Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Lakukan Hal Ini Sembari Menunggu Kalender Puasa 2017

by lhmdi on 7 Juni, 2016

buka puasa-CekAja.com

Menjelang ramadhan, mencari jadwal kalender puasa 2017 merupakan hal penting bagi sebagian umat muslim.

Dengan mengetahui jadwal kapan puasa akan dimulai, umat muslim sudah mulai bisa memikirkan beberapa rencana seperti mengambil cuti hingga memesan tiket untuk mudik.

Pada tahun puasa Ramadhan 2017 ini, berbagai kalender menyebutkan puasa akan dimulai pada akhir bulan Mei 2017. Tepatnya, puasa Ramadhan 2017 jatuh pada tanggal 25 Mei. Namun, tentu saja seperti biasa, masyarakat masih akan menunggu pengumuman resmi pemerintah tentang jadwal puasa yang tepat.

Biasanya, pengumuman jadwal puasa ini akan ditentukan melalui sebuah diskusi yang diberi nama Sidang Isbat untuk menentukan kapan umat muslim di Indonesia untuk berpuasa. Namun, selain menunggu tanggal tentang kapan puasa akan dimulai, sebenarnya kamu bisa mempersiapkan beberapa hal penting. Apa saja ya?

  1. Beli tiket mudik lebaran dari jauh hari

Sudah hal umum rasanya, untuk mencari tiket mudik dengan harga murah, harus dilakukan dari jauh hari bahkan tiga bulan sebelum waktu lebaran tiba. Bahkan beberapa maskapai penerbangan atau PT KAI selaku penyedia transportasi kereta api hingga operator bus bahkan memberikan harga yang lebih murah, mulai dari 10% hingga 30% bagi masyarakat yang ingin membeli tiket mudik di awal.

Bahkan jika beruntung, bagi pemilik kartu kredit tertentu, bahkan bisa mendapatkan potongan harga hingga 50% dan berbagai macam penawaran menarik lainnya. Oleh karena itu, jangan sia-siakan kesempatan untuk mendapatkan tiket mudik murah setelah mendapatkan perkiraan dan jadwal kalender puasa 2017 ya!

Sebagai tambahan, kamu bisa memesan tiket di malam hari. Bahkan beberapa maskapai penerbangan sengaja membuat promo khusus di jam 11 Malam untuk memberikan tiket murah. Selain itu, kamu juga perlu rasanya untuk berlangganan surat elektronik dari berbagai macam maskapai penerbangan hingga layanan penjual tiket online untuk mendapatkan promo-promo menarik.

  1. Menyelesaikan pekerjaan di minggu pertama dan kedua

Bagi yang beraktifitas dengan pekerjaan, maka dengan melihat jadwal puasa 2017, kamu sudah bisa menyiapkan pekerjaan lebih baik. Khususnya ketika di bulan puasa nanti. Usahakan pekerjaan yang akan dilakukan dapat selesai dengan cepat dan hasil memuaskan.

Maksimalkan waktu di minggu pertama dan kedua untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Hal ini penting diusahakan agar di minggu ketiga dan keempat, kamu lebih tenang dalam melanjutkan pekerjaan selanjutnya. Selain itu, waktu kamu tidak akan terbuang dengan percuma, karena beberapa pekerjaan sudah bisa lebih cepat.

Apalagi jika yang bersiap untuk mudik, biasanya akan sudah mulai memikirkan untuk belanja dan membeli oleh-oleh di minggu ketiga dan keempat bulan puasa.

  1. Mengatur jadwal berbuka puasa

Nah! Ini yang tidak bisa dilupakan. Jadwal berbuka puasa bersama. Dengan adanya susunan angka pada gambar kalender puasa 2017, kamu sudah bisa mengatur jadwal buka puasa bersama dengan teman-teman, khususnya teman-teman alumni semasa sekolah hingga kuliah.

Tentunya hal ini penting dilakukan, karena tidak semua acara buka puasa bersama kamu harus hadiri. Dari sekian banyak undangan, kamu bisa memilih jadwalnya tepat dan sesuai dengan aktifitas kamu sehari-hari.

Dari sini, kamu bisa membuat prioritas, jadwal buka puasa mana saja yang kamu datangi. Cara ini juga akan membantu kamu hemat dan tidak mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk berbuka puasa bersama, padahal masih banyak kebutuhan lainnya yang harus kamu penuhi.

  1. Maksimalkan anggaran dari tunjangan hari raya

Hal yang paling membahagiakan dari para pekerja saat lebaran adalah tersedianya fasilitas Tunjangan Hari Raya, dari tempat bekerja mereka. Bagi Pegawai Negri Sipil atau PNS nama ini biasanya identik dengan Gaji ke 13.

Pada dua minggu awal biasanya Tunjangan Hari Raya atau THR sudah akan masuk ke rekening tabungan kamu. Oleh karena itu, maksimalkan jadwal kalender puasa 2017 ini dengan memanfaatkan sebaik mungkin THR yang kamu dapat. Bisa untuk ditabung, bisa juga untuk keperluan lainnya.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.