Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Liburan ke Thailand Budget 2 Juta? Berikut Strateginya

by Rafly Aditia on 17 Januari, 2016

traveling ke Thailand - CekAja.com

Negeri Gajah, Thailand nampaknya memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan termasuk para backpacker lokal yang ingin menikmati ragam budaya Asia Tenggara dan keindahan alamnya yang selalu menyuguhkan pemandangan-pemandangan menakjubkan yang memanjakan mata.

Bagi kamu yang memiliki budget minim tapi ingin menikmati eksotisme negara yang khas dengan bela diri muay thainya tersebut tidak perlu khawatir karena dengan budget 2 juta sekalipun kamu bisa menikmati liburan ke Thailand, kok! Berikut tipsnya.

1. Pergi saat low season

Satu hal yang harus kamu pastikan ketika kamu ingin berlibur ke luar negeri dengan budget yang minim adalah pergi saat low season. Hal ini merupakan kewajiban bagi kamu yang benar-benar ingin menekan budget pengeluaran kamu terutama budget tiket transportasi dan penginapan.

Karena perlu kamu ketahui, pada saat low season harga-harga akan jauh lebih murah dibandingkan saat high season atau musim liburan dimana harga bisa naik hingga dua atau tiga kali lipat.

(Baca juga: Gaji 3 Juta Pengen Liburan ke Luar Negeri, Wujudkan Dengan 4 Tips Ini)

2. Tiket pesawat PP cuma 950 ribu

Masalah yang cukup memberatkan keuangan kamu saat ingin pergi ke luar negeri adalah mahalnya tiket pesawat. Yup, tiket pesawat memang jadi salah satu beban keuangan terbesar saat kamu ingin pergi berlibur ke luar negeri.

Tapi, semua hal itu dapat disiasati. Untuk pergi ke Krabi, Thailand kamu bisa membeli tiket hingga tiga bulan sebelumnya untuk mendapatkan harga terbaik. Contohnya saat ini, harga tiket pesawat Jakarta-Krabi di maskapai tigerair untuk pertengahan bulan April nanti berada di kisaran 375 ribu rupiah. Sementara tiket pulang dari Krabi ke Jakarta sekitar 570 ribu rupiah.

Total tidak sampai 950 ribu rupiah kamu sudah mendapatkan tiket pesawat PP Jakarta-Thailand tersebut. Tetapi ingat, perubahan harga tiket pesawat secara online memang begitu cepat, jadi sebaiknya kamu benar-benar memperhatikan dan menunggu momen yang tepat.

3. Penginapan 200 ribu sehari

Masalah penginapan, dengan asumsi kamu pergi ke Krabi, Thailand kamu bisa mendapatkannya dengan harga-harga yang sangat murah. Mulai dari hostel hingga penginapan berbintang dua bisa kamu dapatkan dengan budget tidak sampai dua ratus ribu rupiah.

Mengapa bisa begitu murah? Hal ini tidak lain dikarenakan perekonomian Thailand yang bisa dibilang tidak lebih kuat daripada Indonesia, sehingga kurs mata uang Thailand yaitu Baht terhadap rupiah tidak begitu besar yaitu sekitar 350-400 rupiah saja setiap 1 bahtnya. So, untuk menginap selama 3 hari 2 malam kamu cukup mengeluarkan uang sebesar 200 ribu saja.

4. Biaya konsumsi 3 Hari 2 Malam 450 ribu

Urusan penginapan dan tiket pesawat pulang pergi selesai sudah, sekarang tinggal pintar-pintarnya kamu menekan biaya konsumsi harian kamu di Thailand. Tapi tenang saja, untuk urusan harga transportasi umum dan makanan di Thailand bisa dibilang tidak jauh beda dengan di Jakarta, malah sedikit lebih murah.

Jadi, dengan uang 450 ribu rupiah pun kamu sudah tidak perlu pusing-pusing lagi untuk memikirkan bagaimana biaya konsumsi kamu selama 3 hari 2 malam disana. Kamu bisa memilih jajanan tradisional yang dijajakan dipinggir jalan, hingga makanan-makanan siap saji yang ada di minimarket dengan harga yang relatif murah.

(Baca juga: Tidak Perlu Takut Koper Dibobol di Bandara Jika Sudah Baca Tips Ini)

5. Untuk berjaga-jaga 100 ribu

Setelah semua perhitungan di atas sudah selesai, maka dengan budget 2 juta rupiah kamu masih memiliki sisa uang 100 ribu rupiah. Nah, uang ini bisa kamu jadikan simpanan darurat kamu ketika berlibur di Thailand selama 3 hari 2 malam tersebut.

Namun, alangkah lebih baiknya lagi kalau kamu menggunakan uang ini untuk membayar premi asuransi perjalanan yang bahkan kurang dari 100 ribu rupiah demi berjaga-jaga kalau terjadi resiko yang tidak diinginkan selama kamu berlibur nanti.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami