Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Memilih Provider Internet Unggulan dan Paket Internet Murah

by JTO on 3 September, 2014

Banyaknya provider internet membuat semakin bingung untuk memilih mana yang paling cocok sesuai kebutuhan. Harga, kecepatan, dan benefit yang didapat, menjadi alat promosi yang sering ditawarkan. Kami berikan tips untuk mengobati kebingungan tersebut.

Semua akan setuju, bicara tentang internet, akan segera memikirkan provider mana yang produknya paling unggul. Unggul di sini tentunya dalam arti berkecepatan tinggi dan berbiaya murah. Namun, hati-hati! Jangan sampai salah memilih internet provider! Jika salah, bisa-bisa rugi besar nantinya.

Di zaman yang serba cepat, koneksi internet merupakan hal yang mutlak harus selalu ada. Misalnya, jika berdagang secara online, mau tidak mau segala bentuk media sosial harus aktif agar bisa ditanggapi secara cepat.

Lalu, jika pekerjaan mengharuskan berhubungan dengan bos kamu dari jarak yang cukup jauh, juga harus terus mengawasi notifikasi dari surel juga messenger. Apalagi jika bidang yang ditekuni adalah teknologi informasi, tentu internet sudah jadi makanan sehari-hari.

Bagaimana caranya menentukan provider yang paling tepat guna? Ada beberapa langkah yang harus dilakukan:

Kenali Lingkungan

Anda perlu melakukan survei kecil-kecilan di sekitar rumah. Tanyakan pada tetangga di sekitar, provider apa yang ia gunakan dan seberapa besar kecepatannya. Jangan lupa tanyakan paket yang ia gunakan sehari-hari.

Jangan tanyakan kepada satu orang saja, tanyakan pada beberapa orang sekaligus. Dengan begitu, dapat memetakan provider apa saja yang memiliki jaringan paling baik di sekitar rumah. Jaringan yang baik memberikan kontribusi besar terhadap kecepatan dan kestabilan koneksi internet yang nantinya akan digunakan.

Kenali Kebutuhan

Jika suka mengunduh melalui internet, ada baiknya menggunakan provider yang memberikan bonus kuota di malam hari. Jika hanya butuh menggunakan sosial media saja, gunakan paket internet tanpa batas karena meskipun kecepatannya tidak terlalu besar namun bisa konstan digunakan hingga akhir masa paket.

Jika sering menggunakan fasilitas wifi di luar rumah, di kantor misalnya, maka bisa menggunakan paket internet berkuota kecil di rumah. Perlu memastikan kebutuhan internet ini karena nantinya akan behubungan langsung dengan kocek.

Bandingkan ratusan internet provider sesuai kebutuhan.

Kenali Harga

Setelah mengetahui kebutuhan, juga mengetahui provider apa saja yang cocok digunakan di lingkungan kamu, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui harganya.

Bisa saja Paket Tanpa Batas milik Provider A lebih murah dari Paket Tanpa Batas milik Provider B. Lakukan pengecekan silang antar-paket dan antar-provider, sehingga bisa menemukan paket yang sesuai dengan kebutuhan.

Kenali Modem

Tidak hanya berhenti sampai mengetahui harga, masih harus memiliki modem. Pilihlah modem yang awet dan dikenal tidak gampang panas. Modem yang baik bisa menunjang kecepatan internet.

Jika masih bingung, bisa menanyakan langsung di konter-konter yang menyediakan modem. Kalau mau lebih mudah, bisa membeli modem yang sudah sepaket dengan kartu sim dari provider pilihan.

Jika modem tidak sepaket dengan kartu sim, bisa minta rujukan dari penjual kartu sim tersebut tentang modem yang paling sesuai. Bisa juga menggunakan ponsel pintar yang memiliki fasilitas tethering.

Fasilitas ini memungkinkan untuk menggunakan internet dari ponsel dalam bentuk wifi portabel. Walau ini menghemat banyak uang karena tidak perlu membeli modem khusus, cara  ini tidak begitu dianjurkan karena tethering memakan banyak tenaga dari ponsel pintar.

Selain itu, tethering menyebabkan ponsel cepat panas dan kecepatannya juga terbatas. Jadi ada baiknya jika berinvestasi dengan cara membeli modem.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.