Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Skor Kredit & Langkah Meningkatkan Serta Membangunnya

by Surtan Siahaan on 13 Juli, 2016

Di negara maju, skor kredit seseorang bisa sangat menentukan masa depan. Sebab, skor kredit yang baik akan memudahkan orang untuk mendapatkan pinjaman untuk membiayai pembelian rumah, mobil hingga pendidikan. Di Indonesia, skor kredit sendiri merupakan sistem yang dikembangkan Bank Indonesia untuk menilai performa kredit seseorang pada lembaga keuangan. Skor kredit yang dikenal di Indonesia sebagai Sistem Informasi Debitur (SID) menghimpun semua data kredit perorangan maupun badan usaha.

Dengan begitu fungsinya juga sangat penting. Sayangnya tak semua orang memahami skor kredit. Bahkan, seseorang yang memiliki kartu kredit sekalipun seringkali tak paham dengan hal ini. Bila kamu yang ingin membangun skor kredit tinggi, berikut 4 langkah yang mudah dilakukan:

Buat kartu kredit

Jika kamu sudah berusia 21 tahun, cobalah memiliki kartu kredit. Meskipun sebenarnya kamu tak membutuhkan kartu kredit, sebaiknya kamu memiliki satu. Sebab, instrumen kredit satu ini merupakan yang paling mudah untuk membangun skor kredit.

Sebab, SID tidak mengharuskanmu memiliki utang ketika memberikan rating kredit. Sepanjang rekam kreditmu menunjukkan tanggang jawab, baik itu bayar tagihan tepat waktu atau tak pernah berutang sekalipun, BI akan memberi penilaian tinggi. (Baca juga: Empat Jenis Warna yang Bisa Bikin Kamu Makin Hemat)

Bayar tagihan tepat waktu

Bila kamu membayar tagihan secara rutin dan tepat waktu, bank akan memberikan catatan khusus. Upayakan, membayar tagihan maksimal atau bagi pengguna kartu kredit bisa melunasi langsung tiap bulannya. Telat membayar tagihan dapat merusak skor kartu kredit.

Sekadar informasi, skor kredit adalah angka yang diberikan untuk setiap individual dan digunakan oleh para kreditur untuk menentukan kemampuan membayar. Semakin tinggi skor semakin kredibel kamu di mata pemberi kredit.

Tambah kartu kredit

Bukan ide yang baik menambah kartu kredit yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Tapi, setelah satu tahun lebih kamu berhasil menggunakan kartu kredit secara bertanggungjawab, bisa jadi menambah kartu kredit adalah pilihan yang baik.

Selain berpotensi mendapatkan reward, menambah kartu kredit bisa saja meningkatkan jumlah informasi laporan kreditmu setiap bulannya. (Baca juga: Apakah Bantuan Uang dari Orang Tua untuk DP Rumah Dikenakan Pajak? Ini Penjelasannya)

Jangan buka tutup kartu kredit

Berganti-ganti kartu kredit ternyata juga bisa berdampak pada skor kreditmu. Biasanya kegemaran berganti-ganti kartu kredit karena seseorang tertarik dengan promo yang ditawarkan kartu kredit baru namun khawatir boros jika memiliki kartu kredit terlalu banyak. Cobalah untuk loyal pada hanya satu atau dua bank.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami