Liburan ke Kamboja, Negeri Indah dengan Masa Lalu Kelam

3 min. membaca Oleh CekAja on

Kamboja merupakan salah satu negara anggota ASEAN yang berada di antara Thailand dan Vietnam. Negara ini memiliki masa lalu yang kelam berupa pembantaian dan genosida lebih dari 2 juta rakyatnya oleh rezim Khmer Merah pada periode 1975-1979.

long weekend 2020

Di samping peristiwa kelam, negara ini seperti negara-negara Asia lainnya juga menyimpan potensi yang menakjubkan di berbagai destinasi wisata yang ada. Berikut ini beberapa destinasi wisata andalan Kamboja:

  • Angkor Wat

Angkor Wat sudah sangat terkenal di dunia internasional dan jadi salah satu tempat favorit yang dikunjungi hampir seluruh wisatawan saat datang ke Kamboja. Tempat ini penuh sejarah dan terletak di kota Siem Riep sekitar 350 km dari ibu kota Phnom Penh.

Kuil Angkor Wat merupakan kuil Hindu yang didirikan sejak abad ke 12 dengan luas area sekitar 400 km2. Di kawasan ini terdapat ratusan kuil dengan Angkor Wat adalah kuil terbesar di Kamboja. Kuil-kuil lainnya yang ada di kawasan ini antara lain Banyeay Srey, Bayon, Angkot Thom, Ta Keo, dan Ta Phrom.

travel kamboja - CekAja.com

Keunikan lainnya terdapat di kuil Ta Phrom adalah sebagian bangunannya sudah dililit oleh pepohonan besar dan menjadi sangat terkenal saat dijadikan lokasi pembuatan film Tomb Raider yang dibintangi Angelina Jolie.

Karena luasnya area kuil, maka wisatawan membutuhkan waktu hingga 4 jam untuk bisa mengelilingi seluruh kawasan. Sebelum masuk ke area kuil, wisatawan perlu menyeberangi sebuah jembatan panjang yang menjadi satu-satunya akses pintu masuk kuil.

  • Tuol Sleng Genocide Museum dan Killing Field

Objek wisata ini sebenarnya adalah sebuah bangunan sekolah SMA di Phnom Penh yang dijadikan penjara dan tempat penyiksaan oleh Rezim Perdana Menteri Pol Pot melalui Khmer Merah yang merupakan sayap militer partai Komunis Kamboja.

(Baca juga: 50 Pulau Terbaik di Dunia 2019, Ternyata Bali Salah Satunya!)

Pada medio 1975-1978, ada lebih dari 17 ribu orang yang pernah masuk ke penjara ini dan disiksa serta kemudian dibawa ke tempat pembantaian (Killing Field) di Choeung Ek.

Kemudian di Killing Field masih bisa disaksikan sisa-sisa kekejaman Pol Pot melalui audio tour dengan lebih dari 8.000 tengkorak dipajang di balik lemari kaca untuk mengenang banyaknya korban yang jatuh saat Khmer Merah berkuasa. Di tempat tersebut juga bisa ditemui 129 kuburan massal dengan 43 di antaranya masih belum digali dan masih seperti aslinya.

  • Istana Raja dan Pagoda Perak

Istana Raja yang menjadi tempat kediaman Raja Kamboja terletak di kota Phnom Penh dan sangat menarik untuk dikunjungi karena keindahan arsitektur bangunannya yang menampakkan ciri khas Kamboja. 

Di dalam kawasan istana ini terdapat Silver Pagoda atau pagoda perak di sisi Selatan istana yang sebelumnya dikenal dengan nama Wat Preah Keo. Penyebutan pagoda perak karena lantai pagoda ini dilapisi oleh lebih dari 5.000 ubin berbahan perak dengan berat masing-masing ubin 1 kg.

Untuk menuju pagoda perak terdapat anak tangga yang dibuat menggunakan marmer khusus dari Italia. Di dalam pagoda terdapat patung Buddha yang terbuat dari emas dan dihiasi dengan 9.584 berlian 25 karat dengan bobot 90 kg. Pagoda ini menjadi tempat ibadah resmi Raja Kamboja.

  • Sihanoukville

Sihanoukville juga dikenal dengan Kompong Som dan merupakan Bali nya Kamboja. Untuk menuju tempat ini, dibutuhkan waktu perjalanan selama 4 jam dari Phnom Penh.

Keindahan kawasan ini terdapat pada jajaran pantai dan pasir putih yang membentang. Pantai-pantai yang bisa dikunjungi di Sihanoukville antara lain Sokha Beach, Independent Beach, Long Beach, Serendipity Beach, dan juga Otres Beach yang masing-masing pantainya memiliki pemandangan indah yang berbeda-beda.

Lokasinya yang tidak jauh dari ibu kota menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata terfavorit di Kamboja.

Meskipun punya masa lalu yang mengerikan, namun Kamboja juga merupakan salah satu negara yang layak dikunjungi untuk menambah pengalaman berwisata para traveler. Selain itu, karena Kamboja juga merupakan anggota ASEAN, maka turis asal Indonesia tidak memerlukan visa untuk berkunjung ke sana.

(Baca juga: Mengenal Destinasi Wisata Vietnam, Tuan Rumah SEA Games 2021)

Jadi yang perlu kamu miliki untuk bisa liburan ke Kamboja hanyalah tiket pesawat, hotel untuk menginap, serta yang tidak boleh dilewatkan adalah sebuah asuransi perjalanan yang akan menjamin agenda liburan kamu bebas dari rasa panik dan deg-degan.

Sebab, benefit yang bisa diperoleh pemegang polis asuransi perjalanan tidak hanya klaim keterlambatan penerbangan, namun juga sampai kehilangan barang, biaya pengobatan di rumah sakit di negara tujuan, serta banyak hal lainnya.

Tunggu apa lagi? Buruan, pilih dan ajukan asuransi perjalanan sesuai kebutuhan liburan kamu di akhir tahun ini lewat CekAja.com.

Tentang kami

CekAja

CekAja