Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Langkah Awal yang Perlu Kamu Lakukan Jika Terkena Corona  

by Gesti Weningtyas on 27 March, 2020

Seperti yang kita tahu, virus corona dengan mudah bisa menyebar lewat droplet. Tentu saja, hal ini bisa terjadi dimanapun. Apalagi, jika kita sering berkegiatan di tempat umum dan banyak kerumunan orang. Penyebaran virus corona juga menjadi sangat efektif apabila orang-orang berkumpul dalam ruangan tertutup dan minim sirkulasi udara.

Langkah Awal yang Perlu Kamu Lakukan Jika Terkena Corona  

Saat ini, virus corona telah menyerang 24 provinsi di wilayah Indonesia, dari 34 provinsi. Kabar baiknya, belum ada penambahan provinsi lagi, namun angka kasus terinfeksi semakin bertambah dari hari ke hari. Sedangkan angka kematian juga terus bertambah. Kondisi ini membuat banyak orang lebih waspada dengan setiap gejala yang bisa dialami. Selain itu, tidak semua orang juga memiliki gejala khas Covid-19. Bahkan, orang yang tak memiliki gejala pun bisa dengan mudah tertular virus Corona.

Ketika tidak ada gejala, orang mungkin akan berpikir kita sehat-sehat saja. Padahal dalam kondisi sehat pun, kita bisa menularkan virus Corona ke orang lain. Salah satu kelompok rentan yang sangat beresiko tinggi tertular adalah lansia. Sebab, daya tahan lansia dinilai lebih rendah ketimbang orang yang masih muda. Sehingga, kemungkinan untuk sembuh pun cukup kecil. Hal ini mestinya membuat kita jadi makin waspada. Jangan sampai, yang lebih muda menjadi carrier virus tanpa kita ketahui sebelumnya.

Jika kamu merupakan salah satu orang yang memiliki mobilitas tinggi dan bekerja di bidang pelayanan, kegiatan work from home alias kerja dari rumah pastinya jadi mustahil untuk dilakukan. Dengan demikian, resiko penularan pun juga akan meningkat. Sehingga, sebelum tertular, akan lebih baik jika kita mengetahui langkah awal dan persiapan apa saja yang perlu dilakukan apabila terkena virus Corona.

Dengan demikian, kita bisa lebih berhati-hati dalam bertindak. Karena jika tidak peka dengan gejala dari virus Corona, kita justru bisa membahayakan nyawa orang lain. Sehingga, tanggap dengan gejala Corona dan melakukan langkah awal saat terkena virus Corona adalah yang sangat penting untuk dilakukan. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengetahui apa saja gejala dari virus Corona. Meski belum tentu gejala yang kita rasakan adalah serangan dari virus Corona, namun tak ada salahnya untuk berjaga-jaga dan tetap waspada.

Gejala Khas Covid-19

Sebelumnya, ketahui tiga gejala khas yang menjadi tanda awal bila seseorang terkena virus corona. Perhatikan juga riwayat perjalanan selama dua  minggu terakhir, sebab bisa saja dalam perjalanan tersebut terkena virus corona, dan gejala belum muncul. Berikut tiga gejala terkena virus corona yang wajib kita waspadai bersama:

1. Demam Tinggi

Waspada jika kamu mengalami demam tinggi, di atas 38 derajat. Demam biasanya juga disertai  pusing dan pilek, namun pada beberapa kasus tidak ada pilek dan hanya demam dan pusing atau nyeri kepala. Ada juga pasien yang mengalami mual dan muntah saat demam ini berlangsung. Gejala demam setelah terinfeksi virus Corona  ini memang sangat mirip dengan flu biasa, namun tentu saja kita harus selalu waspada dengan gejala apapun yang mungkin muncul.

2. Batuk Kering

Batuk kering juga merupakan salah satu gejala khas dari Covid-19. Hal ini dikarenakan virus corona menyerang saluran pernafasan. Sehingga, penderita akan mengalami batuk kering. Pada beberapa kasus, justru batuk kering ini tidak disertai pilek. Jadi, kamu perlu waspada jika mengalami batuk kering. Apalagi jika batuk kering semakin parah dan disertai gejala kesulitan bernafas. Segera datangi fasilitas kesehatan terdekat jika mengalami gejala seperti ini.

 3. Sesak Nafas

Selain demam dan batuk kering, sesak nafas juga gejala virus Corona yang paling khas. Pada kasus yang cukup parah, virus Corona ini akan menyerang langsung ke paru-paru sehingga bisa menimbulkan komplikasi pneumonia. Penderita akan mengalami nafas pendek dan kesulitan bernafas apabila telah terinfeksi virus Corona. Dalam kasus yang cukup berat, bisa mengakibatkan kematian. Sehingga, perlu berhati-hati bila seseorang telah mengalami gejala yang satu ini. Jadi, selalu waspada dan peka dengan setiap gejala yang mungkin saja bisa terjadi.

Langkah Awal Jika Terkena Virus Corona              

Jika kamu mengalami tiga gejala tersebut, maka mungkin saja kamu terkena virus Corona. Untuk itu, kamu perlu melakukan beberapa langkah berikut apabila terkena gejala mirip virus corona.

1. Tetap Tenang

Jangan panik, usahakan untuk tetap tenang. Kondisi mental yang stres dan panik berlebihan akan menambah imunitas tubuhmu makin menurun. Jadi usahakan tetap tenang agar bisa berpikir dengan jernih. Hindari membaca atau informasi yang kurang tepat agar tidak menimbulkan kepanikan yang berlebih.

2. Hubungi Call Center

Jika kamu mengalami gejala yang mirip virus Corona, maka sebaiknya hubungi call center sesegera mungkin. Kamu bisa menghubungi nomor layanan COVID-19 di 112, 081 112 112 112, 081 388 376 955 dan 0811 3339 9000. Kamu bisa memberikan informasi terkait kondisimu seperti apa saat  ini, berapa suhu tubuhmu, apakah mengalami demam, dan sebutkan riwayat perjalananmu dengan jujur pada petugas medis. Ikuti imbauan dari petugas medis dengan tertib.

3. Pakai Masker

Gunakan masker untuk menghindari penyebaran lebih meluas. Pakai masker tipe bedah dan jangan lupa untuk mengganti masker secara berkala agar tetap bersih. Jika gejalamu masih ringan, kamu bisa tetap di rumah dan melakukan karantina mandiri, menghindari kontak dengan orang-orang agar bisa mencegah penyebaran virus. Pastikan lingkungan rumah dalam kondisi yang bersih. Jangan lupa untuk membersihkan rumah dengan cairan desinfektan secara berkala.

Sebaiknya batasi tamu yang akan datang di rumah. Hindari bertemu langsung dengan orang lain selama 14 hari. Jika gejalamu semakin memburuk, kamu bisa datang ke rumah sakit terdekat sesuai dengan domisilimu yang melayani pengobatan Covid-19. Jika kamu masih memiliki urusan di luar rumah, maka sebaiknya minta tolong pada keluarga untuk menyelesaikannya. Jaga jarak dengan orang terdekat.

4. Jaga Asupan

Minum air hangat lebih banyak dan jaga asupan agar selalu mendapatkan nutrisi yang sesuai. Perbanyak protein dan vitamin agar daya tahan tubuh kembali meningkat. Virus Corona akan menghilang ketika daya tahan tubuh kuat. Meski demikian, kamu juga bisa saja tidak memiliki gejala apapun saat sudah terinfeksi virus. Jika kamu baru saja bepergian dari luar kota, segera lapor ke fasilitas kesehatan terkait untuk mendapatkan tindak lanjut.

5. Datangi Fasilitas Kesehatan

Jika gejalamu tidak membaik setelah melakukan karantina mandiri, segera datangi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Jangan lupa untuk menggunakan masker dan menghindari kerumunan orang. Pastikan kamu melakukan dengan benar etika batuk dan bersin agar bisa memperkecil penularan virus. Sebaiknya waspada dengan orang-orang terdekat, agar kamu tidak menularkan virus dengan keluargamu sendiri.

 6. Perlindungan dengan Asuransi Kesehatan

Melindungi diri dan keluarga adalah hal yang sangat penting di saat wabah virus Corona merebak dengan pesat. Selain melakukan tindakan preventif untuk mencegah penularan virus Corona, kamu juga bisa memberikan perlindungan dengan memiliki asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan akan memberikan proteksi untuk setiap nasabah yang terkena virus Corona tersebut.

Asuransi kesehatan bisa menjadi solusi bagi kamu yang mengalami kerugian finansial akibat terkena virus corona. Ada beberapa perusahaan asuransi swasta yang memberikan perlindungan terhadap nasabah yang terinfeksi virus Corona. Satu diantara perusahaan asuransi yang memberikan perlindungan adalah Cigna.

Polis asuransi kesehatan Cigna akan memberikan perlindungan klaim penyakit menular maupun kondisi medis lainnya sesuai dengan yang tertera di dalam polis. Selain itu, Cigna juga akan menanggung setiap tes kesehatan yang dianggap perlu dan disarankan resmi oleh tenaga medis. 

Kamu bisa mendaftarkan diri untuk membeli polis asuransi kesehatan Cigna Eazihealth. Dengan asuransi kesehatan ini, kamu bakal mendapatkan manfaat hatian perawatan rumah sakit dengan jumlah manfaat sehari Rp 300 ribu. Manfaat ini bisa kamu dapatkan secara cashless maupun reimbursement. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat pembedahan apabila tertanggung memerlukan tindakan  pembedahan yang disebabkan sakit maupun kecelakan.

Selain Cigna, kamu juga bisa memberikan perlindungan maupun proteksi dengan asuransi dari Ciputra Life.

(Baca Juga: Rapid Test Coronavirus Yang Dilakukan Pemerintah, Perlu Dipahami!)

Asuransi Ciputra Life memberikan perlindungan bagi nasabah yang terinfeksi virus Corona. Dengan asuransi Ciputra Life ini kamu bisa mendapatkan manfaat rawat inap mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu per hari, sesuai dengan jumlah limit rawat inap. Selain itu, kamu juga bisa memilih limit rawat inap sesuai dengan kebutuhan, mulai dari enam hari hingga 10 hari. Dari kedua hal tersebut akan muncul berapa jumlah premi yang akan kamu bayarkan. Sehingga, kamu bisa mendapatkan asuransi kesehatan sesuai dengan kemampuan bayar dan kebutuhan. Untuk asuransi kesehatan ini, usia minimal yaitu lima hingga 59 tahun dengan masa pertanggungan satu dan dan bisa diperpanjang hingga 60 tahun.

Demikian adalah beberapa langkah awal yang bisa kamu lakukan apabila mengalami gejala yang mirip dengan terinfeksi virus corona. Apabila ada tamu dari luar kota, terlebih dari kota yang memiliki angka kasus yang cukup tinggi, sebaiknya kamu lapor ke fasilitas kesehatan agar mendapatkan pelayanan segera. Sebab, bisa saja tamu tersebut membawa virus dari kota asalnya maupun saat perjalanan berlangsung.

Jangan lupa untuk selalu menjaga jarak dengan orang-orang yang berasal dari luar rumah. Hindari menyentuh bagian wajah apabila belum mencuci tangan. Menjaga jarak atau melakukan social distancing saat ini adalah pilihan yang sangat tepat dan solutif mengingat tingginya kasus infeksi virus Corona dari hari ke hari. Agar hati kita aman dan tenang, lakukan beberapa pencegahan supaya tidak tertular seperti sering mencuci tangan dengan air dan sabun mengalir minimal 20 detik.

Melihat banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu bisa lebih tenang dalam wabah corona yang sedang melanda saat ini. Sehingga, perlindungan yang kamu berikan untuk diri sendiri maupun keluarga tercinta pun maksimal.

Buat kamu yang ingin memberikan perlindungan maksimal dengan memiliki asuransi kesehatan, segera saja ajukan dan bandingkan nilai premi sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa lihat manfaat yang akan kamu dapatkan dengan memiliki asuransi kesehatan.`Agar lebih mudah, ajukan asuransi kesehatan melalui Cekaja.com.

Tentang Penulis