8 Layanan Penyimpanan Foto Terbaik Online dan Gratis

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Menyimpan foto sering membuat memori di gadget jadi penuh. Gunakan layanan penyimpanan foto terbaik untuk menyimpan foto lebih banyak secara online. Kamu bisa memilikinya secara gratis. Berikut informasi selengkapnya!

Di tengah kemajuan teknologi seperti saat ini, berbagai gadget mulai dari komputer, laptop, tablet, hingga smartphone kini dibekali dengan kamera.

Tak heran jika berbagai momen atau peristiwa berarti juga makin mudah diabadikan, terutama dalam bentuk foto.

Keterbiasaan mengambil banyak foto terkadang membuat memori di gadget menjadi penuh. Akibatnya, pengoperasian gadget yang digunakan pun terganggu.

Maka dari itu, kamu disarankan rutin membersihkan ruang memori dengan menghapus beberapa data, termasuk data foto yang dirasa tidak terlalu penting untuk disimpan.

Jika kamu kesulitan memilih data foto yang hendak dihapus, ada baiknya kamu menggunakan layanan penyimpanan foto terbaik.

Keunggulan Layanan Penyimpanan Foto

Ada berbagai aplikasi dan situs online yang bisa menjadi pilihan untuk menyimpan foto. Tak hanya menyediakan layanan penyimpanan foto terbaik, ada juga keunggulan lain. Di antaranya sebagai berikut:

Menambah ruang penyimpanan gadget

Keunggulan pertama dari layanan penyimpanan foto terbaik tentu saja membantu menambah ruang penyimpanan gadget yang penuh.

Data foto biasanya sangat memakan memori. Jadi, jika bisa dikurangi lewat layanan penyimpanan foto, maka ruang memori yang tersisa pun akan lebih banyak.

Kamupun bisa lebih leluasa mengoperasikan gadget yang dimiliki.

Mudah diakses

Layanan penyimpanan foto terbaik sangat mudah diakses kapan saja dan dimana saja, selama kamu terhubung dengan akses internet.

Jika zaman dulu kita mengimpan foto di album fisik, maka kini penyimpanan online lebih aman dan dijamin tidak membuat file foto rusak.

Menyediakan fitur canggih

Selain menyimpan foto, ada pula sederet fitur tambahan canggih yang memudahkanmu. Misalnya fitur simpan otomatis (auto save), fitur penyimpanan cadangan (back up), dan masih banyak lagi lainnya.

(Baca Juga: Daftar Aplikasi Kamera Android Terbaik, Bikin Hasil Foto Makin Ciamik!)

Layanan Penyimpanan Foto Terbaik

Berikut ini daftar layanan penyimpanan foto terbaik yang direkomendasikan untukmu.

1. Google Photos

Layanan penyimpanan foto terbaik yang pertama adalah Google Photos yang sudah dikenal banyak pengguna.

Setiap satu akun Google yang terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya seperti Google Mail dan Google Drive akan mendapat jatah space atau memori penyimpanan sebesar 15 GB.

Kamu bisa menyimpan foto dalam dua pilihan kualitas, yakni High Quality dan Original Quality.

Sedangkan fitur tambahan lain yang tersedia di antaranya fitur Visual Search, Movies and Gifs, Advanced Editing, Smart Automatic Albums, Live Albums, Shared Libraries, dan Rediscover.

Untuk menambah jatah space hingga 100 GB, kamu bisa membayar fitur langganan dengan tariff USD2 atau sekitar Rp28.000 per bulan.

2. Google Drive

Masih merupakan layanan penyimpanan foto terbaik dari Google, kamu bisa menggunakan Google Drive untuk menyimpan foto.

Jatah space yang disediakan pun masih sama, yakni sebesar 15 GB untuk akun gratis dan 100 GB untuk akun yang membayar biaya langganan bulanan.

Yang membedakan dari Google Drive dengan Google Photos adalah, di Google Drive tidak tersedia fitur edit foto atau pembuatan album.

Jadi, kamu hanya bisa menyimpan data foto dan membuat album secara manual.

Namun, hal ini juga menjadi kelebihan Google Drive karena penggunaannya yang praktis dan desain situs atau aplikasinya sangat sederhana, tidak membingungkan pengguna.

3. iCloud

iCloud adalah layanan penyimpanan foto terbaik untuk pengguna gadget berbasis iOS. Setiap pengguna akan mendapat jatah space 5 GB untuk menyimpan foto, video, kontak nomor, dan lain-lain.

Untuk mendapat jatah space tambahan hingga 2 TB, kamu harus membayar biaya langganan sebesar USD10 atau sekitar Rp140.000 per bulan.

Keunggulan dari layanan iCloud adalah kamu bisa mendapatkan pemulihan penyimpanan data, sekalipun gadget yang dimiliki mengalami kerusakan atau bahkan hilang.

Caranya cukup dengan log in dengan akun iCloud-mu, maka semua data akan otomatis tersimpan kembali.

4. Dropbox

Kalau layanan penyimpanan foto terbaik yang satu ini mirip dengan Google Drive, dimana kamu bisa menyimpan berbagai data dan membuat album sendiri dengan mudah.

Semua data tersebut juga bisa kamu pilih secara khusus dan membagikannya ke orang lain, sekalipun mereka tidak memiliki akun Dropbox.

Akan ada jatah space yang diterima pengguna, tetapi jika kamu bersedia membayar biaya member khusus Dropbox Plus dan Dropbox Professional, maka kamu akan mendapat space hingga 2 TB dan 3 TB.

Untuk space tambahan ini, tersedia pula program free trial selama 30 hari yang bisa kamu coba.

5. OneDrive

Microsoft juga memiliki layanan penyimpanan foto terbaik bernama OneDrive.

Di sini, kamu bisa menyimpan data foto cadangan (back up) mulai dari 5 GB untuk akun gratis, dan 1 TB untuk akun langganan dengan tarif mulai dari USD7 atau Rp98.000 per bulan.

Fitur canggih yang tersedia antara lain otomatis menyimpan data foto dan video dari galeri, fitur berbagi data ke orang lain, serta fitur keamanan dengan verifikasi identitas.

6. Amazon Photos

Amazon Photos juga masuk ke dalam daftar layanan penyimpanan foto terbaik karena memiliki keunggulan yang berbeda dari yang lainnya.

Setiap akun akan mendapat jatah space sebesar 5 GB untuk menyimpan foto dan video.

Sedangkan untuk akun Prime yang membayar biaya langganan diberikan kebebasan menyimpan data foto resolusi penuh tanpa batas space memori alias unlimited, serta 5 GB penyimpanan video.

Fitur yang tersedia antara lain penyimpanan dan back up foto otomatis, pencarian foto dengan kata kunci, dan akses foto dari perangkat yang terhubung.

(Baca Juga: 7 Situs Edit Foto Online Terbaik, Bikin Makin Aesthetic!)

7. Mega

Selanjutnya, ada Mega yang merupakan layanan penyimpanan foto terbaik yang diproduksi oleh Mega Limited.

Data foto dan video dari setiap perangkat gadget yang tersambung dengan Mega akan secara otomatis tersimpan dan ter-back up.

Selain foto dan video, Mega juga bisa menyimpan data lainnya dari perangkatmu. Seperti data chat, data dokumen, dan data audio.

Pengelolaan data yang tersimpan juga bebas kamu atur sendiri. Mulai dari membuat album penyimpanan, menghapus data, membuka data, mengunduh data, dan lain sebagainya.

Setiap pengguna mendapat jatah space memori yang cukup besar yakni 50 GB. Sedangkan untuk akun langganan bisa mendapat space hingga 16 TB dengan tarif mulai dari Rp100.000 per bulan.

8. Flickr

Flickr sebenarnya merupakan perpaduan antara aplikasi media sosial dan aplikasi edit foto serta video yang sudah dikenal oleh banyak pengguna, khususnya mereka yang mencintai dunia fotografi.

Namun begitu, Flickr juga memberikan layanan penyimpanan foto terbaik. Kamu bisa memindahkan penyimpanan foto, kemudian mengeditnya, serta membagikan ke profil diri sendiri atau ke orang lain.

Tidak ada batasan space memori untuk menyimpan foto di Flickr. Kamu juga bisa mengatur foto berdasarkan album yang kamu ingin buat.

Namun, untuk menyimpan foto dengan kualitas yang sama dengan yang ada di gadget-mu, pastikan kamu memilih pengaturan ukuran dan kualitas foto original seperti aslinya.

Jika tidak, bisa jadi hasil foto yang terekspor dan tersimpan di Flickr akan mengalami pengurangan ukuran alias ter-compress.

Aplikasi setipe dengan Flickr yang tak kalah populer lainnya yakni VSCO.

Itulah beberapa layanan penyimpanan foto terbaik yang direkomendasikan. Mana yang akan menjadi pilihanmu?

Bayar biaya langganan berbagai aplikasi online kini makin mudah dengan kartu kredit cicilan ringan yang bisa diajukan di CekAja.com!

Di CekAja.com, tersedia pilihan kartu kredit dari berbagai bank yang bisa kamu ajukan sesuai dengan kebutuhan.

Sistem perbandingan canggih akan membantumu memilih kartu kredit terbaik, dan proses pengajuan hanya memerlukan pengisian formulir saja.

Enggak usah khawatir soal kualitas pelayanan, sebab segala transaksi yang dilakukan di CekAja.com dijamin terpercaya karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yuk, cek rekomendasi kartu kredit yang cocok untuk kebutuhan dan profil finansialmu. Ajukan kartu kredit secara mudah lewat CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah