Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Lebaran, Saat Tepat Mengajak Anak Anda Bisa Menabung

by JTO on 7 Juli, 2015

Setiap anak pasti menyambut gembira perayaan Lebaran. Selain bisa berkumpul bersama keluarga, mereka juga kegirangan luar biasa karena biasanya inilah kesempatan mereka mendapat banyak uang. Biasanya orangtua, kakek, nenek, paman, bibi, dan kerabat keluarga lainnya akan memberikan ‘salam tempel’ pada mereka.

Tidak sedikit jumlah uang yang biasanya mereka dapatkan. Nah, inilah salah satu kesempatan Anda untuk mengajarkan anak-anak bagaimana mengelola uang dengan baik. Biasanya anak sudah tak sabar ingin menghabiskan uang yang mereka dapatkan untuk memenuhi hasrat mereka membeli barang idaman. Bisa berupa mainan, gadget, atau baju-baju.

Padahal, jika anak-anak sudah belajar mengelola uang dengan lebih baik, mereka akan lebih menghargai uang yang mereka dapatkan di kemudian hari. Salah satunya adalah dengan memperkenalkan bagaimana cara menabung atau menginvestasikan uang sejak dini. Ada dua cara yang bisa dilakukan sebagai berikut.

1. Menabung di Bank

Inilah momen yang sangat tepat dimanfaatkan untuk mengajak anak Anda yang sudah memasuki usia sekolah dasar atau lebih untuk memulai pengalaman menabung. Uang ‘salam tempel’ bisa disisihkan untuk menjadi tabungan pertama anak Anda di bank. Kehadiran produk tabungan khusus dari bank juga bisa dimanfaatkan untuk semakin meyakinkan anak-anak menabung di bank. Biasanya akan ada hadiah merchandise menarik untuk mereka yang akan diberikan saat menabung di bank tersebut.

(Baca Juga: Untung Rugi Menabung di Bank)

Untuk anak-anak yang sudah beranjak remaja atau lebih, Anda bisa memulai mengajarkan mereka untuk memiliki deposito. Dari uang Lebaran yang terkumpul, sebagian bisa disisihkan untuk masuk dalam satu tabungan deposito anak Anda. Untuk menarik minat mereka, Anda bisa menggali tujuan mereka membuat tabungan deposito. Misalnya untuk tambahan biaya kuliah atau untuk membeli gadget.

2. Investasi Emas

Ini bisa menjadi pilihan juga mengingat biasanya uang ‘salam tempel’ Lebaran jumlahnya tidak sedikit. Anda bisa memberikan pengertian pentingnya memiliki simpanan dalam bentuk apa pun termasuk tabungan atau investasi lainnya seperti emas. Masyarakat Indonesia umumnya sudah menjadikan emas sebagai salah satu bentuk investasi jangka panjang.

(Baca Juga: 6 Film yang Ajarkan Anda Hindari Bangkrut di Usia Muda)

Ketika Anda juga sudah memilih bentuk investasi ini, akan lebih mudah bagi anak-anak untuk mencontoh kebiasaan Anda. Salah satu pemicu semangat mereka untuk melakukan investasi ini misalnya keinginan untuk membayar biaya kuliah sendiri. Satu bentuk investasi emas yang bisa dipilih lainnya adalah membeli emas dalam bentuk perhiasaan. Namun, tentu nilai jualnya tidak akan menjanjikan.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.