Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Lakukan Persiapan Ini Sebelum Perpanjang Paspor

by lhmdi on 9 April, 2016

transportasi untuk traveling_asuransi perjalanan - CekAja.com

Sama seperti halnya KTP, paspor pun memiliki masa berlaku yang terbatas. Lalu, seperti apa cara perpanjangan paspor sebaiknya dilakukan?

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa paspor merupakan dokumen penting yang harus dipersiapkan saat atau sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri. Untuk kenyamanan perjalanan, paspor harus ada. Secara umum sendiri, ada dua jenis paspor yang biasa kita kenal.

Paspor yang memiliki 24 halaman dan 48 halaman, dan keduanya memiliki masa waktu yang sama yaitu lima tahun. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperpanjang paspor. Pertama tentu saja, datang ke kantor imigrasi terkait atau melakukannya secara online.

Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan jika kamu berencana untuk mengurus paspor yang sudah kadarluarsa atau mati?

  1. Datang sejak dini hari

Kantor Imigrasi baru akan bukan pukul 7 Pagi. Namun, sebaiknya kamu datang lebih awal atau saat dini hari, sekitar pukul 5 atau jam 6 pagi. Hal ini perlu dipersiapkan agar kamu tidak mendapatkan nomor kuota agar mendapatkan nomor antrian yang lebih awal.

Sebaiknya siapkan juga bekal untuk sarapan pagi yang cukup agar proses perpanjangan dokumen ini menjadi lancar.

  1. Siapkan dokumen pendukung

Meskipun berstatus sepanjang memperpanjang paspor, kamu harus tetap menyiapkan dokumen-dokumen yang menjadi syarat. Beberapa di antaranya akta lahir atau ijazah asli, kartu keluarga, pulpen warna hitam, kartu tanda penduduk, paspor lama baik yang aslinya dan juga fotokopi.

Hal ini penting, karena petugas akan memeriksa semua dokumen tersebut dan kemudian memberikan map yang berisi formulir perpanjangan dokumen. Setelah diisi, kemudian kamu sudah bersiap untuk wawancara.

  1. Gunakan pakaian yang tepat

Penggunaan pakaian, mulai dari baju, celana atau sepatu yang tidak berwarna putih. Hal ini nantinya digunakan untuk memfoto kamu sebagai bukti pembuatan paspor.

Lalu bagaimana mengurus paspor yang sudah kadarluarsa secara oneline? Dalam beberapa tahun terakhir, pihak Imigrasi memang membuat layanan ini secara online agar digunakan untuk memudahkan masyarakat dalam membuat atau membuat kembali paspor. Layanan paspor online ini tidak mewajibkan kamu untuk datang ke kantor Imigrasi pada pagi hari.

Namun, terdapat beberapa hal penting yang perlu diseriapkan sebelumnya.

  1. Gunakan PC atau laptop plus internet yang stabil

Untuk mendapatkan akses terbaik saat melakukan perpanjangan dokumen ini, kamu membutuhkan komputer atau laptop plus internet yang stabil. Jika tidak, tentunya kamu tidak akan bisa melakukan registrasi untuk perpanjangan paspor.

  1. Pastikan layanan imigrasi online aman untuk diakses

Agar semuanya berjalan lancar pastikan bahwa layanan http://www.imigrasi.go.id/ benar-benar aman dan dapat diakses. Beberapa waktu yang lalu bahkan layanan ini sempat tumbang karena ada beberapa gangguan.

Jika kamu sudah bisa mengaksesnya, jangan lupa mengajukan permohonan perpanjangan. Setelah itu, lanjutkan dengan mengisi form pembayaran, mengisi halaman permohonan untuk wawancara. Semuanya ini akan terhubung dengan akun email kamu. Jadi, pastikan juga membuka alamat email di saat yang bersamaan untuk mengaktivasi semua prosesnya. Selanjutnya cetak formulir serta tanda terima pembayaran dan mengisi data-data yang diperlukan.

  1. Menyiapkan dokumen

Nah! Meskipun sudah memasuki tahapan wawancara, bukan berarti kamu datang ke kantor Imigrasi tanpa membawa apa pun. Kamu tetap harus menyiapkan sejumlah dokumen seperti akta kelahiran ijazah terakhir, kartu keluarga, kartu tanda penduduk, surat nikah bagi yang sudah menikah dan paspor yang sudah kadarluarsa.

Meskipun tidak menyiapkannya dari pagi buta, namun untuk proses wawancara ini kami menyarankan untuk tetap datang di pagi hari. Tujuannya adalah untuk terhindar dari antrian yang lama dan panjang sehingga kamu lebih bisa menghemat waktu.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami