Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Lakukan 6 Hal Repot Ini Kalau Nekat Open House Saat Pandemi Corona

by Anes Saputra on 27 April, 2020

Saat ini umat Muslim tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan suasana yang amat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada keramaian pawai atau tarawih di mesjid.

rumah sehat dan nyaman

Ditambah lagi, belum ada tanda-tanda pandemi ini akan berakhir dan itu berarti tidak akan ada kumpul bersama sanak keluarga seperti Idul Fitri sebelumnya. Kemungkinan juga tidak akan ada momen open house menunggu tetangga dan mereka yang terkasih datang berkunjung ke rumah untuk berkumpul.

Namun, kalau memang kamu tetap nekat membuka rumahmu demi silaturahim di hari yang fitri, siapkan beberapa hal ini!

1. Bersihkan Peralatan Masak dan Makan

Bersihkan Peralatan Masak dan Makan - Lakukan 6 Hal Repot Ini Kalau Nekat Open House Saat Pandemi Corona

Alat masak kamu mungkin jarang digunakan. Jadi sebelum memasak dalam porsi besar coba cek kondisi dandang, wajan besar, dan alat pemanggang. Bersihkan jika terdapat noda atau kerak. Hal tersebut sangat dianjurkan bahkan sebelum ada wabah Corona datang. Apalagi dengan keadaan saat ini tentu kamu harus ekstra bersih termasuk dalam menyediakan makanan.

Hal itu juga berlaku pada alat makan yang akan digunakan, usahakan untuk mencuci bersih semua alat makan, sebagai bagian dari menjaga kesehatan di tengah pandemi seperti ini.

2. Bersihkan Rumah

Bersihkan Rumah - Lakukan 6 Hal Repot Ini Kalau Nekat Open House Saat Pandemi Corona

Saat mau kedatangan tamu tentu jadi hal yang wajar dengan memastikan kondisi rumah bersih dan siap dengan semua tamu yang datang. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, pastikan rumah bersih dan kalau bisa dengan desifektan. Hal ini memang membuat kegiatan membersihkan rumah jadi ekstra melelahkan. Namun demi kesehatan diri, sebagai tuan rumah dan juga tamu yang sudah memberanikan diri untuk hadir, tentu hal ini jadi tidak menyulitkan.

3. Sabun Cuci Tangan dan Hand Sanitizer

Sabun Cuci Tangan dan Hand Sanitizer - Lakukan 6 Hal Repot Ini Kalau Nekat Open House Saat Pandemi Corona

Idealnya saat menggelar open house dalam keadaan seperti ini tentu lebih baik menyediakan sabun cuci tangan ekstra di dekat keran yang berada di depan rumah. Namun, tidak ada salahnya juga menyiapkan pembersih tangan atau hand sanitizer di setiap sudut rumah sebagai persiapan kalau air tiba-tiba mati atau ada hal-hal yang tidak diinginkan.

(Baca juga: Cara Mencuci Tangan Menurut WHO Untuk Cegah Virus Corona)

Saat ini jenis-jenis hand sanitizer juga sudah sangat beragam, jadi jangan takut rumah menjadi tidak estetis karena harus memasang banyak titik hand sanitizer di dalam rumah.

4. Sesuaikan Tamu dengan Ruangan

Sesuaikan Tamu dengan Ruangan - Lakukan 6 Hal Repot Ini Kalau Nekat Open House Saat Pandemi Corona

Kalau dalam kondisi normal, kamu mungkin akan mengundang semua orang yang kamu kenal. Namun dalam kondisi seperti ini, sesuaikan tamu dengan kondisi ruangan. Jangan sampai tamu yang hadir tidak bisa menjaga jarak dan justru pulang dengan kekhawatiran karena jarak yang terlalu dekat satu sama lain.

5. Pastikan Tamu yang Hadir Sehat

Pastikan Tamu yang Hadir Sehat - Lakukan 6 Hal Repot Ini Kalau Nekat Open House Saat Pandemi Corona

Kondisi seperti ini kamu tentu hanya akan mengundang keluarga atau teman terdekat saja, hal itu penting agar tidak terlalu banyak tamu berjejalan dan malah tidak bisa menjaga jarak.

Selain soal kedekatan, pastikan tamu yang hadir pada open house yang kamu buat dalam kondisi sehat. Kalau bisa siapkan thermometer thermal saat baru akan masuk rumah dan juga hand sanitizer, sebagai langkah awal, sebelum masuk ke ruangan untuk bergabung dengan tamu-tamu yang lain.

6. Bersihkan Rumah Usai Acara Selesai

Bersihkan Rumah Usai Acara Selesai - Lakukan 6 Hal Repot Ini Kalau Nekat Open House Saat Pandemi Corona

Selain sebelum acara, pastikan rumah kembali bersih usai acara selesai. Kamu tidak tahu tamu yang datang membawa bakteri apa, meski kamu sudah memastikan mereka mencuci tangan dan masuk ke rumah dengan suhu tubuh yang normal. Boleh jadi bebersih rumah kali ini harus dua kali lebih teliti dari sebelum diadakan acara open house tersebut.

Istana Tidak Open House

Setiap tahunnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan open house pada Hari Idul Fitri. Namun Istana Kepresidenan saat ini tetap membatasi kegiatan yang bersifat mengumpulkan banyak massa. Hal itu bahkan akan dilakukan saat hari raya Idul Fitri mendatang.

Oleh karena itu kemungkinan tahun ini Istana tidak akan mengadakan open house, seperti tahun sebelumnya. Hal itu dilakukan demi mencegah penyebaran COVID-19.

Pasalnya, kegiatan open house tersebut bersifat mengumpulkan massa. Sehingga sudah tak mungkin lagi untuk saling menjaga jarak. Oleh karenanya, pihak istana kemungkinan memutuskan tidak menggelarnya pada tahun ini, demi kepentingan bersama.

(Baca juga: Cara Mencuci Pakaian saat Corona Mulai dari Pakai Air Panas hingga Pemutih)

Meski begitu, Presiden Jokowi berencana tetap bersilaturahmi dengan warga meski bersifat secara tak langsung melalui video conference. Saat itu pun Jokowi bisa menyampaikan amanat-amanatnya pada masyarakat.

Selama masa pandemi ini, Istana Kepresidenan sudah meniadakan kegiatan yang bersifat mengumpulkan banyak orang. Termasuk kegiatan keagamaan. Bahkan, untuk salat tarawih selama bulan Ramadhan pun diputuskan tidak digelar di Masjid Baiturrahman, di dalam kompleks Istana Kepresidenan.

Pentingnya Asuransi Kesehatan

Nah meski sudah tahu apa saja yang harus dilakukan kalau mau mengadakan open house saat pandemi berlangsung, tidak ada salahnya loh kamu pikirkan ulang apakah bijak melakukan hal tersebut?

Sebelum menerima tamu maupun sanak saudara yang datang bersilaturahmi ke rumah, jangan lupa lindungi kesehatan diri dan keluarga kamu dengan asuransi kesehatan dari Ciputra Life.

Di tengah mewabahnya Covid-19 seperti sekarang ini, penting buat memiliki asuransi kesehatan yang meng-cover biaya pengobatan kalau terjangkit virus tersebut.

Ciputra Life merupakan salah satu asuransi kesehatan yang menyediakan perlindungan terhadap Covid-19. Kamu bisa mengintip berbagai keuntungan yang bisa didapat pemilik polis asuransi Citra Proteksi Kesehatan Aktif milik Ciputra Life.

Para pemegang polis bisa mengajukan klaim biaya rawat inap rumah sakit hingga sembuh Covid-19 yang semuanya akan diganti Ciputra Life. Bahkan nilai premi pun bisa kembali 110 persen.

Lalu jika kemungkinan terburuknya pihak tertanggung meninggal dunia, maka keluarganya berhak atas 100 persen pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Sementara buat para karyawan yang sudah diberi jaminan asuransi oleh kantor, asuransi Ciputra Life bahkan memperbolehkan nasabahnya untuk melakukan double cover. Sehingga dua asuransi bisa digunakan sekaligus selama masa penyembuhan dari virus Corona.

Dapatkan asuransi Ciputra Life yang akan melindungi diri kamu dan keluarga dari risiko paparan virus Corona lewat CekAja.com, sekarang juga!

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke