Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Langkah Mudah Perbaiki Postur Tubuh dan Sakit Pinggang

by Rafly Aditia on 5 November, 2016

olahraga diet _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Memiliki postur tubuh yang baik memang keinginan semua orang. Namun, tidak semua orang mau berusaha dengan keras untuk hal tersebut. Sering bermalas-malasan dan jarang berolahraga membuat dirimu memiliki postur tubuh yang kurang menarik, bahkan menyebabkan risiko mudah terserang sakit pinggang.

Karena jarang berolahraga, ketika melakukan aktivitas berat pinggangmu bisa langsung sakit. Mau memperbaiki postur tubuh sekaligus menyembuhkan sakit pinggang? Lakukan langkah berikut ini:

Pemanasan dulu setiap akan olahraga

Salah satu penyebab sakit pinggang ketika habis berolahraga adalah tidak melakukan pemanasan. Tubuh perlu menyesuaikan kondisinya untuk melakukan aktivitas berat dan berintensitas tinggi seperti olaharga. Maka dari itu kamu perlu melakukan pemanasan agar otot, terutama otot pinggang tidak kaget. Dengan melakukan pemanasan setiap kali berolahraga, sakit pinggang yang biasa menghantuimu bakal menghilang.

(Baca juga: Alasan Lampung Cocok untuk Habiskan Akhir Pekanmu)

Duduk dengan benar saat bekerja

Ketika kamu bekerja di kantor, matamu bakal terpaku ke layar dan duduk hingga berjam-jam lamanya. Posisi duduk yang salah bisa menjadi penyebab sakit pinggang. Bahkan postur tubuh bisa berubah seperti menjadi bungkuk. Berikut ini tipsnya:

  1. Duduk tegak, punggung lurus dan bahu ke belakang
  2. Tekuk lutut pada sudut yang benar
  3. Jangan menyilangkan kaki
  4. Letakkan kursi dekat dengan meja
  5. Jangan memelintir punggung
  6. Sesekali istirahatkan lengan dan siku
Selaraskan tubuh dan pikiran

Seorang ahli dari Harvard Medical School di Boston, F. Bean, mengungkapkan bahwa sangat penting bagi kamu untuk meregangkan tubuh dan pikiran dalam kondisi yang benar secara bersamaan. Karena itu, beberapa olahraga seperti yoga cocok dilakukan demi mendapatkan postur tubuh yang baik sekaligus menghilangkan nyeri di pinggang.

Atau mungkin kamu bisa bermeditasi, tetap jaga punggung bahu dan lehermu dalam satu garis lurus saat duduk bersila. Pengaturan pernafasan saat meditasi dan yoga juga membuat tubuhmu dapat meregang dengan baik dan benar. Hal tersebut lah yang bakal bedampak positif terhadap postur tubuhmu.

(Baca juga: Deretan Film Indonesia yang Bikin Kamu Sadar Kalau Indonesia itu Indah)

Meditasi atau melakukan yoga secara rutin bakal berdampak sangat baik untuk kesehatan tubuh dan penampilanmu apabila dilakukan dengan benar.

Butuh asuransi kesehatan yang diterima ratusan rumah sakit berkualitas? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami