Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Libur Sekolah Saat Ramadan? Ajak Anak-anak Lakukan Kegiatan Ini!

by Teti Purwanti on 16 Mei, 2019

Libur sekolah yang datang bertepatan dengan Ramadan tentu jadi PR tersendiri buat orangtua. Anak-anak tentu akan merasa mudah bosan jika tak ada kegiatan selama puasa. Oleh karena itu, yuk ajak mereka melakukan kegiatan yang bermanfaat!

biaya pendidikan anak _ kredit tanpa agunan- CekAja.com

Pada Ramadan kali ini memang bertepatan dengan liburnya anak sekolah. Ini dia beberapa destinasi yang bisa dituju untuk mengajak anak-anak menikmati liburan sekolah sambil puasa.

  • Mengunjungi perpustakaan

Tidak ada salahnya loh mengajak anak-anak ke perpustakaan. Misalnya, Anda bisa mengajak anak-anak ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) yang tertata sangat bagus. Selain membaca, si kecil bisa diajak melihat berbagai hal termasuk diorama sejarah Indonesia.

Perpusnas yang berlokasi di Jakarta Pusat memiliki 27 lantai dengan banyak koleksi buku menarik. Kamu juga bisa menikmati pemandangan Jakarta dari balkon yang menghadap ke Monumen Nasional (Monas). Lokasinya juga mudah diakses dengan transportasi umum seperti TransJakarta dan MRT Jakarta yang baru saja diresmikan.

(Baca juga: Legitnya Bisnis Kue Khas Lebaran yang Tak Lekang Waktu)
  • Datang ke museum

Museum dapat memberikan pengalaman yang menarik untuk keluarga pada bulan Ramadan. Salah satunya adalah Museum MACAN (Modern and Contemporary Arts in Nusantara) di Jakarta yang memiliki instalasi seni paling unik di Indonesia. Beri anak Anda pengalaman seru dan berkesan untuk melihat berbagai instalasi seni dari para seniman lokal maupun internasional.

Selain itu, banyak juga museum yang menarik di Jakarta, misalnya Museum Gajah. Museum Gajah menyimpan berbagai prasasti dan juga arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia. Ada pula berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia.

Pilihan lainnya adalah Museum Bank Indonesia, untuk mengetahui sejarah keuangan dan perekonomian di Indonesia. Selain itu, bisa juga memilih Museum Fatahillah untuk melihat berbagai peninggalan kependudukan Belanda saat di Batavia, termasuk penjara bawah tanah.

  • Main di escape room

Ajak anak mengisi libur sekolah dengan menikmati petualangan baru di dalam ruangan dengan mengunjungi escape room. Anak-anak pun akan merasa nyaman karena terhindar dari panas matahari. Ada beberapa escape room di Jakarta yang bisa kamu kunjungi bersama anak-anak.

Tantang pengetahuan dan kreativitas anak-anak dalam menyelesaikan berbagai misteri di Pandora Experience. Atau, bisa juga mengajak anak bermain peran sebagai detektif dan menyelesaikan misteri di The Escape Hunt Experience.

Kegiatan di escape room tentu akan sangat disukai anak zaman sekarang. Apalagi kalau sekaligus menyewa perlengkapannya sesuai peran yang mereka jalankan, sehingga tidak akan terlupakan bagi mereka.

  • Staycation

Staycation (stay vacation) saat ini tengah hits di kalangan warga Jakarta. Pasalnya, konsep liburan ini singkat, cukup dengan menginap di hotel di kota tempat kamu tinggal. Tanpa perlu repot menyusun rencana perjalanan, kamu juga bisa sekaligus menikmati suasana baru.

Staycation bisa jadi cara untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Kamu dan keluarga dapat melakukan berbagai aktivitas menyenangkan dengan memanfaatkan fasilitas hotel.

Selain itu, staycation juga dianggap menjadi salah satu pilihan untuk melihat suatu sudut kota tempat tinggal dari wilayah lain. Staycation biasanya dilakukan pada akhir pekan dan dilakukan dengan keluarga terdekat.

Kamu bisa gunakan promo kartu kredit berupa diskon menginap di hotel agar lebih hemat. Cek pilihannya di CekAja.com!

(Baca juga: Mudik dengan Mobil, Perhatikan Hal-hal Ini Demi Keselamatan!)
  • Itikaf dan kajian

Bisa jadi pilihan ini yang paling tidak disukai oleh anak-anak. Namun, bulan Ramadan yang hanya sekali setahun ini harus dimaksimalkan dengan ibadah dan mempererat hubungan dengan Yang Maha Kuasa. Jadi mengajak si kecil untuk mendengarkan kajian dari ustaz atau ulama tertentu dan berdiam diri di masjid juga bisa menjadi pilihan.

Di Bandung misalnya, bahkan banyak orang yang membangun tenda untuk beritikaf dan berkegiatan di sekitar masjid selama bulan puasa, apalagi saat 10 hari terakhir.

  • Menjadi sukarelawan

Kamu bisa mengajak anak-anak untuk menjadi sukarelawan, misalnya mengajar mengaji atau membaca di sekolah anak jalanan. Selain menjadi ibadah yang baik, kegiatan ini juga membuat anak-anak lebih peka terhadap kehidupan sesama.

Selain itu, anak-anak juga bisa belajar merasakan perasaan teman-temannya yang tidak seberuntung dia. Agar tidak banyak alasan untuk tidak berangkat, carilah lokasi yang dekat dengan tempat tinggal.

Bukan hanya diisi hal yang berbau keduniawian, kegiatan selama libur sekolah di bulan Ramadan juga bisa diisi dengan hal-hal yang berguna bukan? Nah, kira-kira kegiatan apa yang akan dicoba lebih dahulu?

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami