Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Lapar Mata Saat Buka Puasa Bisa Bikin Boros, Ini Trik Menghindarinya

by Tisyrin N. T on 13 Juni, 2017

tips puasa _ kartu kredit - CekAja.com

Melaksanakan ibadah puasa artinya menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.

Saat tiba waktu untuk buka puasa, tak jarang orang lapar mata sehingga terdorong untuk memasak atau memborong banyak sekali makanan berbuka puasa. Nah, agar tak lapar mata. Simak tipsnya berikut ini.

Perbanyak kegiatan saat puasa

Sembari menjalani ibadah puasa, sebaiknya tetap menjalankan aktivitas seperti biasa. Selain bekerja, kamu bisa menambahnya dengan aktivitas lain yang bermanfaat misalnya membaca buku dan ikut kegiatan sosial.

Dengan adanya aktivitas-aktivitas tersebut, pikiran tidak akan mudah tergoda untuk membayangkan makanan atau minuman. Kita juga akan merasakan waktu cepat sekali berjalan, hingga tiba-tiba adzan Magrib telah berkumandang.

Utamakan ibadah

Selain aktivitas duniawi, selingi dengan memperbanyak dan memperbaiki ibadah. Misalnya, tambahkan amalan-amalan sunnah untuk mengumpulkan pahala. Atau, perbaiki ibadah sholat wajib dengan  cara melaksanakannya tepat waktu dan berjamaah.

Jangan buka unggahan soal makanan

Membuka gambar makanan akan membuat orang yang berpuasa mudah tergoda untuk makan. Tahan diri untuk tidak terhanyut dalam berbagai gambar makanan. Ingat ini bulan puasa di mana umat yang berpuasa wajib menahan diri dari segala macam nafsu, termasuk nafsu untuk mengonsumsi.

Bawa uang secukupnya

Bawa uang secukupnya ketika akan membeli makanan. Ini akan membantu mengerem keinginan membeli banyak makanan. Hitung etimasi uang yang dibutuhkan untuk membeli makanan. Sebelum pergi, tentukan juga makanan apa yang ingin dibeli agar mudah menghituh estimasinya. Bawa juga kartu kredit untuk menghemat pengeluaran dengan memanfaatkan diskon kartu kredit.

Siapkan sendiri

Memasak sendiri  akan memudahkan kita menghadirkan sajian sesuai bujet. Selain itu, kita dan keluarga tak perlu keluar rumah. Saat bulan Ramadhan, di luar rumah, tentu banyak sekali godaan makanan bermacam-macam.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami