Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Libur Lebaran Usai, SBMPTN Dimulai Hari Ini!

by Gito on 10 Juni, 2019

Libur panjang baru saja berlalu. Tidak kurang sekitar 5 hari tubuh kita diistirahatkan dari rutinitas pekerjaan. Libur panjang dilaksanakan juga sebagai bentuk perayaan hari Idul Fitri bagi umat muslim.

mahasiswa tingkat akhir - CekAja.com

Dalam mengisi waktu libur tentu banyak kegiatan positif yang dilakukan. Mulai dari mengunjungi sanak saudara di kampung halaman atau sekedar berwisata bersama keluarga di kota.

Tetapi jangan juga terlena dengan waktu liburan yang panjang. Persiapan pendidikan untuk si buah hati juga perlu dilakukan. Mulai dari membeli peralatan sekolah atau merefresh pelajaran yang sudah lampau agar otak tidak beku.

Nah buat kamu yang memiliki anak usia SMA, seleksi masuk untuk perguruan tinggi sudah dimulai hari ini lo. Ya, Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 baru saja dimulai, yakni pada tanggal 10 Juni hingga 24 Juni mendatang.

SBMPTN sendiri merupakan jalur masuk perguruan tinggi negeri melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Adapun tahun kelulusan siswa yang dapat mengikuti jalur seleksi ini adalah siswa yang lulus pada tahun 2017, 2018 dan 2019.

Siswa yang dimaksud disini adalah pelajar yang telah menempuh pendidikan menengah seperti SMA, MA, SMK atau lulusan Paket C. Nantinya pengelolaan dan pengolahan dana jalur SBMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

(Baca juga: 9 Pekerjaan Menjanjikan untuk Mahasiswa Jurusan Akuntansi)
Persyaratan SBMPTN 

Nah dilansir dari laman SBMPTN, berikut merupakan persyaratan untuk kamu yang menempuh jalur SBMPTN guna masuk ke perguruan tinggi negeri, simak yuk!

  • Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2017, 2018 harus sudah memiliki ijazah.
  • Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2019 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.
  • Memiliki Nilai UTBK.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  • Memiliki NISN.
  • Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah PORTOFOLIO.
  • Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.
  • Tidak lulus jalur SNMPTN 2019.
(Baca juga: 5 Aplikasi Android yang Bikin Aktivitas Perkuliahan Mahasiswa Lebih Mudah)

Selain itu, para peserta SBMPTN juga harus memperhatikan hal-hal berikut, agar tidak terjadi salah prosedur.

  1. Diharapkan kepada para calon pendaftar agar memperhatikan secara teliti dan cermat semua ketentuan persyaratan dan tahapan pendaftaran SBMPTN 2019.
  2. Sebagaimana telah diatur Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 60 Tahun 2018 bahwa kuota setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40%(empat puluh persen) dari Daya Tampung Program Studi di PTN.
  3. Sebagai pertimbangan, program studi, daya tampung per PTN tahun 2019, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2018 dapat dilihat di laman https:// sbmptn. ltmpt.ac.id
  4. Bagi peserta pelamar program Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran yang ada di laman resmi bidikmisi.
  5. Calon peserta penerima beasiswa Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2019 dan calon peserta non-Bidikmisi yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.
  6. Apabila ada hal perlu ditanyakan terkait dengan SBMPTN 2019, dapat mengubungi HelpDesk http://halo.ltmpt.ac.id dan http://halo.sbmptn.ac.id atau hubungi call center 0804 1 450 450. Informasi resmi juga dapat diperoleh di kantor Humas PTN terdekat.
  7. Kepada masyarakat dan khususnya para calon pendaftar SBMPTN 2019, diberitahukan LTMPT tidak menjalin kerjasama dengan pihak manapun dalam pelaksanaan SBMPTN 2019.
  8. Semua informasi resmi dan setiap terjadi perubahan ketentuan berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN 2019 selalu diinformasikan melalui laman resmi di http://sbmptn.ac.id.

Jika kamu membutuhkan dana segar untuk mencukupi biaya kebutuhan si buah hati, tidak perlu repot. Akses CekAja.com dan ajukan produk keuangan yang cocok untuk kebutuhan kamu.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami