Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Lakukan Ini Agar Tidurmu Nyenyak

by Ariesta on 2 April, 2016

hidup bahagia - CekAja.com

Tidur malam yang baik bukan hanya berdurasi minimal 6-8 jam tapi juga harus berkualitas. Karena meskipun kamu tidur selama 9 jam tapi tidak berkualitas, kamu akan tetap merasa tidak fit di siang hari. Kalau tubuh tidak fit, bagaimana mungkin kamu bisa menghadapi tantangan di kantor, menyelesaikan pekerjaan sulit, atau lancar melakukan presentasi?

Kebiasaaan-kebiasaan di waktu terjaga rupanya sangat mempengaruhi kualitas tidur misalnya seperti konsumsi makanan yang bisa buat tidur nyenyak, jam tidur, dan lingkungan kamar. Agar bisa memperoleh tidur nyenyak dan tampil maksimal keesokan harinya,

Bagi kamu yang memiliki insomnia akut, coba cara ini agar bisa mendapatkan tidur berkualitas.

Membiasakan diri untuk tidur dan bangun di waktu yang sama

Tubuhmu sebenarnya punya alarm pribadi. Alarm tersebut bernama melatonin. Melatonin merupakan hormon yang disekresi oleh kelenjar pineal di otak. Melatonin  berkhasiat untuk mengontrol jam biologis tubuh sehingga kamu bisa tidur pada waktunya dan bangun tepat waktu. Melantonin juga ditemukan dalam jumlah kecil di dalam buah-buahan seperti cherry dan biji-bijian.

Bagi kamu yang mengalami insomnia akut, berbaringlah di kasur dua jam sebelum waktu target kamu tidur. Pasang alarm dan segera bangun ketika alarm berbunyi, bukannya mematikan alarm untuk kembali tidur. Kalau ini rutin dilakukan, lama-lama tubuhmu akan mengingat ritme ini dengan sendirinya. Kamu akan merasa mengantuk dan terbangun tanpa harus memasang alarm.

Tetap tidur dan bangun di waktu yang sama meski saat akhir pekan

Banyak orang merasa harus ‘balas dendam’ di akhir pekan dengan tidur panjang. Tindakan ini malah akan merusak siklus tidurmu. Akibatnya, kamu merasa sulit bangun pagi di hari Senin! Oleh karenanya, meski di hari Sabtu atau Minggu, usahakan untuk tetap tidur awal dan bangun pagi. Tapi jika kamu harus begadang, bayar dengan tidur siang singkat sehingga siklus tidurmu tidak terganggu.

Jangan tidur siang terlalu lama

Seperti telah disebutkan sebelumnya, tidur siang memang bagus untuk menggantikan kekurangan waktu tidur di malam hari. Tapi jika tidur siang justru membuatmu susah tidur di malam hari, kamu sebaiknya tidak melakukannya. Batasi tidur siang tidak lebih dari 30 menit.

Mematikan lampu, tv, dan smartphone

Cahaya mempengaruhi berapa banyak tubuh memproduksi melatonin. Otak memprodukis melantonin di kondisi gelap sehingga kamu mengantuk. Kamar yang terang, tv yang menyala, dan kebiasaan menatap layar smartphone di jam-jam tidur membuat produksi melantonin sedikit. Kamu pun jadi tidak mengantuk.

Oleh karenanya, hindari cahaya kuat dengan tidak memainkan smartphone, menonton tv, atau menatap layar komputer 1-2 jam sebelum tidur. Kalau kamu termasuk yang tidak bisa tidur dalam kondisi kamar yang gelap, nyalakan lampu tidur dengan intensitas cahaya lembut.

Lakukan kegiatan yang membuat tubuh rileks

Menonton tv larut malam tidak hanya bisa mengurangi produksi melantonin, tapi juga karena banyak siaran tv yang menstimulasi bukannya merelaksasi. Sebagai gantinya, kamu bisa memutar lagu-lagu lembut atau membaca buku sampai rasa kantuk datang. Mandi air hangat dengan sabun aroma terapi juga bisa membuat tubuhmu makin rileks.

Minum teh chamomile

Kalau mata tidak kunjung terpejam, melangkahlah ke dapur untuk menyeduh teh chamomile. Secangkir teh chamomile dapat meningkatkan glisin, senyawa kimia yang dapat  melemaskan saraf dan otot, serta bertindak seperti obat penenang ringan. Aromanya juga membantumu lebih rileks.

Berolahraga

Studi menunjukkan jika olahraga teratur membuat tidur di malam hari lebih baik dan mencegah rasa kantuk di siang hari. Bahkan berjalan kaki selama 10 menit di siang hari bisa memperbaiki kualitas tidurmu.

Tapi ingat, jangan melakukan olahraga berat sebelum tidur karena kondisi otot yang kaku justru membuatmu susah terlelap. Untuk tidur berkualitas, lakukan olahraga 3-6 jam sebelum waktu tidur.

(Baca juga: Ini Alasannya Kenapa Kamu Harus Berolahraga di Pagi Hari)

Lakukan peregangan

Pejamkan mata, tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan pelan-pelan. Regangkan tubuhmu mulai dari kaki sampai kepala. Selanjutnya pejamkan mata dan bayangkan suasana atau aktivitas yang tenang dan damai.

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami