Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Libur Lebaran 2018 Bertambah, Cek 8 Tempat Wisata Baru Ini!

by Tisyrin N. T on 19 April, 2018

atur keuangan orang tua - CekAja.com

Anda boleh girang karena pemerintah telah resmi menambah jumlah cuti bersama lebaran tahun ini. Dengan jumlah cuti bersama yang bertambah, artinya libur lebaran akan terasa lebih panjang. Anda bisa mulai menyesuaikan rencana Anda untuk mengisi liburan.

Hari Raya Idul Fitri 1439 H jatuh pada 14 dan 15 Juni 2018.  Sebelumnya, cuti bersama lebaran berdasarkan keputusan lama hanya berlangsung pada 13, 14, 18 dan 19 Juni 2018. Sementara 15-16 Juni 2018 merupakan hari libur nasional. Berdasarkan keputusan yang baru, cuti tambahan diberikan pada tanggal 11-12 Juni 2018 dan 20 Juni 2018. Penambahan cuti lebaran tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri tentang libur nasional dan cuti bersama tahun 2018 dan 2019.

Lalu, bagaimana rencana Anda mengisi libur lebaran? Selain silaturahmi, berwisata bersama keluarga seringkali jadi pilihan untuk mengisi libur lebaran. Jika Anda bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja, cek 8 tempat wisata terbaru ramah keluarga di bawah ini.

The Ranch Cisarua

Kawasan Puncak adalah salah satu destinasi favorit warga Jakarta dan sekitarnya, termasuk saat libur lebaran. Nah, jika Anda dan keluarga sudah bolak-balik ke Puncak dan mulai merasa bosan degan destinasi wisata yang itu-itu saja, manfaatkan libur lebaran kali ini untuk mengunjungi tempat wisata yang baru dibuka tahun 2017 lalu yaitu The Ranch Cisarua.

The Ranch Cisarua berada di Jalan Raya Puncak-Cianjur, Cisarua. Mendengar namanya, tentu Anda langsung teringat dengan  De’ Ranch Lembang. Seperti halnya De’ Ranch Lembang, The Ranch Cisarua juga menghadirkan wahana berkuda.

The Ranch Cisarua mengangkat konsep bangunan dengan arsitektur Eropa. Anda juga akan menjumpai taman dan bunga warna-warni. Anda dan keluarga juga akan  menemui banyak hal lain yang seru antara lain jembatan dongeng dan rumah kelinci. Harga tiket masuk ke tempat ini Rp20.000 per orang. Sementara untuk permainan, tarifnya di kisaran Rp20.000-Rp25.000. (Baca juga: Ini Cara Siasati Aturan Ganjil Genap Agar Finansial Sehat)

Small Word Purwokerto

Jika Anda mudik ke Purwokerto dan sekitarnya, Anda bisa mengajak keluarga mampir ke Small Word Purwokerto. Seperti namanya, tempat wisata yang satu ini menyajikan miniatur tempat-tempat terkenal dari berbagai negara di dunia.

Anda dapat mengajak anak-anak melihat Big Ben, Menara Eiffel, patung Merlion, hingga Colosseum. Tak hanya bangunan yang menjadi ciri khas negara lain, Small World Purwokerto juga menghadirkan miniatur rumah tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Harga tiket masuk ke tempat ini adalah Rp20.000. Jika Anda dan keluarga tertarik mengunjunginya, datang saja ke Jalan Raya Barat Baturraden, Purwokerto.

Jatim Park 3

Foto: Jtp.id

Kota Batu di Jawa Timur seakan tiada habisnya menghadirkan berbagai alternatif wisata, salah satunya adalah Jatim Park 3. Jatim Park 3 merupakan tempat wisata baru yang mengangkat tema Dinosaurus. Tempat wisata ini dibuka pada November 2017.

Jatim Park 3 dikelola oleh Jatimpark Group, yang sebelumnya telah sukses membangun Jatim Park 1, Jatim Park 2, hingga Museum Angkut. Apabila Anda sudah mengunjungi semua tempat wisata tersebut dan merasa puas, tak ada salahnya libur lebaran kali ini menyambangi Jatim Park 3.

Berbagai wahana menarik yang akan Anda temui antara lain Dino Park, Jurassic Action, Ice Age, 6D Cinema, The House Of Zombie, dan sebagainya. Lokasinya berada di Jalan Raya Ir. Soekarno Beji, Junrejo, Batu.

Dago Dream Park

Bosan dengan tempat wisata di Bandung? Tenang saja, Bandung selalu berinovasi menghadirkan sesuatu yang baru untuk para wisatawan. Salah satu yang terbaru dari Bandung adalah Dago Dream Park.

Dago Dream Park hadir sejak Januari 2016, sebagai tempat wisata yang menghadirkan wahana bermain dan selfie. Anda akan menjumpai arsitektur bertema Jawa-Sunda dan ekosistem ala Pulau Dewata. Berbagai wahana menarik akan menghibur Anda dan keluarga mulai dari Pirates Ship, Love Seat, Sky Tree, Up House, Aladdin Carpet, hingga Sky Bike.

Tempat ini berada di Jalan Dago Girl KM 2.2 Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tiket masuknya sebesar Rp20.000. Jika Anda penasaran dengan perpaduan antara konsep alami dan futuristik, datanglah ke tempat ini.

 

The Lodge Maribaya Bandung

Foto: Thelodgemaribaya.com

Ada lagi yang terbaru dari Bandung, The Lodge Maribaya. Sebenarnya tempat ini telah ada sejak 2006, tetapi sebelumnya hanya berupa area perkemahan privat. Sejak 2016, barulah tempat ini dibuka untuk umum. Lokasinya di Desa Cibodas, Maribaya, tak jauh dari Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Wahana menarik yang bisa Anda coba antara lain Sky Bike, Sky Swing, dan Sky Tree. Anda mungkin sudah sering melihat foto-foto wisatawan yang berseliweran di media sosial sedang menaiki Sky Bike bukan? Apakah Anda penasaran mencobanya secara langsung?

Datang saja ke The Lodge Maribaya dan nikmati kesegaran alam yang terbentang di sana. Mencoba wahana seru sembari bercengkrama dengan keluarga tentu akan sangat menyenangkan. Tempat ini juga menyediakan area camping dan kuliner.

Tiket masuk ke tempat ini sebesar Rp15.000 untuk Senin-Jumat, Rp25.000 untuk Sabtu-Minggu, dan Rp 35.000 untuk Hari Libur Nasional.

Bird and Bromelia Pavilion

Tempat wisata terbaru lainnya yang bisa Anda datangi di Bandung adalah Bird and Bromelia Pavilion. Tempat ini baru dibuka pada Juli 2016. Anda bisa menikmati suasana alam yang menyegarkan serta kicauan burung di Bird and Bromelia Pavilion.

Ajak anak-anak mengenal beraneka ragam jenis burung. Anda akan menemui burung-burung yang terbilang langka, birdshow, hingga area photo booth. Tempat ini juga menyediakan toko souvenir dan tempat makan.

Harga tiket masuknya Rp35.000 pada saat weekday dan Rp50.000 saat weekend. Anda dapat mengunjungi Bird and Bromelia Pavilion di kawasan terpadu Pramestha Resort Town Pop Up Zone, Jalan Akaza Utama No.9 Dago Giri, Bandung.

Fauna Land

Foto: Ancol.com

Jika Anda menghabiskan libur lebaran di Jakarta, tak perlu khawatir karena Jakarta juga menyimpan banyak sekali tempat menarik. Cobalah ajak keluarga ke Fauna Land, kebun binatang mini di area Taman Impian Jaya Ancol.

Tempat yang baru dibuka pada bulan April 2017 ini menyajikan nuansa alam karena menghadirkan taman dan danau. Fauna Land banyak menghadirkan koleksi dari Indonesia Timur. Nuansa Papua terasa dengan adanya gazebo yang mirip rumah adat Papua, Honai. Ada pula pilar-pilar dengan ukiran buatan orang Papua asli.

Pengunjung akan menjumpai aneka satwa seperti kura-kura, burung, kuda, keledai dan lainnya. Anda bisa mengajak keluarga melakukan berbagai aktivitas seperti memberi makan hewan hingga menunggang kuda. Namun, harga tiketnya tergolong lebih mahal dari kebun binatang biasa yaitu Rp50.000. (Baca juga: 10 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit yang Harus Anda Hindari)

Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium juga bisa jadi pilihan untuk menghabiskan libur lebaran di Jakarta. Tempat ini berlokasi di mal yang baru berdiri yaitu NEO Soho di Jakarta Barat.

Ajaklah anak-anak mengenal binatang laut mulai dari ikan, bintang laut, kerang, hingga teripang. Tak hanya melihat binatang laut. Anda juga bisa mengajak anak-anak menikmati berbagai aktivitas seru seperti menonton pertunjukan Pearl of The South Sea yang menceritakan tentang kerajaan laut di Indonesia.

Nah, jika Anda sudah menentukan akan kemana saat libur lebaran nanti, jangan lupa untuk melengkapi aktivitas mudik dan wisata Anda denngan asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan akan menekan beban finansial yang mungkin harus Anda tanggung jika terjadi sesuatu yang buruk di perjalanan. Cari asuransi perjalanan terbaik di toko finansial CekAja.com.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami