Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Liburan ke Luar Negeri Tidak Harus Mahal? Ini Strateginya

by Rafly Aditia on 15 Desember, 2015

kaya berkat traveling - CekAja.com

Liburan ke luar negeri memang menjadi salah satu hal yang didambakan sebagian orang. Namun terbayangnya biaya besar yang harus dikeluarkan sering menjadi pertimbangan bagi seseorang untuk memarkirkan keinginan tersebut. Padahal, ada strategi liburan ke luar negeri murah lho.

Liburan ke negar alain memang bisa membuat pikiran kembali fresh. Menikmati pemandangan serta berbagai macam budaya yang tidak bisa kita dapatkan di negara sendiri memang menjadi suatu ketertarikan besar.

Sayangnya, liburan ke luar negeri sering diidentikkan dengan biaya yang mahal, harus mengeluarkan uang banyak, dan sebagainya. Padahal, apabila kamu mengetahui tips-tips tertentu dari para traveller kawakan ternyata kamu bisa liburan ke luar negeri seperti, benua Eropa, Amerika, Singapura dan yang lainnya dengan budget minim, loh. Apa saja sih tips liburan murah nan irit tersebut? Yuk simak 5 tips irit ala traveller berikut saat liburan ke luar negeri;

Pesan tiket pesawat promo

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memesan tiket pesawat promo. Biasanya pada saat promo, harga tiket pesawat bisa menjadi lebih murah hingga lebih dari 50 persen dari harga asli.

Untuk itu, pastikan kamu sering-sering mengecek harga tiket pesawat yang dijual secara online dan persiapkan diri untuk membeli tiket pesawat jauh-jauh waktu sebelumnya.

(Baca juga: Travelling, Gunakan 3 Kartu Kredit Rekomendasi CekAja Ini)

Manfaatkan fasilitas sharing economy

Bagi kamu yang benar-benar mengirit biaya untuk liburan ke luar negeri kamu bisa menggunakan dan memanfaatkan fasilitas sharing economy yang marak akhir-akhir ini di kalangan para traveller.

Sharing Economy adalah salah satu konsep untuk saling berbagi pada saat travelling. Mulai dari tinggal di sebuah apartemen kosong milik warga setempat, menumpang kendaraan, masalah konsumsi dan sebagainya. Berikut ini ada beberapa website terkenal yang menyediakan informasi sharing economy, antara lain; Airbnb, Camp in My Garden, Eat With, dan BlaBlaCar.

Pesan hotel jauh-jauh hari

Apabila kamu ingin menginap di hotel pada saat kamu liburan ke luar negeri nanti, pastikan kamu telah memesan tiket hotel jauh-jauh hari kalau bisa hingga beberapa bulan sebelumnya demi mengantisipasi kenaikan harga kamar terutama pada saat high season.

Kamu bisa menggunakan aplikasi dan layanan untuk memesan hotel yang ada di beberapa web berikut; booking.com, pegi-pegi.com, agoda.com, hotels.com dan yang lainnya.

Liburan ke Negara yang murah

Salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan demi penghematan saat liburan ke luar negeri adalah mengunjungi negara-negara yang memiliki nilai tukar murah seperti misalnya, Lisbon di Portugal, Thailand dan sebagainya. Mengapa demikian? Karena harga-harga di daerah tersebut pastinya akan lebih murah dibandingkan negara yang memiliki nilai tukar mata uang yang tinggi seperti Perancis, Inggris dan yang lainnya.

(Baca juga: Bangkrut Setelah Pulang Liburan, Ini Penyebabnya)

Tidak ada salahnya bekerja pada saat kamu travelling

Kamu benar-benar ingin memotong habis dana liburan kamu tapi tetap ingin menikmati berbagai keindahan yang ada di luar negeri? Mudah saja, kamu bisa memanfaatkan keahlian yang kamu miliki untuk melakukan beberapa pekerjaan saat kamu liburan ke luar negeri.

Salah satu contohnya adalah program yang diselenggarakan World Wide Oportunities on Organic Farms (WWOOF) dimana para traveller diperbolehkan menginap gratis di penginapan yang dekat dengan lokasi perkebunan dan peternakan hanya dengan melakukan beberapa pekerjaan kecil seputar berkebun, dan beternak.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.