Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cara Mengetahui Gaji Kamu Tidak Sebanding Dengan Pekerjaan yang Mesti Dilakukan

by Rafly Aditia on 18 November, 2015

tips karier_kredit kendaraan - CekAja.com

Menjadi seorang pekerja keras yang berkontribusi banyak terhadap perusahaan memang merupakan sebuah prestasi yang bisa dibilang membanggakan. Tetapi apabila kerja kerasmu tersebut tidak dibayar dengan upah yang sesuai oleh perusahaan memang sangat menjengkelkan. Bagaimana cara mengetahuinya?

Underpaid atau gaji di bawah standar memang merupakan hal yang menjengkelkan. Kondisi ini di mana kamu bekerja dengan gaji di bawah rata-rata. Nah, bagaimana cara mengetahui apakah kamu digaji di bawah standar (underpaid) atau tidak? Coba lakukan 4 cara berikut;

Hubungi pemberi kerja

Mengontak pihak recruiter atau outsource yang menempatkan kamu di kantor saat ini atau recruiter lainnya adalah cara pertama yang bisa dilakukan. Cara ini untuk mencari tahu lebih dalam mengenai gaji standar dari posisimu di perusahaan-perusahaan lainnya.

Tanyakan mengenai tiga posisi terakhir yang berhasil diisi oleh para kandidat pekerja dari mereka, dan cari tahu mengenai gaji, kompensasi, serta tanggung jawab dari pekerjaan tersebut lalu bandingkanlah dengan pendapatan yang kamu miliki apabila ada data tentang posisi pekerjaan yang sama seperti yang kamu jalani saat ini.

(Baca Juga: Strategi Alokasi Gaji Buat First Jobber)

Perluas dan manfaatkan jaringan

Bergaul, bersosialisasi, serta memiliki jaringan memang membawa banyak sekali manfaat, termasuk dalam dunia bekerja. Bahkan dengan cara bergaul, memperluas dan memanfaatkan jaringan ini kamu dapat mengetahui apakah kamu memiliki gaji dibawah standar atau tidak.

Bagaimana caranya? Mudah saja, seperti yang kita ketahui beberapa perusahaan memiliki grup atau persatuan yang membuat kesepakatan bahwa mereka akan membayar gaji karyawan dengan jumlah yang disepakati. Nah, kamu dapat mencari informasi melalui persatuan tersebut walau terkadang membutuhkan sejumlah uang untuk mengakses informasi yang ada.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan wawancara ringan dengan beberapa yang memiliki pekerjaan sama dengan posisimu saat ini. Bukan dengan menanyakan secara langsung mengenai gajinya, tetapi kamu dapat berkilah dengan cara menanyakan berapa angka yang pas untuk posisi kamu saat ini. Biasanya, mereka akan memberikan angka yang hampir atau bahkan sama dengan gaji yang mereka dapatkan.

Tidak ada salahnya melamar kerja lagi

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui yang lainnya adalah dengan cara melamar kerja dengan posisi yang sama di tempat lain.

Tidak harus meninggalkan pekerjaanmu saat ini, hanya perlu datang melakukan wawancara dan melakukan negosiasi gaji untuk mengetahui berapa sih angka rata-rata dari posisi pekerjaanmu saat ini sebenarnya. Namun, lakukan hal ini secara diam-diam dan jangan sampai ketahuan oleh perusahaan tempat kamu bekerja saat ini.

(Baca Juga: Jurus Jitu Agar Gaji tak Selalu Habis di Tengah Bulan)

Gunakan kalkulator gaji

Apabila memiliki pekerjaan dan tugas yang sangat banyak sehingga tidak sempat melakukan hal-hal di atas, cobalah gunakan jasa situs web yang menghitung gaji rata-rata para pekerja seperti misalnya website salary.com atau qerja.com.

Kamu akan mendapatkan perhitungan gaji rata-rata secara kotor dari posisi kamu bekerja saat ini. Selain itu kamu juga dapat melihat berapa gaji posisi bekerja saat ini di perusahaan-perusahaan lainnya.

Keempat cara di atas dapat dilakukan, dan apabila hasilnya gaji di perusahaan-perusahaan lain lebih besar dibandingkan gaji kamu saat ini maka dapat dipastikan ciri-ciri kamu underpaid sudah benar-benar valid. Tindakan selanjutnya, terserah kamu?

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami