Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Liburan di Bali Saat Nyepi, Catat 4 Hal yang Dilarang

by Miftahul Khoer on 6 Maret, 2019

Kamis, 7 Maret 2019 umat Hindu akan merayakan Hari Nyepi. Di Indonesia, salah satu daerah yang banyak menganut agama Hindu adalah Bali. Bagaimana jika seorang wisatawan sedang berlibur di Bali?

Liburan Hemat Air Miles - CekAja

Tentu saja siapapun harus menaati peraturan daerah setempat. Karena semua tahu bahwa Hari Nyepi adalah perayaan yang penuh dengan kesunyian untuk merefleksikan diri.

Bagi umat Hindu di Bali, sudah menjadi tradisi bahwa Hari Nyepi adalah hari yang dirayakan tanpa ada kegiatan apapun. Begitu juga dengan para wisatawan, diharapkan kedatangan mereka di Bali tidak mengganggu warga sekitar yang merayakan Nyepi. Inilah hal-hal yang dilarang saat Nyepi termasuk bagi para wisatawan.

Menyalakan cahaya

Sudah jadi kebiasaan turun temurun bahwa saat Hari Nyepi umat Hindu dilarang untuk menyalakan cahaya baik itu menyalakan api atau lampu penerangan. Orang Hindu biasa menyebutnya dengan Amati Geni. Mereka fokus berdiam diri di rumah dalam keadaan gelap dan sepi.

Hal ini juga berlaku bagi wisatawan yang ada di Bali. Setidaknya para wisatawan tidak menyalakan lampu terutama di balkon ruangan dan juga kamar. Para wisatawan harus mengikuti aturan bahwa saat Nyepi seluruh ruangan yang ditempati harus dalam keadaan redup tanpa cahaya.

Kita tahu bahwa banyak sekali tempat penginapan di Bali dari yang termurah hingga termahal yang dihuni oleh para wisatawan dari berbagai mancanegara. Diharapkan mereka bisa menaati peraturan perayaan Hari Nyepi di lokasi-lokasi yang ada di Bali.

(Baca juga: Sebelum Liburan, Kenali Dulu 10 Jenis Penginapan Ini)

Dilarang beraktivitas

Kamu boleh saja liburan ke Bali untuk merasakan bagaimana keindahan serta aneka ragam budaya yang ada di Bali. Namun ketika Hari Nyepi, kamu gak bisa seenaknya melakukan aktivitas yang biasanya dilakukan para wisatawan di Bali.

Ada tradisi Amati Karya yang harus ditaati para umat Hindu termasuk di Bali. Aturan ini melarang setiap orang untuk melakukan aktivitas fisik termasuk juga wisatawan. Baiknya kalau kamu sedang berada di Bali saat Nyepi, kamu lebih baik menikmati suasana Nyepi juga di dalam hotel.

Gak usah takut kehilangan pengalaman merasakan indahnya Bali, karena Hari Nyepi juga gak lama kok. Justru dengan menikmati perayaan Nyepi di Bali, kamu bisa merasakan sensasi bagaimana liburan di Bali saat Hari Nyepi dilaksanakan orang-orang di sana.

Gak boleh bepergian

Karena namanya Nyepi, berarti semua umat Hindu yang ada di Bali berdiam diri di rumah tanpa melakukan kegiatan apapun. Ini juga berlaku bagi para wisatawan yang sudah kadung liburan lama di Bali.

Wisatawan yang biasanya mengejar indahnya pantai-pantai di Bali diimbau agar dalam saat perayaan tersebut untuk tidak bepergian ke manapun. Artinya kamu hanya diam di tempat penginapan dan tidak boleh melakukan apapun.

Dalam bahasa Bali, larangan ini dinamai dengan Amati Lelungaan. Jadi pas Hari Nyepi kamu akan menyaksikan bahwa Bali pada satu hari tersebut akan benar-benar sepi tanpa hiruk pikuk jutaan turis yang berseliweran seperti biasanya.

(Baca juga: 7 Tempat Wisata Edukasi untuk Liburan dengan Anak)

Dilarang menggelar pesta

Kebanyakan wisatawan datang ke Bali untuk merasakan keindahan lokasi-lokasi Bali yang eksotik. Pada malam harinya, mereka datang ke bar, kafe atau restoran serta tempat pesta lainnya untuk menghabiskan malam.

Nah, pada Hari Nyepi, semua orang yang ada di Bali diharuskan untuk Amati Lelanguan atau dilarang untuk menggelar pesta seperti bernyanyi, clubbing, minum-minum dan aktivitas hiburan lainnya. Semua orang harus menaati apa yang telah disepakati agar tidak mengganggu umat Hindu yang sedang merayakan Nyepi. Intinya kalau kamu sedang di Bali saat Nyepi, kamu jangan coba-coba berisik mengganggu warga sekitar.

Nah, itulah beberapa larangan yang harus ditaati ketika kamu sedang liburan di Bali. Namun, buat kamu yang berencana liburan ke Bali usahakan jangan pas Hari Nyepi ya. Soalnya bakal percuma, karena kebanyakan reservasi tiket pesawat, tur, hotel dan restoran tidak akan beroperasi.

Buat kamu yang sudah ada di Bali sebelum Hari Nyepi, kamu tentu akan ikut merasakan bagaimana Bali bisa tenang dalam sehari dan bertabur bintang di malam hari tanpa banyak orang berlalu lalang. Tentunya kamu hanya bisa menikmatinya di dalam hotel saja.

Jangan lupakan perlindungan diri ya selama  berpergian. Cek asuransi perjalanan terbaik di CekAja.com!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.