11 Lagu Penghilang Stres yang Bikin Rileks saat #dirumahaja

7 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Tidak hanya ketika di tempat spa atau yoga, lagu penghilang stres juga bisa kamu dengarkan di rumah, sembari work from home dan melakukan kegiatan lainnya!

Setidaknya, sudah memasuki bulan keenam, kita semua harus melakukan isolasi mandiri di rumah, untuk menekan penyebaran Covid-19, yang sedang melanda Indonesia.

Tidak mudah untuk berdiam diri, tanpa bersosialisasi dan bercengkrama dengan bebas, di luar sana. Sehingga, tidak sedikit dari kita yang merasa tertekan dengan keadaan ini.

Seperti harus bekerja dari rumah atau work from home (WFH), belajar daring, berbisnis online, dan lain sebagainya. Kecemasan, mungkin sesekali akan datang di pikiran, dan mungkin akan membuatmu menjadi stres.

Tapi, cobalah untuk selalu berpikir positif dan bersyukur, dari apa yang sedang negara kita alami.

Sebenarnya, kamu sendiri memiliki banyak cara, untuk mengatasi kecemasan dan stres akibat terlalu lama #dirumahaja. Dari sekian banyak cara, salah satunya yakni dengan mendengarkan lagu penghilang stres.

Menyetel lagu penghilang stres, dengan ritme, harmonisasi, dan bas yang tepat, bisa memperlambat detak jantung, tekanan darah, serta kadar kortisol, pendengarnya.

Meski mungkin, tidak semua orang suka mendengarkan musik, namun dibalik itu ternyata ada manfaat luar biasa, dari mendengarkan musik bagi kesehatan fisik dan mental.

Manfaat Mendengarkan Musik

Dilansir oleh pikiran-rakyat.com dari artikel Medical News Today, berikut manfaat dari mendengarkan musik atau lagu.

  • Manfaat Mendengarkan Musik
  • Mampu Mengurangi Rasa Sakit dan Cemas
  • Sebagai Penghilang Stres yang Efektif
  • Membantu Memulihkan Cedera Otak dan Mengobati Kejang
  • Bantu Mengingatkan Memori dan Kenangan
  • Membuat Pikiran Lebih Rileks, Bahagia dan Semangat

Nah, buat kamu yang masih bertahan di rumah, untuk mendukung pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19, yuk isi hari-harimu di rumah, sambil dengarkan lagu penghilang stres.

(Baca Juga: Kumpulan Lagu Terbaik saat Sedang Galau)

Berikut, ada beberapa rekomendasi lagu penghilang stres paling populer, yang wajib diketahui dan dijamin, bikin rileks saat #dirumahaja!

11 Lagu Penghilang Stres

1. Ho’oponopono Song – Susan Osborn, Hanayo, Aman

Lagu penghilang stres paling populer yang pertama adalah Ho’oponopono Song, yang dipopulerkan oleh Susan Osborn, Hanayo, Aman.

Perlu kamu ketahui juga bahwa lagu ini, menjadi fasilitas manajemen stres diri, yang digunakan banyak orang sukses di dunia loh.

Bahkan, lagu Ho’oponopono Song juga digunakan sebagai latihan orang-orang Hawaii kuno, untuk penyembuhan.

Judul lagu ini pun memiliki arti, adapun Ho’oponopono artinya untuk membuat (ho’o), yang benar (pono), yang benar (pono), dalam rangka menyelesaikan masalah dalam suatu hubungan.

Liriknya juga sangat bermakna, karena tidak mengandung kata negatif, seperti kata “tidak”, “jangan”, “belum”, dan lainnya. Sehingga, semua liriknya mengandung murni kata-kata positif.

Nah, buat kamu yang ingin merasa rileks saat berada di rumah, kamu bisa dengarkan lagu penghilang stres ini, menggunakan headset sambil WFH.

2. Weightless – Marconi Union

Lagu penghilang stres kedua, yang tak kalah populer di dunia ini, berjudul Weightless by Marconi Union.

Dilansir merdeka.com dari PureWow, lagu Weightless ini, terbukti mampu mengurangi stres hingga 65 persen.

Bukti tersebut diambil dari hasil penelitian, yang pernah dilakukan oleh sekelompok ahli saraf di MindLab International.

Hasilnya, mayoritas objek penelitian yang mendengarkan lagu Weightless, mengalami penurunan tingkat kecemasan.

Bahkan, para pendengar juga menunjukan penurunan rest rafte fisiologis sebanyak 35 persen. Sehingga, buat kamu sedang mengalami stres berat, misal sedang galau, putus dengan pacar, pemutusan kerja, dan lainnya, bisa coba dengarkan lagu ini.

Setidaknya, bisa membuat pikiranmu lebih tenang, rileks, dan bisa memberikan semangat baru.

3. Canzonetta Sull’aria – Mozart

Siapa yang tidak tahu Mozart? Ya, seorang komponis musik klasik Eropa yang paling terkenal di dunia, bernama lengkap Wolfgang Amadeus Mozart.

Wafat di usia 35 tahun, Mozart telah menciptakan banyak musik klasik yang mendunia, sebut saja seperti Eine Kleine Nachtmusik, Symphony No.40, dan masih banyak lagi.

Bahkan, alunan musiknya bisa menjadi lagu penghilang stres, seperti lagu Canzonetta Sull’aria.

Pasalnya, paduan suara biola, dan alat musiknya serta suara vokal wanita bak malaikat, sangat menenangkan dan indah.

Nah, buat kamu yang butuh ketenangan, untuk merileksasikan pikiran, cobalah untuk meresapi setiap detiknya. Dijamin, lagu ini bisa bikin kamu semakin tenang.

4. Espresso – Lofi Coffee House

Lagu penghilang stres berikutnya ini sangat unik, karena terdapat efek suara manusia dan suasana seperti di coffee shop.

Lagu instrumental yang berjudul Espresso by Lofi Coffee House ini, sangat cocok buat kamu yang ingin menenangkan diri di rumah, namun dengan suasana di kafe.

Terlebih, buat kamu yang sudah rindu nongkrong di kafe, lagu ini juga cocok didengarkan, mungkin sambil bekerja, belajar, hingga peneman tidur siangmu.

5. Caribou – Silver

Siapa bilang ahli matematika tidak bisa menciptakan lagu yang bisa menenangkan banyak orang? Nyatanya lagu Caribou by Silver ini bisa dijadikan lagu penghilang stres.

Lagu ini diciptakan oleh seorang PhD di bidang matematika, bernama Snaith. Bahkan, saat meracik lagu ini Snaith menggunakan formula dalam pembuatan musiknya.

Tiap nada, diperhitungkan dengan perhitungan matematika. Nah, perhitungan ini pun dipercaya sebagai penghilang stres. Kok bisa ya? Coba dengerin deh!

6. Coldplay – Yellow

Siapa yang tak kenal dengan grup band asal Inggris Coldplay? Dari sekian lagunya yang mendunia, salah satunya ternyata bisa dijadikan lagu penghilang stres loh!

Ya, lagu Coldplay berjudul Yellow dipercaya bisa membuat pendengarnya menjadi mellow.

Irama gitar dan piano yang sempurna, membuat tekanan darah dan debar jantung menjadi rileks.

Karena ini bukan instrumental seperti lagu penghilang stres lainnya, jadi kamu bisa ikut bernyanyi, teriak, sambil mengeluarkan unek-unek.

Bukan cuma Yellow, lagu Coldplay berjudul Fix You, The Scientist, dan Paradise, juga bisa membuat kamu rileks loh.

7. Flame Crackles – Lofi Sleep

Lagu penghilang stres yang bisa membuat hari-harimu rileks selama di rumah saja ini, adalah Flame Crackles by Lofi Sleep.

Bahkan, lagu ini juga bisa didengarkan untuk pengantar tidur loh. Alunan musiknya yang menenangkan, bikin kamu tenang, anti cemas, apalagi stres mikirin hidup.

8. Gayatri Govindarajan – Classical Indian Music for Healing and Relaxing

Untuk lagu penghilang stres yang satu ini, memiliki irama bak sedang berada di India. Pasalnya, alat musik yang dimainkan, merupakan alat musik tradisional Indian, dengan nuansa alam.

Biasanya, lagu ini digunakan untuk spa atau yoga. Pasalnya, lagu ini bisa membuat otak pendengarnya menghasilkan alpha brainwave.

Alpha brainwave sendiri merupakan gelombang yang dihasilkan otak, untuk membuat pikiran dan saraf tubuh rileks.

9. Relaxing Piano Music for Stress Relief and Meditation – Endless Love

Termasuk lagu klasik, Relaxing Piano Music for Stress Relief and Meditation – Endless Love ini, cocok banget didengarkan saat kamu butuh ketenangan.

Pasalnya, dilihat dari kacamata psikologis, irama piano dari musik klasik, disebut mampu mengurangi stres.

Hal tersebut dikarenakan, irama piano bisa membuat detak jantung melambat, dan bisa menurunkan tekanan darah.

10. Ed Sheeran – Tenerife Sea

Selain Coldplay, penyanyi terkenal Ed Sheeran ternyata juga memiliki lagu, yang bisa didengarkan untuk relaksasi.

Meski bergenre pop, namun lagu berjudul Tenerife Sea ini memiliki efek lullaby, yang mampu mengurangi stres seseorang.

11. Some One Like You – Adele

Penyanyi wanita dengan suara yang khas dan menggelegar yakni Adele, juga memiliki lagu yang bisa membuat pendengarnya merasa rilek loh, yakni berjudul Some One Like You.

alunan irama piano, membuat lagu ini menjadi menenangkan pikiran. Di tambah, jika isi liriknya sama dengan apa yang kamu rasakan saat ini.

(Baca Juga: 10 Merek Speaker Bluetooth Terbaik)

Pasalnya, lagu ini juga ternyata bisa mengatur detak jantung dan tekanan darahmu.

Nah, itu dia deretan lagu penghilang stres, yang bisa jadi playlist kamu, selama di rumah saja.

Dengan lagu-lagu tersebut, diharapkan bisa membuat hari-harimu lebih tenang dalam menghadapi kondisi pandemi seperti ini.

Agar lebih enak di dengar, kamu bisa mendengarkan lagu-lagu tersebut melalui speaker maupun earphone. Karena, kamu bisa mendengarkan lebih sempurna tanpa gangguan dari suara lain.

Ada banyak merek speaker dan earphone yang memiliki kualitas bagus, namun tetap terjangkau.

Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah, di berbagai toko online langgananmu. Agar lebih hemat, pembelian speaker dan earphone di toko online juga bisa menggunakan kartu kredit loh.

Selain praktis, melakukan pembelian dengan kartu kredit, juga bisa memberikanmu banyak keuntungan, seperti diskon, cashback, dan lainnya.

Belum Punya Kartu Kredit? Ajukan Saja di CekAja.com!

Di masa pandemi seperti ini, kartu kredit menjadi alat pembayaran, yang sangat membantu karena sangat praktis, terutama ketika berbelanja di toko online.

Jadi, segera miliki kartu kredit terbaik, sesuai kebutuhan dan keinginanmu, yang bisa dipilih di CekAja.com, dan ajukan secara online.

Ada banyak pilihan kartu kredit yang disediakan CekAja.com, dari berbagai bank ternama di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!