Lagi Viral Hats Off, Padahal 5 Profesi Ini Lebih Layak Kamu Hormati

4 min. membaca Oleh CekAja on

Pemerintah telah memberikan imbauan dan anjuran kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah saja selama pandemi Covid-19 berlangsung. Himbauan itu diberikan bukannya tanpa alasan, melainkan untuk memutus rantai penyebaran virus Corona yang begitu cepat.

Imbasnya, kini sebagian besar masyarakat mau tidak mau terus-terusan di rumah saja sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Mungkin di antara kamu ada yang sudah mengkarantina diri di rumah selama 2 minggu, 3 minggu, dan bahkan sebulan.

Bagi para pekerja, pandemi Corona ini jadi momen bagi mereka untuk melakukan semua pekerjaannya dari rumah atau istilahnya work from home (WFH). Namun, pada kenyataannya tidak semua orang memiliki pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah saja.

Beberapa pekerjaan atau profesi memaksa mereka untuk tetap berada di lapangan, bukan di dalam rumah yang aman dan nyaman bersama keluarga.

Tak heran jika pekerjaan yang mereka geluti berisiko sangat besar pada saat pandemi Corona ini. Selain itu, ada beberapa profesi yang memang ditakdirkan untuk menjadi garda terdepan dalam melawan Covid-19. Bagi mereka dengan profesi garda terdepan tersebut patut diberikan apresiasi yang tinggi dan juga doa dari seluruh masyarakat Indonesia.

Pasalnya, mereka rela mempertaruhkan hidup untuk tetap berada di garis terdepan guna melawan Covid-19 dan membuat masyarakat di luar tetap aman. Berikut ini ragam profesi garda terdepan penantang Covid-19 yang perlu mendapatkan hormat sebanyak-banyaknya dari seluruh masyarakat Indonesia.

1. Tenaga Medis

Tenaga Medis - Lagi Viral Hats Off Padahal 5 Profesi Ini Lebih Layak Kamu Hormati

Tenaga medis merupakan profesi garda terdepan pertama yang menjadi lawan Covid-19. Para dokter, suster, dan para pekerja lainnya di rumah sakit mempertaruhkan hidupnya untuk merawat para pasien yang positif terinfeksi virus Corona hingga bisa kembali sembuh seperti sedia kala.

Namun, sayangnya para tenaga medis di Indonesia kurang mendapatkan perhatian lantaran pada beberapa kasus mereka kekurangan alat pelindung diri atau APD. Padahal penggunaan APD merupakan prosedur standar yang harus dilakukan sebelum menerima dan merawat para pasien Covid-19. 

Ketersediaan APD yang memadai akan membuat para tenaga medis dapat bekerja dengan tenang dan penuh fokus. Meski kekurangan banyak APD, para tenaga medis yang ada saat ini tetap berdedikasi menjalankan profesinya.

Di sisi lain, banyaknya tenaga medis yang sudah berguguran atau wafat akibat Covid-19 menjadi pelecut semangat para dokter dan suster serta lainnya untuk terus merawat pada pasien Covid-19.

2. Petugas Kebersihan

Petugas Kebersihan - Lagi Viral Hats Off Padahal 5 Profesi Ini Lebih Layak Kamu Hormati

Profesi garda terdepan penantang virus Corona adalah petugas kebersihan. Meski perannya terkesan tidak terlihat dan tidak terdengar, para petugas kebersihan justru menjalankan pekerjaan yang cukup berisiko di tengah pandemi Corona ini.

(Baca juga: Pemerintah Resmi Larang Mudik Antisipasi Penyebaran Virus Corona)

Semua petugas kebersihan baik di rumah sakit, pusat belanja, gedung perkantoran, atau di fasilitas umum memiliki pekerjaan untuk terus menjaga kebersihan areanya. Hal itu sangat penting agar virus Corona tidak hinggap di tempat-tempat atau barang-barang yang ada di dalam pantauannya.

Ketika masyarakat diminta untuk menjaga jarak 1 hingga 2 meter, para petugas kebersihan justru harus terjun langsung ke lapangan dan membersihkan segala tempat atau barang yang mungkin sudah terpapar Covid-19. 

3. TNI dan Polri

TNI dan Polri - Lagi Viral Hats Off Padahal 5 Profesi Ini Lebih Layak Kamu Hormati

TNI dan Polri juga menjadi profesi garda terdepan yang melawan penyebaran Covid-19. Baik TNI dan Polri bertugas menjaga keamanan ketika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan di sebuah daerah.

Selain itu, mereka juga bertugas untuk mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan acara-acara yang mengundang keramaian. Mereka juga tak segan untuk membubarkan masyarakat yang ketahuan berkumpul saat pandemi Corona ini. 

Mereka pun juga turut berjaga di perbatasan Indonesia, pelabuhan, bandara, terminal, dan stasiun yang menjadi tempat-tempat potensial penyebaran virus Corona. 

4. Sopir Angkutan Umum

Sopir Angkutan Umum - Lagi Viral Hats Off Padahal 5 Profesi Ini Lebih Layak Kamu Hormati

Profesi garda terdepan yang menjadi lawan bagi Covid-19 adalah sopir kendaraan umum. Sopir kendaraan umum merupakan satu dari sekian banyak profesi yang pekerjaannya tidak bisa dilakukan dari rumah.

Selain itu, mereka juga harus “melawan” imbauan dari pemerintah untuk melakukan social distancing atau physical distancing. Para sopir kendaraan umum mau tidak mau mempertaruhkan hidupnya di tengah pandemi Corona ini untuk terus bekerja demi keluarganya.

Bertemu banyak orang menjadi satu hal yang tidak bisa dihindari oleh para sopir kendaraan umum. Oleh sebab itu, mereka mesti bekerja diri dengan menggunakan seluruh alat pelindung diri agar terhindar dari penularan Covid-19.

5. Pengantar Makanan

Pengantar Makanan - Lagi Viral Hats Off Padahal 5 Profesi Ini Lebih Layak Kamu Hormati

Memesan makanan dari restoran atau kafe menjadi hal lumrah dilakukan, bahkan selama masa karantina di rumah. Oleh sebab itu, kehadiran para pengantar makanan di tengah pandemi ini merupakan suatu hal yang patut disyukuri.

Namun, di balik itu, para pengantar makanan ini rela bekerja di lapangan dan mempertaruhkan segala risiko yang ada agar masyarakat tetap di rumah. Bekerja dengan mengantar makanan dari satu rumah ke rumah lainnya adalah satu hal yang cukup berbahaya untuk dilakukan saat pandemi ini.

(Baca juga: Hampir Dilumpuhkan Corona, Ini 5 Cara Restoran Pertahankan Bisnisnya)

Mereka tidak punya pilihan dan oleh karena itu ada baiknya kamu bisa memberikan mereka sedikit uang tip atau sekadar membelikan makanan ekstra bagi para pengantar makanan yang mengantar pesanan kamu.

Mau membantu para pekerja di 5 profesi itu agar lebih aman melaksanakan tugas di tengah badai Corona? Kamu bisa kok menyalurkan bantuan lewat berbagai saluran crowdfunding yang menggalang dana untuk membantu mereka.

Atau kalau kebetulan kamu memiliki bisnis konveksi, tidak ada salahnya menyalurkan sebagian produksi masker kamu ke rumah sakit-rumah sakit, atau membagikannya langsung kepada para pegiat profesi tersebut ketika bertemu mereka di jalan.

Jangan jadikan kekurangan modal sebagai alasan kamu enggan berbuat kebaikan, karena harus diingat bahwa semakin banyak kamu memberi maka akan semakin banyak kamu menerima. Ini adalah saatnya kita berbuat kebaikan dengan membantu sesame.

Tentang kami

CekAja

CekAja