Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Liburan Akhir Tahun Jadi Lebih Hemat dan Aman dengan Cara Ini

by JTO on 20 Desember, 2017

Liburan Akhir Tahun - CekAja

Beberapa momen besar jadi alasan kenapa liburan akhir tahun jadi waktu yang dianggap high-season. Di antaranya adalah perayaan Natal dan Tahun Baru, serta waktu liburan sekolah yang juga jatuh pada rentang waktu yang sama.

Sebagian besar masyarakat miliki rencana liburannya masing-masing saat akhir tahun tiba. Tidak sedikit yang telah merencanakannya sejak awal tahun kemarin dan mengajukan cuti sejak lama.

Baik yang tujuannya ingin merayakan Natal, merayakan pesta tahun baru, hingga menikmati masa liburan sekolah bersama keluarga. Mulai dari yang sekadar plesir ke tempat wisata atau mudik ke kampung halaman.

Tidak heran bila di saat musim liburan tersebut, biasanya harga-harga jasa wisata banyak permintaan dan cenderung mengalami peningkatan harga. Mulai dari tiket pesawat, biaya kamar hotel untuk menginap, tarif paket wisata dan biaya masuk ke lokasi wisata.

Namun, apakah dengan kondisi tersebut akhirnya perjalanan liburan yang akan kita lakukan akhirnya jadi tidak menguntungkan dan lebih boros? Jawabannya, belum tentu! Karena nyatanya banyak promosi menarik dan menguntungkan yang bisa kita nikmati untuk menikmati liburan akhir tahun.

Demi menarik lebih banyak pengguna dan pengunjung di saat musim liburan, tidak sedikit penyedia jasa perjalanan wisata, maskapai penerbangan, jasa hotel, dan penyedia produk finansial akhirnya sengaja membuat penawaran menarik yang bisa memberikan keuntungan.

Baca tuntas artikel ini dan dapatkan cara bagaimana memanfaatkan beragam penawaran agar perjalanan liburan jadi lebih menyenangkan, lebih hemat, menguntungkan, dan aman. Apa saja?

Cari promo liburan akhir tahun

Agar liburan lebih hemat, cara pertama ini wajib untuk dilakukan. Seperti sudah disinggung di atas, penawaran menarik selalu tersedia untuk perjalanan liburan, khususnya saat momen khusus seperti Natal dan Tahun Baru.

Maskapai penerbangan akan mengeluarkan promo tiket pesawat murah, penyedia hotel akan menyediakan diskon sewa kamar, dan tempat-tempat wisata yang bisa jadi target tujuan liburan akan menyediakan paket khusus dengan harga spesial.

Semua sudah dijamin akan ditawarkan. Tujuannya satu, mereka ingin menjaring lebih banyak pengguna dan pengunjung di saat musim liburan tiba. Dengan banyaknya situs web pembelian tiket pesawat, tiket hotel, dan pembelian paket liburan, kita pun tidak perlu repot lagi untuk membandingkan dan akhirnya membeli secara konvensional. Tanpa memakan waktu, semua bisa dilakukan melalui online.  (Baca juga: Lebih Hemat Belanja Kado Natal dengan 6 Tip Berikut)

Jangan ragu gunakan kartu kredit

Ini jadi satu bukti kalau kartu kredit tawarkan banyak keuntungan. Seperti layaknya kita melakukan belanja online; mulai dari pembelian tiket pesawat, pemesanan kamar hotel, dan pemesanan paket wisata lebih menguntungkan jika pembayarannya menggunakan kartu plastik tersebut.

Sebab biasanya situs-situs pembelian tiket pesawat dan jasa sewa hotel tersebut bekerjasama dengan penyedia kartu kredit untuk menawarkan diskon khusus, fasilitas cicilan tanpa bunga atau cicilan nol persen, sampai program reward dan cashback yang dapat mengurangi jumlah harga yang mesti dibayar.

Dengan kartu kredit, kita pun dapat menggunakan fasilitas mileage atau disebut juga frequent-flyer program (FFP). Program pengumpulan poin yang bisa menawarkan fasilitas terbang gratis tersebut bisa lebih menguntungkan dan efektif bila digunakan untuk perjalanan ke luar negeri. (Baca juga: Ini Kartu Kredit yang Kasih Promo Tiket Pesawat Diskon dan Cicilan)

Pasalnya, perhitungan poin dalam FFP diberikan sesuai dengan jarak jauhnya penerbangan yang kita lakukan. Selain itu poin juga dihitung berdasarkan jumlah pembelanjaan yang dikeluarkan. Karena itu, jika poin mileage terkumpul dan memenuhi syarat kualifikasi, kita dapat menggunakannya untuk ditukarkan produk tertentu atau tiket penerbangan gratis.

Namun mesti diingat, tujuan kita menggunakan kartu kredit di sini adalah untuk lebih berhemat untuk perjalanan liburan yang akan dilakukan. Maksudnya, kita menggunakan kartu kredit hanya untuk memanfaatkan diskon, mengambil keuntungan poin, atau mendapatkan potongan harga khusus. Jadi wajib bagi kita untuk menggunakan alat bayar plastik ini dengan perhitungan dan perencanaan.

Mungkin kita telah merencanakan liburan di akhir tahun ini sejak awal tahun dan telah siap dengan bujet yang sudah tertabung dan terkumpul. Maka usahakan menggunakan tabungan yang sudah kita miliki tersebut demi membayar tagihan kartu kredit di bulan berikutnya. Tujuannya agar kita tidak meninggalkan hutang di saat masa liburan telah berakhir.

Lengkapi dengan perlindungan liburan

Bagian ini sering kita lupakan di saat merencanakan liburan. Kita memang ingin liburan bisa dilakukan secara hemat dan menguntungkan. Namun bukan artinya momen liburan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari, karena sebuah risiko mendadak yang terjadi, akhirnya membuat pengeluaran liburan jadi lebih besar karena mesti mengeluarkan biaya yang tidak terduga atas risiko tersebut.

Kemanapun tujuan liburan yang akan dilakukan, daftar asuransi perjalanan adalah hal wajib. Sebab dengan produk ini perjalanan liburan bisa dilakukan tanpa rasa khawatir. Segala risiko yang bisa terjadi dalam perjalanan, biaya atas risikonya bisa dilindungi ketika kita memiliki asuransi perjalanan.

Banyaj risiko yang bisa terlindungi, mulai dari hilangnya bagasi, pesawat delay atau mengalami keterlambatan, segala dokumen perjalanan yang kita bawa hilang, hingga ketika kita butuh perawatan rumah sakit di lokasi tujuan liburan. Biaya atas risikonya akan mendapatkan pertanggungan.

Bahkan produk ini jadi fasilitas wajib untuk dimiliki ketika tujuan liburan yang akan kita lakukan adalah ke negara Eropa yang masuk dalam kategori wilayah Schengen. menarik, bukan? (Baca juga: Mau ke Eropa? Miliki Dulu Visa Schengen dan Asuransi Perjalanan)

Asuransi perjalanan juga memiliki fasilitas tambahan untuk perlindungan atas risiko yang bisa terjadi terhadap rumah atau tempat tinggal yang kita tinggalkan saat liburan. Mulai dari perlindungan risiko kebakaran hingga risiko pencurian.

Jadi, agar lebih aman masih ada waktu, segera ajukan asuransi perjalanan online untuk liburan akhir tahun.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami