10 Lagu Untuk Olahraga yang Bikin Makin Semangat

6 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Lagu untuk olahraga memiliki efek yang baik untuk menambah semangatmu. Di masa pandemi ini, kita tak boleh melewatkan agenda olahraga ringan, meskipun hanya dilakukan di rumah aja.

Menjaga stamina adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, terutama di masa pandemi virus corona seperti sekarang.

Apalagi, sebagian daerah juga sudah mulai diguyur hujan di masa pancaroba menjelang akhir tahun ini.

Hal itu membuat potensi penularan penyakit semakin meningkat, serta penurunan daya tahan tubuh akibat perubahan cuaca.

Selain mengonsumsi makanan bergizi seimbang seperti sayur, buah, daging, dan sumber gizi lainnya, kamu juga harus menyeimbangkan gaya hidup dengan berolahraga.

Nah, karena saat ini kegiatan olahraga di luar rumah sebaiknya dihindari untuk menekan penularan virus corona, maka kamu bisa berolahraga di rumah aja.

Para ahli kesehatan menyarankan publik untuk berolahraga ringan di rumah, asalkan rutin dilakukan minimal tiga kali seminggu.

Jadi, kamu enggak perlu melakukan olahraga berat yang malah membuatmu terlalu lelah.

Ada beberapa rekomendasi olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di rumah aja.

Mulai dari sekadar melakukan peregangan secara menyeluruh, lari di tempat, naik turun tangga, yoga, pilates, senam aerobic, angkat beban dumbbell, zumba, dan lain-lain.

Untuk membangkitkan semangat supaya kamu termotivasi olahraga dan tidak males gerak lagi, mendengarkan lagu untuk olahraga bisa menjadi pilihan tepat.

Manfaat Mendengarkan Lagu Saat Olahraga

Siapa sih yang enggak suka mendengarkan lagu? Dalam kondisi senang ataupun sedih, lagu dari penyanyi favorit cocok didengarkan kapan saja.

Selain dapat mendukung suasana hati alias mood yang sedang kamu rasakan, musik juga membantu membangkitkan semangat saat beraktivitas.

Saat olahraga, kamu juga disarankan mendengarkan lagu yang tepat. Ada beberapa manfaat dari lagu untuk olahraga yang baik untuk kondisi tubuh dan psikologis manusia, di antaranya sebagai berikut:

  • Menghilangkan rasa bosan di tengah aktifitas olahraga berlangsung
  • Memberikan dorongan motivasi dari dalam pikiran untuk bergerak selaras dengan lagu
  • Membangkitkan mood agar lebih semangat dan stamina tubuh
  • Membantu meningkatkan kualitas gerakan olahraga
  • Membantu proses penyembuhan penyakit menjadi lebih cepat (apabila olahraga yang dilakukan disarankan dokter dalam masa penyembuhan penyakit)
  • Mencegah timbulnya penyebab penyakit akibat stres

(Baca Juga: 10 Lagu Spotify Terbaik untuk WFH)

Rekomendasi Lagu Untuk Olahraga

Sebenarnya, ada banyak lagu untuk olahraga yang bisa kamu pilih dengan nada up beat yang asyik didengarkan. Mulai dari lagu dalam maupun luar negeri.

Di tahun ini, beberapa penyanyi merilis lagu yang menarik untuk dimasukkan ke dalam playlist saat olahraga.

Sedangkan sebagian lainnya adalah lagu yang sudah dirilis lama, tapi tentu saja masih cocok dijadikan pilihan lagu untuk olahraga.

Berikut ini daftar lagu untuk olahraga yang direkomendasikan untukmu:

1. MAX feat. Suga BTS – Blueberry Eyes

Kamu Army BTS? Selain lagu Dynamite yang sedang hits saat ini, salah satu personel BTS yakni Suga baru saja melakukan kolaborasi dengan penyanyi asal New York, MAX.

Lagu berjudul Blueberry Eyes ini dirilis pada 15 September 2020 lalu. Masih fresh banget!

Dengan melodi yang terdengar ceria, lagu ini cocok diputar saat kamu berolahraga. Jika kamu menyimak liriknya, lagu ini bercerita tentang ungkapan cinta dari seorang pria pada pasangannya. So sweet!

2. Cardi B fest. Megan Thee Stallion – WAP

Lagu untuk olahraga yang kedua adalah karya rapper Amerika, Cardi B yang berkolaborasi dengan rapper Megan Thee Stallion.

Dengan beat yang konstan, kamu bisa memutar lagu yang dirilis Agustus lalu ini saat pemanasan.

3. Saweetie – Tap In

Satu lagi lagu terbaru 2020 yang bisa kamu masukkan ke dalam playlist lagu untuk olahraga. Saweetie merupakan rapper Amerika yang juga berprofesi sebagai penulis lagu, desainer, dan aktris.

Lagu Tap In memiliki durasi yang singkat, yakni 2,5 menit saja. Di awal lagu, kamu akan dibawa ke dalam ritme lagu santai dan kemudian meningkat di bagian tengah dan akhir lagu.

Saat sedang berolahraga zumba, aerobik, atau angkat beban, kamu wajib banget mendengar lagu ini agar makin semangat.

4. Billie Eilish – Bad Guy

Lagu yang pernah meraih penghargaan Song of the Year tahun 2019 di ajang Grammy Award ini juga cocok dimasukkan ke playlist-mu.

Instrumen lagu Bad Guys terbilang simple namun ear catching, sehingga mudah diingat dan dinikmati.

5. Fitz and The Tantrums – HandClap

Buat kamu yang menyukai lagu dengan genre Indie-Alternative, HandClap dari Fitz and The Tantrums bisa menjadi pilihan lagu untuk olahraga yang pas.

Lagu up beat yang satu ini dijamin akan membangkitkan semangatmu saat melakukan gerakan olahraga dinamis yang menguras energi.

6. Mark Ronson feat. Bruno Mars – Uptown Funk

Lagu Uptown Funk yang dirilis pada 2014 rasanya selalu enak didengarkan hingga tahun ini. Tentu saja karena nadanya yang menarik, dengan gabungan genre pop, funk, dan boogie.

Dengan durasi yang cukup panjang, yakni 4 menit, kamu bisa menikmati lagu ini sambil berolahraga, dan terbawa pada nuansa musik era 80-an.

7. Taylor Swift – Shake It Off

Tak lengkap rasanya jika membahas lagu untuk olahraga dengan musik up beat tanpa memasukkan karya Taylor Swift ini.

Lagu Shake It Off dijamin bikin kamu makin semangat deh! Lirik dari lagu ini juga menarik, karena mengajarkan kita untuk tidak peduli pada perkataan para haters.

(Baca Juga: 15 Lagu BTS Paling Favorit Pilihan Army se-Dunia!)

8. Neon Trees – Everybody Talks

Lagu penuh semangat lainnya yang cocok didengar saat olahraga adalah Everybody Talks yang dibawakan oleh band rock asal Amerika, Neon Trees.

Lirik Everybody Talks menceritakan tentang peristiwa jatuh cinta pada pandangan pertama.

Lagu ini dirilis pada tahun 2012, dan pernah dijadikan soundtrack di salah satu iklan minuman kemasan yang populer di Indonesia.

9. RAN – Sepeda

Dari karya anak negeri, kamu bisa memilih lagu Sepeda milik grup musik RAN yang cocok banget didengar, terutama saat bersepeda di luar ruangan maupun di dalam ruangan dengan sepeda statis.

Lagu untuk olahraga ini memiliki nada yang penuh semangat, dan lirik tentang asyiknya berkendara dengan sepeda sambil menikmati pemandangan kota yang indah.

Lagu ini masuk ke dalam album RAN bertajuk HOP3 yang dirilis tahun 2011.

10. ITZY – Not Shy

Lagu untuk olahraga yang terakhir adalah dari grup idol Kpop, ITZY, berjudul Not Shy yang dirilis pada 17 Agustus 2020 lalu.

Lirik lagu Not Shy berisi tentang ungkapan cinta pada orang yang disukai, dan ajakan untuk segera saling mengungkapkan perasaan yang sesungguhnya.

Walau terkesan romantis, ITZY membawakan lagu ini dengan melodi penuh semangat sebagai ciri khasnya. Cocok banget nih untuk menemani olahraga pagi harimu.

Itulah daftar rekomendasi lagu untuk olahraga yang bisa kamu pilih. Siap-siap susun urutan lagu untuk playlist andalanmu, ya.

Zaman sekarang, mendengarkan lagu lebih mudah dan asyik dilakukan di aplikasi layanan streaming musik online.

Kamu cukup membayar biaya langganan untuk layanan mendengarkan berbagai jenis musik tanpa jeda iklan. Soal pembayaran, bayar saja dengan mudah menggunakan kartu kredit.

Miliki kartu kredit yang cocok untuk kebutuhanmu dengan pengajuan secara online di CekAja.com.

Kami akan memberikanmu rekomendasi kartu kredit terbaik dengan perbandingan yang mendetail. Seperti soal limit, besaran bunga, cicilan bulanan, dan lainnya.

Proses pengajuan kartu kredit di CekAja.com juga cepat banget. Kamu hanya perlu mengisi formulir online di sistem kami.

Jadi, enggak perlu repot-repot mengunjungi kantor cabang penyedia kartu kredit di masa pandemi ini.

Yuk, miliki kartu kreditmu sekarang juga dengan mengajukannya lewat CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah