Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Lebih Mudah, Begini Cara Bikin Paspor Via Whatsapp

by Tisyrin N. T on 4 Oktober, 2017

hobi traveling _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Pelayanan paspor online di Indonesia saat ini sedang tidak dapat diakses untuk sementara waktu. Namun, tenang saja, kita masih bisa mempersingkat waktu dengan memanfaatkan layanan pendaftaran lewat Whatsapp.

Paspor adalah dokumen yang dikeluarkan suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berfungsi untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Berdasarkan informasi resmi, layanan paspor online Indonesia tak bisa diakses karena adanya peremajaan perangkat dan pengembangan sistem. Selain itu, terdapat pemindahan data dari database lama ke yang  baru.

Kantor Imigrasi tetap memberikan layanan penerbitan paspor dengan cara walk-in, artinya pemohon mendatangi Kantor Imigrasi dengan membawa dokumen yang diperlukan. Lebih jelas, bisa disimak di artikel  CekAja berjudul “langkah membuat paspor elektronik dan syaratnya.”

Namun, proses pembuatan paspor dengan cara walk-in seringkali memakan waktu karena harus mengantri dalam waktu lama. Untungnya, telah ada pendaftaran lainnya yaitu melalui Whatsapp yang mempermudah kita sebagai alternatif berhentinya layanan passport online Indonesia.

Namun, bukan berarti hanya dengan mengirim Whatsapp maka paspor akan langsung jadi dan dapat digunakan. Fungsi mendaftar via layanan chat ini adalah untuk mendapatkan nomor antrian sehingga akan ada kejelasan waktu pelayanan ketika sampai di kantor imigrasi. Dengan begitu, kita tak perlu membuang banyak waktu karena terlalu lama menunggu.

Berdasarkan pemberitaan yang ada, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM melayani layanan antrian pendaftaran paspor lewat Whatsapp sejak 7 Agustus 2017. Layanan dapat digunakan untuk 26 Kantor Imigrasi di Indonesia antara lain Jabodetabek, Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

Cara daftar paspor via Whatsapp

Whatsapp merupakan layanan pesan instan yang terbilang paling digandrungi saat ini oleh masyarakat Indonesia. Penggunanya telah mencapai satu miliar per hari. Berikut ini cara mendapatkan nomor antrian pembuatan paspor:

1. Ketahui nomor kantor imigrasi setempat

Kantor imigrasi yang menerima pendaftaran lewat Whatsapp memiliki nomor yang berbeda untuk masing-masing daerah. Carilah informasi terlebih dahulu berapa nomor Whatsapp kantor imigrasi setempat. Berikut ini beberapa nomor yang dapat diakses :

Imigrasi Bogor : 08 1111 00 333

Imigrasi Jakarta Pusat : 0812 9900 4406

Imigrasi Batam : 0822 8886 2017 atau 0822 8882 2017

2. Mengirim pesan dengan format tertentu

Untuk melakukan pendaftaran, kirimkan data diri dengan mengetik #NAMA#TANGGAL LAHIR#TANGGAL KEDATANGAN ke nomor Kantor Imigrasi.  Contoh #Sutono#25011987#07082017.

Khusus untuk mengurus paspor di Imigrasi Kelas l Khusus Batam formatnya adalah NAMA#TANGGAL LAHIR#ALAMAT + Foto e-ktp.

3. Reply jawaban untuk mendapatkan antrian

Setelah pesan sesuai format terkirim, akan terdapat balasan berupa kode booking. Balas pesan tersebut untuk mendapatkan nomor antrian, dan sekaligus jadwal untuk mendatangi kantor imigrasi.

4. Datang lebih cepat

Apabila sudah mendapatkan jadwal, datanglah setidaknya 30 menit sebelum jadwal yang ditentukan. Apabila pemohon datang terlambat maka kode booking akan hangus. Jika hangus, maka harus mendaftar ulang. Bawalah  berkas asli dan fotokopi yang diperlukan. Selain itu, siapkan juga materai.

5. Datang ke Loket Pra Permohonan

Di kantor imigrasi, datanglah ke Loket Pra Permohonan, di sana akan dilakukan pengecekan kelengkapan dokumen.

6. Mengisi formulir

Nantinya pemohon akan diberi formulir untuk dan menunggu untuk proses wawancara.

7. Dokumen yang diperlukan untuk mengurus paspor
  • Akte kelahiran asli dan fotokopi ( atau sertakan buku nikah dan ijazah SD/SMP/SMA yang asli beserta fotokopi
  • Kartu Keluarga asli dan fotokopi
  • KTP ( Kartu Tanda Penduduk ) asli beserta fotokopio
  • Formulir permohonan (tersedia di kantor imigrasi )
  • Buku nikah orang tua (jika anak ikut )
  • Paspor orang tua ( jika anak ikut )
  • Materai

Widget TRV Insurance

Manfaat melakukan pendaftaran paspor via Whatsapp

Apabila kita sedang membutuhkan paspor dan harus mengurusnya ke Kantor Imigrasi, bisa jadi timbul rasa malas karena harus mengantri dalam waktu lama dan mengorbankan waktu. Dengan adanya layanan pendaftaran passport online Indonesia (yang sementara sedang tutup) dan pendaftaran via Whatsapp, membuat paspor pun semakin mudah.

Bagi yang mendaftar lewat Whatsapp, akan mendapatkan kepastian waktu dan layanan, sehingga tak perlu menunggu terlalu lama. Kita bisa datang sesuai waktu yang sudah dijadwalkan.

Layanan pendaftaran lewat Whatsapp juga akan mencegah adanya calo, mengingat pendaftar harus menggunakan nomor pribadi. Selanjutnya ketika tiba ke kantor imigrasi, harus memperlihatkan kode booking.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami