Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Laptop VS Desktop, Mana Lebih Cocok untuk Karyawan Kantoran?

by Rafly Aditia on 1 Maret, 2017

laptop dan desktop_kartu kredit - CekAja.com

Perdebatan mengenai laptop atau desktop sebagai perangkat terbaik untuk karyawan kantor memang tak kunjung usai. Namun kalau dilihat secara objektif, kamu bisa menentukan mana yang lebih baik.

Perlu kamu ketahui, penjualan Laptop belakangan lebih unggul dibandingkan PC. Pada tahun 2016 saja, statista mengungkapkan bahwa penjualan laptop di seluruh dunia mencapai 154,7 juta unit atau lebih unggul 51,2 juta unit dibandingkan dengan penjualan desktop yang hanya sekitar 103,5 juta unit.

Nah, bagi kamu yang merasa karyawan kantoran. Kira-kira mana sih yang lebih cocok, laptop atau desktop? Yuk, kita cari tahu demi perkembangan karier ke depan!

Keamanan

Perlu kamu ketahui, kebanyakan pakar IT setuju bahwa desktop memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi karena mudah untuk diatur. Contoh simpelnya, kalau kamu sering memakai laptop maka biasanya menggunakan fasilitas wifi publik adalah hal yang kerap dilakukan.

Padahal penggunaan wifi publik bisa dibilang cukup berisiko, bisa saja kamu mengalami pencurian data atau laptopmu terinfeksi berbagai macam virus merugikan.

Harga

Untuk urusan harga, bisa dibilang laptop lebih mahal? Bukan hanya harga pembelian awal yang lebih mahal, tetapi juga karena dalam waktu sekitar 3 tahun atau lebih laptop akan mengalami berbagai macam masalah seperti masalah overheat, atau misalnya kebutuhan tambahan untuk hard disk eksternal, dan sebagainya. Sehingga kamu membutuhkan biaya tambahan.

Namun, kalau kamu menggunakan desktop hal tersebut tidak perlu dilakukan apabila baru sekitar 3-5 tahun. Karena biasanya PC atau desktop memiliki hardware yang lebih awet dan kapasitasnya lebih besar apabila menggunakan budget yang sama untuk membeli laptop masa kini.

Fleksibilitas

Tentunya fleksibilitas adalah kelebihan yang dimiliki laptop, dengan laptop kamu bisa bekerja di manapun dan kapanpun kamu mau. Desainnya yang kecil dan simpel membuatmu bisa membawa laptop kemana saja.

Terutama untukmu yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan kamu sering melakukan perjalanan dinas atau meeting di luar kantor, laptop merupakan hal yang wajib kamu miliki. Sementara desktop tidak bisa dibawa kemana-mana. Jadi lebih cocok untuk kamu yang menghabiskan lebih banyak waktu bekerja di kantor dan tidak terlalu sering berpergian.

Tergantung pekerjaan

Apabila pekerjaanmu membutuhkan waktu berlama-lama untuk menyelesaikannya dan juga butuh komponen kelas wahid, sepertinya desktop lebih cocok dibandingkan laptop. Karena apabila laptop dipakai untuk pekerjaan berat dan dalam waktu yang lama maka performanya gampang menurun.

Misal kamu memiliki pekerjaan sampingan sebagai video editor, programmer dan berbagai pekerjaan yang membutuhkan komponen kelas wahid maka desktop lebih cocok dijadikan pilihan. Sementara, laptop lebih cocok untukmu yang melakukan pekerjaan-pekerjaan kasual apalagi kalau sering berpergian.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami