Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Lewat Ponsel, Cek Tagihan BPJS Kesehatan Lebih Mudah

by lhmdi on 3 September, 2017

biaya kredit rumah _ KPR - CekAja.com

Kita tentunya sudah cukup sering mendengar layanan BPJS Kesehatan.Layanan ini dibuat untuk menjamin kesehatan masyarakat dalam beraktifitas sehari-hari.

Bahkan sekarang, berbagai kemudahan seperti cek tagihan BPJS Kesehatan pun dikenalkan kepada masyarakat, dan salah satunya adalah melalui layanan online.

Bagi yang masih asing dengan BPJS Kesehatan, layanan ini dulunya bernama Asuransi Kesehatan atau dikenal dengan singkatan Askes.

Setelah berganti menjadi BPJS Kesehatan, pemerintah ingin memaksimalkan keinginan masyarakat untuk mendapatkan perlindungan maksimal hingga meningkatkan kualitas hidup mereka.

Sebagai contoh, jika masyarakat yang terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan, dan kemudian mengalami musibah seperti berada dalam kondisi sakit, dapat memaksimalkan BPJS Kesehatan untuk proses perawatan.

(Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Bukan Hanya Sekadar Proteksi)

Untuk mendapatkan fungsi dari layanan ini, masyarakat tentunya harus mendaftar terlebih dahulu. Melalui situs resmi BPJS Kesehatan, setiap masyarakat bisa ikut bergabung.

Setelah mengakses situs resmi BPJS Kesehatan, terdapat formulir pendaftaran online yaitu, Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja.

Pekerja bukan peenerima upah merupakan masyarakat yang bekerja dengan usaha sendiri dan risiko sendiri.

Sementara itu, untuk bukan pekerja merupakan  merupakan layanan BPJS Kesehatan yang diperuntukkan bagi bukan penerima upah.  Misalnya, investor, kelompok pemberi kerja, penerima pensiun swasta, hingga penerima pensiun dari perusahaan swasta.

Diantara dua pilihan ini, tentunya bisa disesuaikan berdasarkan status seorang masyarakat saat ini, apakah tergabung dengan Pekerja bukan penerima upah atau bukan pekerja.

Setelah memilih, pastikan untuk menyetujui bahwa kita sepakat untuk mendaftakan diri beserta anggota keluarga. Setelah itu, lanjutkan dengan mengisi kolom nomor kartu keluarga, menuliskan kembali kode keamanan, dan klik “Inquery Kartu Keluarga.”

Selanjutnya masyarakat bisa mengisi formulir identitas, alamat dan fasilitas kesehatan. Berikutnya, dilanjutkan dengan memilih kelas perawatan, isi nomor rekening dan email (surat elektronik).

Saat memilih kelas perawatan inilah nantinya yang disesuaikan dengan kemamuan bayar kita. Di laman ini BPJS Kesehatan menawarkan layanan kesehatan Kelas I dengan biaya Rp 80.000 per bulan, berhak menempati kamar rawat inap kelas 1 yang diisi sekitar dua hingga empat pasien.

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin menikmati layanan Kelas II Rp 51.000 per bulan, berhak menempati kamar rawat inap kelas 2 bersamaan dengan tiga hingga lima pasien.

Bagi masyarakat yang memilih layanan Kelas III Rp 25.500 per bulan, berhak menempati kamar rawat inap kelas 3 yang diisi empa thingga enam pasien.

Lanjutkan dengan memilih nama bank, mengisi nomor rekening dan pemilik rekening sesuai yang sesuai dengan rekening bank yang dimiliki. Lanjutkan dengan mengisi nomor ponsel yang aktif dan mengonfirmasi email.

Setelah selesai dan mengklik “kirim email”, kita bisa mengecek email pribadi yang digunakan untuk mendapatkan virtual account. Setelah mendapatkan virtual account, kita sudah mulai bisa mengikuti pembayaran dan menikmati layanan BPJS Kesehatan.

Gunakan Aplikasi, Cek Tagihan BPJS Jadi Lebih Mudah

beli reksadana online _ investasi - CekAja.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pemerintah terus bekerja memberikan berbagai macam kemudahan bagi masyarakat yang menggunakan BPJS Kesehatan.

Salah satunya adalah bagaimana cara cek tagihan BPJS kesehatan. Setelah melalui situs resmi BPJS, masyarakat kini juga bisa melakukan cek tagihan dengan menggunakan aplikasi.

(Baca juga: Kerja Puluhan Tahun, Sudah Cek Saldo Jamsostek Belum?)

Aplikasi ini bisa digunakan bagi masyarakat yang memiliki ponsel pintar dengan sistem operasi Android dan iOS.

Proses penggunaannya pun hampir sama saat akan menggunakan versi situs BPJS. Namun, terdapat beberapa perbedaan, khususnya dari fitur-fitur aplikasi BPJS Kesehatan.

Selain cek tagihan BPJS Kesehatan bisa menggunakan beberapa fitur seperti Data kepesertaan, pencarian data berdasarkan nomor kartu, dan fasilitas kesehatan terdekat sesuai dengan domisili pengguna.

Selanjutnya, masyarakat juga bisa menikmati fitur iuran, yaitu untuk cek tagihan BPJS, melakukan simulasi, dan fasilitas live chat dengan operator, sehingga masyarakat bisa bertanya langsung dengan operator dari BPJS Kesehatan.

Tidak hanya itu, aplikasi yang juga masih dalam taraf perbaikan setiap waktunya ini dapat menikmati fitur skrining riwayat kesehatan secara realtime, cek Virtual Account, hingga mengubah data peserta.

Hal yang paling menyenangkan dari aplikasi ini adalah, BPJS Kesehatan menampilkan data catatan pembayaran dengan lengkap, sehingga memudahkan masyarakat apakah mereka masih memiliki pembayaran yang ditunggak atau sudah lunas.

Pilihan Alternatif Jika Gagal Cek Tagihan BPJS Lewat Aplikasi
  1. Gunakan layanan SMS

Selain aplikasi, cara cek tagihan BPJS Kesehatan berikut adalah dengan menggunakan layanan SMS atau pesan singkat.

Layanan yang diberi nama SMS Gatewah ini bisa diakses dengan mengirimkan permintaah akan layanan melalui nomor 0877 5500 400.

Melalui layanan pesan singkat ini, masyarakat dapat melihat jumlah tagihan bulanan yang akan dibayarkan hingga jumlah denda yang mesti dibayarkan jika masyarakat terus menunda-nunda pembayaran BPJS Kesehatan.

Semua informasi tadi bisa didapatkan dengan memasukkan data seperti Nomor Induk Kependudukan, Nomor Kartu BPJS, hingga nomor induk pegawai yang dimiliki.

Nah, untuk cek tagihan, kita bisa pilih salah satunya. Misalnya, jika ingin cek tagihan BPJS menggunakan nomor kartu BPJS, maka bisa mengirimkan SMS dengan format berikut ini:

Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS dan kirim ke 087775500400. Secara otomatis BPJS akan membalas pesan yang tadi dikirimkan dan menampilkan informasi tentang semua data tagihan yang dibebankan. Mudahkan, mengecek snediri tagihan BPJS Kesehatan?

  1. Pastikan memiliki koneksi internet dan update aplikasi secara rutin

Aplikasi BPJS Kesehatan ini sendiri masih dalam tahap pengembangan, artinya masih memiliki banyak kekurangan, seperti masih gagal dalam proses login. Oleh karena itu, penting untuk selalu update aplikasi BPJS Kesehatan yang kita miliki.

(Baca juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Asuransi Selain BPJS)

Update ini biasanya akan membawa proses pembaruan yang cukup siginifikan. Selain itu, aplikasi ini membutuhkan koneksi internet untuk bisa memeriksa tagihan.

Jadi, ketika akan menggunakan aplikasi ini, pastikan untuk ketersedian koneksi internet kita bisa digunakan.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.