Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Lakukan 5 Kegiatan Ini Selama 10 Menit Agar Kamu Lebih Produktif

by Rafly Aditia on 23 Maret, 2016

tidur mendengkur_asuransi kesehatan - CekAja.com

Produktivitas sangat penting untuk karir dan keuangan. Misalnya, dengan berhasil mencapai target di kantor maka kamu bisa mendapatkan bonus bulanan atau akhir tahun yang besar. Siapa yang tidak mau? Tetapi, bagaimana sih caranya untuk meningkatkan produktivitas?

Meningkatkan produktivitas bukanlah hal yang sulit. Hanya saja diperlukan motivasi untuk sukses dan sejumlah hal kecil lainnya. Nah, kalau kamu sudah punya motivasi tinggi, ada 5 kegiatan lagi yang perlu dilakukan untuk memicu produktivitas. Cuma butuh waktu 10 menit, kok, agar kamu jadi lebih produktif. Berikut ini rahasianya:

Tidur siang

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sara Mednic, penulis buku Take a Nap! Change You Life, ternyata tidur siang bisa meningkatkan produktivitas. Dalam penelitiannya, penulis asal Universitas California ini mengungkapkan bahwa tidur siang selama 10 menit memiliki manfaat restoratif atau pemulihan.

Alhasil, kamu bakal memiliki fisik yang lebih kuat, pikiran yang fokus, serta kinerja kognitif yang membaik selama lebih dari dua jam setelah tidur siang. Sejumlah perusahaan dan negara-negara maju bahkan mengharuskan karyawan atau penduduknya tidur siang guna memicu naiknya produktivitas. (Baca juga: Batman V Superman, Siapa Lebih Sukses di Panggung Industri Hiburan?)

Bikin agenda harian

Buatlah daftar kegiatan tentang hal-hal yang akan kamu kerjakan hari ini. Lakukanlah sesaat setelah kamu terbangun dari tidur. Karena dengan merancang kegiatan dan pekerjaan kamu dapat membuat harimu lebih terorganisir. Dengan semakin terorganisir, kerja yang kamu lakukan pun jadi lebih efektif. Hasilnya, kamu bisa lebih produktif dari biasanya.

Tingkatkan fokusmu dengan Nootropics atau bikin Kopi

Nootropics merupakan salah satu obat-obatan yang dikenal sebagai “Smart drugs” karena fungsinya sebai suplemen yang meningkatkan kinerja neurotransmitter pada otak. Hal inilah yang akan meningkatkan kemampuan untuk fokus sehingga secara tidak langsung berdampak pada peningkatan produktivitasmu.

Tenang saja, kamu ga perlu membeli obat tersebut kalau merasa ragu. Dengan minum secangkir kopi, kamu juga akan mendapatkan efek yang sama sehingga fokus dan produktivitasmu meningkat. Untuk sekadar bikin kopi, tidak perlu waktu lebih dari 10 menit bukan?

Olahraga singkat

Ketika kamu merasa ngantuk dan lemas saat sedang di kantor, cobalah untuk tarik nafas dalam-dalam dan lakukan olahraga singkat seperti push up, burpees, jumping jack dan berbagai gerakan body excercise lainnya selama 10 menit. Menurut beberapa penelitian, olahraga singkat bakal meningkatkan fokus kamu sehingga produktivitas kerja juga akan meningkat. (Baca juga: Di Negara-negara Ini Tiket Pesawat Dihargai Murah)

Ambil segelas air putih

Saat kamu merasa letih saat sedang bekerja, segeralah ambil segelas air putih. Minumlah air putih tersebut agar pikiran kamu dapat fokus kembali. Menurut penelitian yang dilakukan oleh East London University, seseorang akan kehilangan fokus ketika merasa haus.

Nah, air putih merupakan solusi terbaik untuk mengatasi hal itu. Dengan minum segelas air putih maka kamu akan kembali fokus dan bisa menjadi lebih produktif lagi.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.