Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Lakukan 5 Ritual Ini Kalau Mau Lolos Tes CPNS

by Miftahul Khoer on 13 Juni, 2019

Pemerintah kembali membuka peluang calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) pada tahun ini. Tak tanggung-tanggung, kuotanya mencapai 254.173 kursi.

Pendaftaran tes CPNS sendiri baru dibuka pada Oktober 2019 nanti. Rinciannya, 46.425 untuk aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Pusat dan 207.748 untuk ASN pada instansi Pemerintah Daerah.

Seperti dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet (Setkab), jumlah 46.425 ASN yang dibutuhkan untuk Pemerintah Pusat, sebanyak 23.213 dialokasikan untuk PNS yang diisi dari pelamar umum dan dari Sekolah Kedinasan. Adapun, sisanya untuk PPPK yang diisi dari eks Tenaga Honorer Kategori II (THK-II) dan Honorer sebanyak 23.212 ASN.

Sementara itu, untuk kebutuhan ASN di tingkat Pemerintah Daerah akan dialokasikan sebanyak 62.324 untuk PNS dengan rincian yang diisi dari pelamar umum sebanyak 62.249 formasi dan dari Sekolah Kedinasan (STTD) sebanyak 75 formasi. Sementara sisanya sebanyak 145.424 formasi akan dialokasikan untuk PPPK yang diisi dari eks THK-II dan Tenaga Honorer.

Nah, buat kamu yang tertarik atau penasaran menjadi ASN, ada baiknya kamu persiapkan beberapa hal berikut ini.

  1. Lengkapi persyaratan administrasi

Dokumen yang mencakup data pribadi mulai dari KTP, ijazah, transkrip nilai, SKCK, akta kelahiran, kartu keluarga hingga hasil TOEFL harus dipersiapkan sebagai penunjang persyaratan mendaftar tes CPNS. Nantinya dokumen-dokumen tersebut harus discan atau dijadikan format digital untuk dipindai saat pengunggahan dokumen.

(Baca juga: Cuan Dagang Empat Jajanan Ini Bisa Ngalahin Gaji ASN)

Pastikan saat mengunggah persyaratan yang harus dilengkapi secara online benar-benar dilakukan dengan baik tanpa ada kesalahan sedikitpun, karena jika salah unggah bisa menggugurkan pendaftaran kamu.

  1. Pelajari soal-soal

Mengerjakan tes CPNS memang gampang-gampang susah. Tentunya setiap pelamar akan menghadapi tes yang telah dipersiapkan dengan soal-soal yang telah ditentukan. Tahun ini, pihak panitia pelaksana akan memberikan paling tidak 200 soal masing-masing untuk seleksi kompetensi bidang (SKB) dan seleksi kompetensi dasar (SKD) yang diberikan waktu masing-masing 90 menit.

Ada beberapa tipe soal untuk SKD yakni tes karakteristik pribadi (TKP) sebanyak 35 soal, tes intelegensia umum (TIU) 30 soal, dan tes wawasan kebangsaan (TKW) 35 soal. Adapun untuk tes SBK, setiap pelamar wajib menjawab kompetensi atas bidang yang telah dipilihnya.

Secara umum, beberapa pelajaran yang harus diperhatikan terkait sejarah, UUD 1945 hingga matematika. Jadi, mulai dari sekarang kamu sudah bisa mempelajari kembali pengetahuan-pengetahuan tentang ketiganya agar bisa memudahkan saat nanti mengerjakan tes.

  1. Pelajari intansi yang dilamar

Penerimaan CPNS tahun 2019 ini dikabarkan akan berfokus pada bidang pendidikan dan kesehatan yang akan ditempatkan di tingkat kementerian hingga kedinasan di tingkat daerah. Dengan demikian, ada baiknya kamu juga harus mempelajari seluk beluk instansi yang akan kamu lamar.

Pengetahuan terkait instansi yang akan dilamar cukup penting agar ketika nanti tes atau wawancara kamu memiliki gambaran. Intinya pelajari baik-baik kementerian, lembaga atau instansi yang dituju, seperti apa ruang lingkup pekerjaannya.

  1. Ikut kelas bimbel

Menjadi ASN merupakan kebanggaan tersendiri. Nyatanya banyak banget orang yang berbondong-bondong jadi ASN, meskipun kita tahu bahwa orang yang mendaftar dan yang lolos perbandingannya sangat jauh sekali.

Oleh karena itu, agar peluang menjadi PNS kamu cukup terbuka lebar, ada baiknya kamu ikut dalam bimbingan belajar atau bimbel yang diselenggarakan oleh banyak lembaga.

Paling tidak, dengan ikut bimbel tersebut kamu akan punya gambaran apa saja soal-soal yang akan keluar saat pelaksanaan tes CPNS nanti. Pengajar bimbel tes CPNS juga biasanya berasal dari orang-orang pengalaman yang pernah ikut dalam tes tersebut.

Jadi gak ada salahnya kamu bisa memilih lembaga bimbel yang benar-benar terpercaya dan terbukti. Biasanya dalam bimbel akan diajarkan tips dan trik mengisi soal, diskusi hingga tambahan pengetahuan soal bagaimana caranya mengisi tes yang disiapkan pihak panitia.

  1. Berdoa, jaga kesehatan dan siapkan mental

Hal lain yang harus kamu persiapkan saat seleksi CPNS adalah tentunya perbanyak berdoa. Bagi kamu yang taat beragama, tentu kamu meyakini kekuatan doa adalah yang utama dibarengi dengan usaha yang maksimal. Selain itu, selama tahapan seleksi juga kamu harus jaga kesehatan yang bisa berpengaruh besar terhadap kondisi kamu selama seleksi.

Dan hal penting lainnya adalah persiapkan mental. Yakinlah semua tahapan seleksi bisa dilalui secara lancar. Jika lolos berarti kamu memang berhasil dan jika pun tidak maka anggap saja kamu harus banyak belajar kembali. Jangan sampai mental kamu drop gara-gara hasilnya gak memuaskan.

(Baca juga: Hore! Jokowi Permudah ASN, TNI dan Polri untuk Beli Rumah)

Namun, jika kamu belum berhasil lolos dalam tes CPNS tahun ini jangan bersedih hati. Siapa tahu kamu ditakdirkan untuk menjadi wiraswastawan sukses, berkat modal kredit tanpa agunan (KTA) yang bisa kamu dapatkan lewat CekAja.com. Siapa tahu..

 

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.