Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Liburan Kilat dengan Staycation di Hotel

by Sindhi Aderianti on 14 Januari, 2019

2019 baru saja dimulai. Sederet rutinitas kembali menghadang. Tidak ada salahnya jika Anda rindu akan berlibur, terlebih jika saat akhir tahun kemarin Anda tidak sempat memanfaatkan waktu luang yang ada. Anda bisa mencoba untuk melakukan staycation. Apa itu?

Hotel Penginapan Liburan - CekAja

Liburan memang merupakan cara terbaik untuk menyegarkan pikiran dari tekanan dalam bekerja. Sayangnya, seringkali kita tidak bisa mewujudkannya karena terbentur dana dan waktu. Untuk Anda yang mengalami hal tersebut, staycation dapat menjadi alternatif gaya berlibur yang menyenangkan.

Staycation berasal dari gabungan kata stay dan vacation yang bermakna liburan santai di rumah. Menurut kamus Oxford, staycation adalah: “liburan yang dihabiskan di negara sendiri ketimbang di luar negeri, atau yang dihabiskan di rumah dan berjalan-jalan ke tempat menarik setempat.”

Kata ini populer digunakan oleh sebagian besar warga Amerika Serikat sejak hampir sepuluh tahun lalu. Tempat yang sering menjadi incaran untuk staycation ria adalah hotel.  Perlahan namun pasti, tren staycation kini telah menjelma sebagai konsep baru traveling yang lebih praktis, nyaman, dan hemat.

Keuntungan Staycation

Staycation tidak kalah menyenangkan dari plesiran ke tempat wisata. Kuncinya, pilih hotel yang tepat. Lingkungan dan suasana hotel tertentu dapat menciptakan kenyamanan bagi setiap pengunjung. Dengan memilih hotel terbaik, Anda tetap bisa menikmati liburan tak terlupakan bersama pasangan atau keluarga.

Ada beberapa keuntungan pula yang diberikan melalui konsep staycation. Salah satu keuntungannya adalah menghemat bujet wisata, karena tak memerlukan tiket pesawat atau sewa kendaraan. 

Lalu, sarana rekreasi yang biasanya sudah tersedia lengkap di hotel, membuat Anda tidak perlu repot lagi menyusun itinerary. Maka dari itu, staycation di hotel cocok dipilih menjadi ide traveling oleh berbagai kalangan. Terutama untuk Anda yang sudah menikah dan punya anak.

Beragam fasilitas di hotel yang tidak bisa Anda jumpai di rumah ini tentu sangat menyenangkan bagi si kecil yang tengah senang mencoba-coba hal baru.

(Baca juga: Tren Traveling: Yuk, Menginap di Hotel Kapsul)

Hal yang Bisa Dilakukan Selama Staycation

Lantas, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan selama staycation di hotel? Jangan lewatkan momen-momen seru ini!

  • Berenang

Bisa dibilang, hampir semua kalangan usia menyukai kegiatan ini. Mulai dari anak kecil, dewasa, hingga lansia. Berenang selain menyenangkan, pastinya juga memberi efek baik untuk kesehatan.

Ambil waktu berenang di pagi hari, supaya terhindar dari teriknya sinar matahari. Untuk Anda yang anaknya ikut serta, jangan lupa bawakan pelampung atau ban agar mempermudah pergerakan mereka selama berenang.

  • Olahraga ringan

Jika ada fasilitas olahraga lain, manfaatkan staycation Anda untuk sesuatu hal yang menyehatkan ini. Misalnya, jogging di sekitar pekarangan atau fitness.

Kelebihan dari kegiatan tersebut saat staycation adalah suasana sekitar yang berbeda bisa membuat Anda lebih semangat. Badan pun terasa lebih segar seusai berolahraga.

  • Wisata selfie

Hotel tempat Anda staycation punya interior yang ciamik? Jadikan objek ini sebagai ‘studio dadakan’ Anda untuk berfoto-foto tanpa dipungut biaya.

Biasanya, sejumlah boutique hotel sengaja memberi tema dengan desain tertentu. Jadi, setiap pengunjung bisa menginap sembari mengabadikan momen lewat foto di beberapa spot menariknya.

  • Movie marathon

Kegiatan ini paling tepat dilakukan sambil bermalas-malasan saat staycation. Terlebih jika Anda hanya berdua dengan pasangan. Siapkan daftar film kesukaan Anda serta makanan ringan untuk menemani momen movie marathon menjadi lebih seru. Dijamin Anda tidak akan merasa bosan meski berada di kamar seharian.

  • Spa

Akan lebih menggembirakan tentunya jika hotel tempat Anda meningap punya fasilitas spa. Sejenak Anda bisa memanjakan diri dengan pijat refleksi, body massage, atau sauna.

Hal semacam itu tentu tidak setiap hari Anda rasakan, melainkan hanya di hotel. Badan pun jadi fresh untuk kembali memulai rutinitas nantinya

  • Bermain di playground

Hotel kerap menawarkan berbagai kegiatan di klub anak seperti kelas membuat pizza, kelas melukis, kelas mengenal tanaman, dan hewan peliharaan.

(Baca juga: Sebelum Liburan, Kenali Dulu 10 Jenis Penginapan Ini)

Pilih Hotel untuk Staycation, Ingat Hal 3 Ini

Banyak hotel yang menawarkan berbagai fasilitas menarik, apalagi di Jakarta. Namun, semakin banyak pilihan, justru pastinya membingungkan bagi sebagian orang. Untuk memilih hotel yang pas dengan keinginan sebenarnya mudah saja. Selain dari rate per malam, perhatikan 3 hal ini:

  • Termasuk sarapan

Pastikan Anda memilih kamar yang harganya sudah termasuk sarapan. Sehingga di pagi harinya, Anda tidak perlu bingung mencari makanan lagi. Bila perlu, cari tahu seberapa enak dan variatifnya menu sarapan pada hotel tersebut.

  • Menawarkan banyak fasilitas

Fasilitas beragam sudah sepatutnya menjadi syarat utama hotel yang layak untuk dijadikan tempat staycation. Sekalipun rate per malamnya agak lebih mahal, tetapi Anda akan dibuat merasa puas.

  • Berada di sekitar tempat menarik

Terakhir, tak ada salahnya pula jika Anda memilih hotel yang dikelilingi oleh beberapa tempat menarik, seperti pemandangan gunung atau pantai. Pemandangan indah diyakini dapat menyegarkan pikiran dan tubuh. Walau hanya berdiam di hotel, ada nilai rekreasi lebih bila hotel memiliki hal ini.

Manfaatkan Promo

Berencana staycation dalam waktu dekat? Manfaatkan promo diskon hotel dari kartu kredit BRI. Dengan mengakses website dan mobile app Panorama JB Tours, Anda berhak mendapat diskon sebesar 10% untuk minimum spend sebesar Rp2,5 juta. 

Promo ini hanya berlaku hingga 30 April 2019. Jadi, bila Anda belum memiliki kartu kredit BRI, segera apply sekarang juga. Tak perlu mendatangi kantor bank, cukup ajukan lewat marketplace produk keuangan CekAja.com aja. Syaratnya mudah, prosesnya cepat!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami