikan tradisional ala Meksiko.

Membuat semprotan wajah dari susu

1396432-1366x768-DesktopNexus.com_

Kulit mudah keriput jika kering. Oleh karenanya, kamu harus menjaga kelembaban kulit setiap waktu. Super model Cindy Crawford mencampurkan susu murni dan sedikit air untuk disemprotkan ke wajah. Biarkan selama 15 menit sampai menyerap sempurna.

Cara ini membuat kulit Cindy tetap lembab sehingga kerutan bisa dihambat. Hasilnya, di usianya yang menginjak 48 tahun, kulit wajah mantan istri aktor Richard Gere ini nampak segar dan muda.

Yoga dan tidak makan nasi putih

yoga

Siapapun dibuat takjub oleh wajah dan tubuh Sophia Latjuba. Bagaimana tidak, di usianya yang hampir setengah abad (45 tahun), ia justru nampak seperti wanita awal 30-an. Tubuhnya juga langsing dan bugar. Apa rahasia awet muda Sophia? Ternyata ada pada yoga dan menjaga pola makan.

Setelah bangun tidur, ibu dua anak ini melakukan yoga. Yoga yang dilakukan bukan hanya meditasi, tapi bukan pula jenis yoga sulit seperti Iyengar dan Bikram. Sophia melakukan yoga standar namun membuat tubuhnya berkeringat. Selain itu ia juga selalu mengganti nasi putih dengan nasi merah.

Banyak minum air putih dan tidak makan daging merah

why-is-Drinking-a-Lot-of-Water-Good-for-Weight-Loss-598x363
Dalam sebuah wawancara, Donna Harun berkelakar kalau rahasia awet muda karena dia menikah di usia muda. Karenanya dia punya anak dan cucu di usia masih muda pula. Meski demikian, nenek cantik berusia 48 tahun tidak menampik kalau ada ritual kecantikan dan pantangan yang rutin ia lakukan. (Baca juga: 5 Tips Fashion Untuk Mama Muda Agar Tampil Stylish dan Menawan)

Donna menjelaskan, agar kulitnya lembut dan kencang, dirinya rajin membersihkan wajah pagi dan malam.  Donna tidak makan daging merah dan nasi putih dan memperbanyak minun air putih hingga lima liter sehari.

Tentang Penulis