Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Langkah-langkah Sebelum Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan

by lhmdi on 10 Juli, 2016

pinjaman uang cepat_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Salah satu cara tercepat mendapatkan dana segar adalah mengajukan pinjaman tanpa jaminan atau kredit tanpa agunan dan sering dikenal dengan istilah KTA.

Ada beberapa alasan kenapa masyarakat mengajukan pinjaman yang satu ini. Pertama untuk menata kembali sejumlah utang ke dalam satu jenis pinjaman yang mudah secara proses dan cepat cairnya. Berikutnya, dana dari pinjaman ini juga bisa digunakan untuk mengelola bisnis jangka pendek.

Berikutnya, tidak jarang juga pinjaman ini digunakan untuk kebutuhan pribadi seperti renovasi rumah, atau untuk kebutuhan konsumsi seperti membeli perlengkapan rumah hingga kendaraan bermotor.

Beberapa penyedia layanan ini pun bervariasi. Mulai dari bank yang seperti pinjaman tanpa agunan dari BNI atau BRI, hingga pinjaman koperasi yang juga tidak menggunakan jaminan.

Kebutuhan atau Keinginan Sesaat

Penawaran berupa pinjaman dana tunai tanpa jaminan kini lebih bervariasi. Setelah bank, koperasi dan lembaga keuangan lainnya, berapa layanan yang dikenal dengan sebutan Fintech pun mulai menjamur dan menawarkan pemberian kredit tanpa agunan dengan bunga yang rendah atau bersaing.

Namun, apakah pinjaman tanpa agunan ini merupakan sebuah hal yang dibutuhkan atau hanya keinginan semu untuk jangka pendek saja? Bagi kamu yang sedang mencari dana segar untuk memenuhi kebutuhan, maka mengajukan pinjaman tanpa agunan adalah solusi yang tepat.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dana segar yang diperoleh dari jenis pinjaman yang satu ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contohnya, menjelang lebaran, pastinya kamu ingin mengubah susunan atau renovasi rumah.

Nah! Dana cepat yang dibutuhkan pun tentunya tidak sedikit. Maka mengajukan pinjaman atau kredit tanpa agunan merupakan pilihan yang bisa dicoba. Namun, jika kamu mengajukan pinjaman ini hanya untuk memenuhi kebutuhan mudik dan membeli oleh-oleh untuk keluarga di kampung, sebaiknya hindari saja.

Karena nantinya justru akan membebani keuangan kamu sendiri. Mungkin saja kamu beruntung menemukan bank atau layanan Fintech yang memberikan bunga rendah dan jumlah dana yang besar, namun tetap saja untuk membayar itu kamu harus melakukannya dengan cara mencicil, yang artinya akan ada tambahan pengeluaran setiap bulan untuk membayar utang melalui pinjaman ini.

Langkah-langkah Sebelum Mengajukan Pinjaman

Meskipun berbagai macam penawaran pinjaman datang silih berganti dan menggoda kamu, ada baiknya untuk menentukan beberapa langkah sederhana sebelum mengajukannya.

Beberapa cara berikut dipastikan akan membantu kamu lebih mantap dalam mengajukan pinjaman atau kredit tanpa jaminan.

  1. Sesuaikan tujuan dengan kebutuhan

pinjaman bank_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya tujuan kamu meminjam uang adalah hal penting. Apakah peminjaman ini memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Setiap jenis pinjaman yang ditawarkan oleh bank atau fintech pastinya memiliki persyaratan yang berbeda. Oleh karena itu, jangan sampai binggung sebelum mengajukan pinjaman dan tetapkan tujuan kamu ya.

  1. Cek layanan pinjaman yang terpercaya

tips bisnis _ pinjaman usaha - CekAja.com

Diantara begitu banyaknya pilihan tempat peminjaman uang tanpa jaminan, kamu harus lebih selektif memilih mana yang terpercaya.

Jika memilih bank sebagai tempat peminjaman maka kamu bisa mengakses situs CekAja.com untuk melihat dan menghitung sendiri berapa besaran pinjaman yang kamu butuhkan.

Jika memilih layanan pinjaman online yang saat ini semakin banyak bermunculan pastikan kamu mendapatkan informasi yang akurat tentang layanan tersebut. Jangan sampai salah langkah yang membuat beban utang keuangan kamu akan semakin besar.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatian Sebelum Mengajukan Pinjaman

Mengajukan pinjaman tanpa jaminan memang sah-sah saja, asalkan disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, kamu harus jeli melihat beberapa hal detil sebelum mengajukan pinjaman tanpa agunan.

Nah! Berikut beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui tentang pinjaman tanpa jaminan atau agunan.

  1. Kenali nilai, bunga dan biaya administrasi

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan kamu untuk mengetahui nilai dana yang akan dipinjam, bunga serta biaya administrasi. Dari berbagai macam jenis pinjaman seperti Bank atau layanan Fintech, kamu harus melihat semuanya secara detil.

Nah! Sebagai acuan, kamu bisa mengakses situs resmi Cekaja.com untuk mengetahui perbandingan nilai dana, bunga hingga biaya administrasi yang akan dikenakan ketika kamu akan mengajukan pinjaman tanpa agunan di bank.

Bank atau layanan Fintech yang baik pastinya menyediakan sebuah kalkulator untuk memperkirakan jumlah angsuran dan jangka waktu yang dipilih calon debitur saat mengajukan pinjaman.

Cara ini membantu kamu tidak salah dalam menentukan besaran jumlah yang akan dipinjam. Sebagai contoh, kamu setidaknya harus memiliki utang produktif di angka 30 hingga 35 persen dari total pendapatan yang kamu miliki sekarang.

Maksimalkan Kebutuhan Dana Pinjaman dengan Tepat

Dana segar yang didapat dari pinjaman tanpa agunan atau jaminan sendiri nilainya sangat bervariasi, dan dapat disesuaikan dengan kesanggupan kamu membayar cicilannya nanti.

Tentunya, dana ini pun nanti akan disesuaikan dengan kebutuhan yang akan kamu penuhi. Lalu, untuk apa sebaiknya dana pinjaman ini dimaksimalkan?

  1. Biaya cadangan untuk persiapan pernikahan

pernikahan adat dengan biaya termahal - CekAja.com

Biaya untuk melangsungkan sebuah pernikahan saat ini sangat mahal. Bisa berkisar di angka Rp 500.000.000 bagi yang merayakannya secara besar-besaran.

Jumlah ini tentunya tidak dapat dikumpulkan hanya melalui tabungan atau deposito saja. Nah! Disinilah fungsi dari pinjaman tanpa agunan. Melalui pengajuan pinjaman atau kredit ini kamu bisa mendapatkan setidaknya setengah dari persiapan biaya pernikahan.

Jika kamu memiliki tujuan mengunakan dana ini menggelar pernikahan, silahkan saja. Namun, diskusikan terlebih dahulu dengan calon pasangan karena cicilannya akan sangat bergantung kesepakatan dan kesepahaman kamu tentang membayar cicilan.

  1. Solusi alternatif untuk dana darurat

renovasi rumah _ asuransi properti - CekAja.com

Sebuah keadaan darurat kadang datang dan pergi tanpa diduga. Misalnya, jika salah satu kerabat sedang berada di rumah sakit atau aset seperti mobil dan rumah pribadi mengalami kerusakan, maka membutuhkan dana yang besar.

Nah! Di sinilah peran pinjaman tanpa agunan atau simpanan dapat berfungsi. Dana yang besar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan kamu ketika berada dalam kondisi darurat.

  1. Tambahan untuk modal usaha

pengusaha sukses _ pinjaman usaha - CekAja.com

Bagi kamu yang sedang menjalankan usaha dana membutuhkan tambahan modal untuk menyebarluaskan bisnis yang kamu miliki, maka, dana pinjaman tanpa jaminan atau agunan ini bisa digunakan untuk usaha yang sedang dijalani.

Apalagi, dana dari pinjaman ini tidak menggunakan jaminan sama sekali, sehingga kamu tidak perlu harus menggadaikan tempat usaha. Hanya saja yang perlu diperhatikan ketika sudah mendapatkan pencairan dana, kamu harus tetap membayar cicilan sesuai dengan kewajiban yang telah disepakati dengan pihak kreditur.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami