Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

3 menit waktu bacaan

Lakukan 5 Trik Sederhana Ini Kalau Kamu Mau Jadi Pebisnis Sukses

by Rafly Aditia on 15 April, 2016

modal tambahan bisnis _ pinjaman UKM - CekAja.com

Kalau kamu mau jadi seorang entrepeneur atau pebisnis sukses, kamu harus siap menerima segala macam tantangan. Karena, untuk membangun sebuah bisnis dari nol sampai berhasil nanti tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Sebenarnya ada lima cara simpel yang sangat penting kalau kamu mau terus berkembang dan menjadi seorang pebisnis yang sukses. Bagaimana caranya? Simak 5 cara simpel jadi pebisnis sukses berikut ini:

Kebiasaan sehat

Pertama, kalau ingin meraih kesuksesan sebagai seorang pebisnis adalah memperbaiki gaya hidup. Mulailah hari dengan kebiasaan sehat seperti minum air putih delapan gelas sehari, sarapan bernutrisi serta berolahraga setidaknya tiga kali seminggu. Kebiasaan sehat ini akan mempengaruhi pola pikir kamu dan bisa membantu otak lebih fokus.

Ketika pikiran selalu segar dan fokus, dalam melakukan berbagai pekerjaan akan terasa lebih mudah. Karena itulah kamu nantinya bisa berbisnis dengan efektif dan efisien.

Mau untuk terus belajar

Manusia punya kewajiban untuk terus belajar dalam hidup. Apalagi kalau kamu memutuskan untuk jadi seorang pebisnis. Belajar mengenai urusan produksi, tren pasar saat ini, hingga lingkungan harus kamu lakukan dengan baik dan tidak boleh berhenti.

Belajar bisa dilakukan dengan banyak membaca buku, atau lewat pengalaman ketika kamu mengalami kegagalan, bisa juga dengan melihat keadaan sekitar.

 Intinya, berusahalah untuk terus belajar kapanpun dan dimanapun demi mengembangkan bisnis. Maka dari itu selalu posisikan dirimu sebagai orang yang belum tahu apa-apa mulai dari sekarang.

Bergaul dengan para pebisnis sukses

Lingkungan dan koneksi merupakan salah satu penentu kesuksesan sebuah bisnis. Untuk itu, sebagai pebisnis pemula kamu perlu memperluas koneksi bisnis.

Bagaimana caranya? Banyaklah datang ke acara seminar dan komunitas pengusaha. Mulailah dengan sekedar sharing dan ngobrol bersama para pebisnis sukses.

Kalau sudah sering ngobrol, bisa jadi teman. Nah, disinilah kamu bisa memanfaatkan pertemanan untuk mengembangkan bisnis. Mulai dari mendengarkan nasihat-nasihat mereka, hingga melakukan kerjasama.

(Baca juga: Kerja Puluhan Tahun, Sudah Cek Saldo Jamsostek Belum?)

Jangan pernah berpuas diri

Ketika bisnismu berhasil mencapai prestasi gemilang, kamu tidak boleh berpuas diri. Misalnya, ketika bisnismu untung ratusan juta rupiah dalam satu tahun kamu gak boleh terlena dengan prestasi tersebut. Buatlah target selanjutnya di tahun depan yakni meningkatkan keuntungan hingga miliaran rupiah.

Ingat mengapa kamu mulai berbisnis

Ketika banyak hambatan yang menghalangi, atau bahkan sudah mengalami kegagalan ingatlah alasan kamu mulai berbisnis. Mengapa? Hal ini akan sangat membantu kamu untuk kembali bersemangat.

Cobalah untuk selalu melihat apa kesalahanmu, dan apa alasan kamu mulai berbisnis. Perbaiki kesalahan-kesalahan tersebut dan jangan pernah berhenti menjalankan bisnis penuh potensial milikmu itu.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami