Liburan Mewah Harga Murah dengan Tips-Tips Berikut Ini

10 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Siapa sih yang tidak mau liburan mewah harga murah? Menginap di hotel bintang 5, makan di restoran terkenal, hingga menikmati pemandangan indah dari kapal pesiar mungkin akan menjadi liburan idaman bagi sebagian besar orang.

Hanya saja, hal-hal tersebut memang biasanya dapat dinikmati jika kamu memiliki anggaran liburan yang lebih. Sehingga bagi sebagian orang, liburan seperti itu mungkin hanya dapat tercapai jika mengumpulkan uang yang dibutuhkan untuk waktu yang cukup panjang.

Percaya atau tidak, sebenarnya liburan mewah harga murah sagat mungkin untuk dilakukan lho, meskipun kamu memiliki anggaran yang terbatas. Kok bisa? Nah, di dalam kesempatan kali ini kita membahas tentang tips liburan mewah harga murah tanpa membutuhkan dana yang besar. Yuk kita simak bersama-sama.

Tips Liburan Mewah Harga Murah

1. Berlibur Ketika Bukan Musim Liburan

Tips liburan mewah harga murah yang pertama ialah dengan merencanakan perjalanan liburan ketika bukan musim liburan. Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa ketika musim liburan tiba, maka berbagai paket tur hingga harga tiket pesawat akan melambung tinggi dan inilah yang akan membuat anggaran liburanmu menjadi lebih besar pula.

Bukan hanya liburan panjang saja, cuti bersama pun yang hanya 1-2 hari juga sangat berpengaruh terhadap meningkatnya harga tiket. Maka dari itu, jika kamu ingin sedikit merasakan yang namanya liburan mewah harga murah meskipun dengan anggaran terbatas, segera manfaatkan cuti untuk bisa merencanakan liburan di hari-hari yang bukan musim liburan.

Biasanya, liburan natal, tahun baru, liburan sekolah, dan lebaran merupakan bulan-bulan dimana harga tiket dapat dipastikan akan melambung tinggi.

Hal Penting Ketika Berburu Tiket Hemat

Nah, dilansir oleh Skyscanner.com, terdapat beberapa hal penting yang harus kamu ingat ketika tengah berburu harga tiket hemat, yaitu:

· Hindari musim liburan dan jam terbang yang popular

Di Indonesia itu sendiri, biasanya musim liburan akan meningkat tajam pada bulan Desember-Januari dan Juli-Agustus. Mengapa demikian? Karena bulan Desember hingga Januari sering kali dimanfaatkan untuk mengajak keluarga berlibur sembari merayakan natal dan tahun baru, sekaligus liburan panjang anak sekolah. Sedangkan untuk Juli dan Agustus biasanya merupakan liburan panjang untuk anak sekolah dan mahasiswa dalam rangka pergantian semester.

· Melakukan Perbandingan

Saat ini sudah banyak sekali situs-situs pemesanan tiket yang berlomba untuk menawarkan harga terbaik. Nah, tidak ada salahnya apabila kamu melakukan perbandingan dari satu situs ke situs lainnya guna mendapatkan harga tiket termurah.

· Selalu Memantau Harga Tiket Secara Berkala

Banyak orang yang beranggapan bahwa semakin cepat kamu memesan tiket, maka kemungkinan mendapatkan harga tiket murah akan semakin tinggi. Hal tersebut memang benar adanya. Namun, selain itu kamu juga bisa memantau harga tiket secara berkala, karena biasanya jam-jam pemesanan tiket juga turut mempengaruhi. Sebagai contoh, kamu bisa mendapatkan harga murah ketika memesan tiket di hari Minggu jam 10 pagi dibandingkan hari-hari biasanya.

Rekomendasi Situs Online untuk Berburu Tiket Hemat

Selain memperhatikan beberapa hal yang berhubungan dengan pemesanan tiket, kamu juga bisa memanfaatkan situs-situs online yang bisa memungkinkanmu untuk mendapatkan tiket pesawat murah dengan berbagai promo yang mereka berikan lho.

Nah, beberapa situs online pemesanan tiket yang bisa kamu manfaatkan antara lain seperti:

· Traveloka.com

Traveloka merupakan salah satu situs pemesanan tiket pesawat secara online yang baru berdiri pada tahun 2012. Meskipun pada awalnya situs ini lebih terfokus pada penerbangan domestik saja, namun saat ini kamu juga sudah bisa memesan tiket penerbangan internasional.

Salah satu keunggulan dari Traveloka bukan hanya harga tiket yang bersaing, melainkan juga fitur-fiturnya yang tergolong lengkap, mulai dari tiket pesawat, tiket kereta api, pemesanan hotel, tiket untuk berbagai atraksi, hingga rental mobil untuk para traveler.

Tidak hanya itu saja, Traveloka bahkan juga menyediakan fitur paylater yang memungkinkan para penggunanya untuk memesan tiket terlebih dahulu sebelum membayarnya secara mencicil layaknya kartu kredit.

Selain itu, melalui Traveloka kamu juga bisa memesan tiket pesawat dan hotel di dalam satu transaksi dalam satu kali pembayaran sehingga ketika bepergian kamu sudah tidak perlu lagi pusing mencari penginapan.

Traveloka akan mengizinkanmu untuk melakukan perbandingan antar maskapai agar bisa menemukan harga terbaik.

https://www.traveloka.com/en/

· AirAsia.com

Selanjutnya ada AirAsia.com yang memang selalu terkenal dengan aneka ragam promo-promonya yang menarik. Sesuai dengan namanya, situs ini hanya melayani penerbangan khusus untuk ranah negara Asia saja, seperti Thailand, Jepang, Korea, dan negara-negara Asia lainnya.

Sama halnya seperti Traveloka, Air Asia juga melayani pemesanan tiket dan hotel di dalam satu transaksi yang sama sehingga kamu sudah tidak perlu lagi pusing mencari penginapan. Guna mendapatkan tiket murah, kamu juga harus rajin memantau aplikasi karena bisa saja promo yang ada di hari itu akan berbeda lagi di keesokan harinya.

Selain itu, apabila traveloka mengizinkan para penggunanya untuk melakukan perbandingan harga antar maskapai, berbeda dengan Air Asia yang memang memiliki maskapai sendiri sehingga jika kamu memesan tiket melalui situs ini, maka secara otomatis kamu akan melakukan penerbangan dengan menggunakan maskapai Air Asia.

https://www.airasia.com/id/id

· Tiket.com

Situs pemesanan tiket murah selanjutnya yaitu tiket.com. Situs ini tidak jauh berbeda dengan situs-situs pemesanan tiket online lainnya. Hanya saja yang menjadi pembeda antara tiket.com dan situs lainnya yaitu bahwa tiket.com memiliki beberapa fitur yang terbilang cukup menarik.

Setiap melakukan pemesanan di tiket.com, kamu secara otomatis akan mendapatkan poin yang diberi nama TIX poin. Nah, TIX poin ini jika kamu kumpulkan untuk kedepannya bisa ditukarkan oleh produk ataupun jasa yang tersedia di situs tiket.com itu sendiri, seperti tiket pesawat, hotel, hingga aneka ragam hiburan dan atraksi.

Tidak hanya itu saja, di tiket.com kamu juga bisa melakukan pemesan last minute hotel lho, yang mana tentu saja fitur ini akan sangat membantu bagi kamu yang diharuskan untuk melakukan perjalanan dadakan. Bahkan, pemesanan dadakan ini juga memungkinkanmu untuk mendapatkan potongan harga mencapai 50%.

https://www.tiket.com/

2. Memanfaatkan Paket Tur

Tips liburan mewah harga murah selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan paket tur. Biasanya, di dalam paket tur kamu hanya perlu membayar uang yang disertai dengan sejumlah fasilitas yang didapat. Berlibur dengan menggunakan paket tur tidak hanya akan membuat perjalanan liburanmu semakin hemat, namun juga akan memberikan kemudahan karena kamu sudah tidak perlu lagi memikirkan hal-hal yang akan kamu lakukan selama liburan.

Hanya saja, saat ini sudah semakin banyak agen travel ‘bodong’ yang justru memanfaatkan hal ini untuk melakukan penipuan dengan berkedok paket tur murah. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk memilih satu agen travel, ada baiknya jika kamu mencari tahu terlebih dahulu tentang agen travel tersebut dan informasi-informasi yang menyertainya.

Ciri-Ciri Agen Travel Terpercaya

Jika kamu ingin melakukan perjalanan liburan mewah harga murah dengan memanfaatkan paket tur dari agen travel, yuk ketahui dulu beberapa ciri agen travel terpercaya agar tidak salah pilih.

· Telah Terdaftar Resmi

Ciri-ciri yang pertama yaitu telah memiliki izin usaha yang dapat dipertanggungjawabkan. Izin usaha tentu dapat dibuktikan dengan adanya berkas-berkas tertentu sebagai penyedia fasilitas perjalanan, yang mana bisa sekaligus meminimalisir terjadinya penipuna.

Meski begitu, kamu juga tetap harus memperhatikan jejak dari perusahaan terkait agar latar belakang perusahaan agen travel yang ingin kamu gunakan semakin jelas sehingga membuatmu yakin bahwa perusahaan tersebut memang merupakan perusahaan terpercaya.

· Memiliki Lokasi yang Jelas

Ciri-ciri selanjutnya yaitu memiliki lokasi kantor yang jelas. Meskipun agen travel memang paling praktis dilakukan secara online, tetapi setidaknya kamu juga harus mengetahui dimana letak dari agen travel tersebut dan memastikannya.

Adanya lokasi usaha memang tidak dapat dipungkiri menjadi bagian terpenting dari membangun sebuah bisnis untuk menjadikannya profesional dan terpercaya. Ketika melakukan pemesanan melalui online, ada baiknya jika kamu juga turut mengunjungi lokasi kantor secara langsung.

Hal tersebut sangat berguna apabila kamu mengalami penipuan, kamu akan tahu lokasi seperti apa yang harus didatangi.

· Kredibilitas telah Terbukti

Meskipun kamu sedang terburu-buru untuk merencanakan liburan mewah harga murah, kamu tetap tidak disarankan untuk terburu-buru dalam memilih agen travel. Guna meminimalisir salah pilih, ada baiknya jika kamu mencari tahu terlebih dahulu tentang latar belakang agen travel yang kamu incar.

Nah, kredibilitas ini bisa menjelaskan tentang bagaimana agen travel terkait menjalankan bisnisnya, apakah mereka profesional dan berpengalaman ataupun sering kali mengecewakan kliennya.

Kredibilitas bisa kamu cari tahu dengan melihat review atau testimoni dari orang-orang yang telah menggunakan agen travel tersebut. Testimoni bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber, mulai dari kerabat, secara online, ataupun di situs sang agen travel itu sendiri.

· Transparan dalam Bertransaksi

Agen travel terpercaya akan memungkinkanmu untuk melakukan transaksi secara transparan. Dalam arti yaitu mereka akan memberikan seluruh informasi yang dibutuhkan secara detail dan lengkap, mulai dari syarat dan ketentuan, harga, hingga fasilitas yang didapat.

Agen travel yang tidak menutup informasi, meskipun informasi sekecil apapun akan sangat minim potensi dalam melakukan penipuan.

· Memiliki Pusat Bantuan yang Responsif

Agen travel dimanapun itu, pastinya memiliki satu ciri khusus yang bisa menandakan kredibilitasnya, yaitu memiliki pusat bantuan yang responsif, baik itu melalui email, telepon, dan live chat.

Ketika terjadinya suatu masalah, tim dari agen travel akan memberikan bantuan dan jika memungkinkan juga akan langsung membereskan masalah tersebut, sehingga pelanggan tidak perlu khawatir apabila rencana liburannya menjadi berantakan.

Memiliki pusat bantuan yang responsif bisa menjadi bukti pula bahwa agen travel tersebut bertanggung jawab atas kliennya mulai dari awal pembelian tiket hingga berakhirnya liburan.

Rekomendasi Agen Travel Terpercaya

Saat ini sudah banyak sekali agen travel bermunculan dan memberikanmu begitu banyak pilihan. Namun, banyaknya agen travel bukan berarti seluruh agen travel tersebut bisa dipercaya lho.

Nah, agar liburan mewah harga murah yang telah kamu rencanakan dapat berjalan dengan lancar, ada beberapa rekomendasi agen travel yang sudah memiliki reputasi cukup baik yang bisa kamu jadikan pilihan. Apa sajakah itu?

· Panorama Destination

Panorama Destination bisa dikatakan sebagai salah satu penyedia paket liburan mewah harga murah yang sudah cukup berpengalaman di bidangnya. Bagaimana tidak? Perusahaan agen travel ini sudah berdiri sejak tahun 1999 dan telah melayani beribu-ribu perjalanan untuk para pelanggannya.

Menyediakan berbagai paket liburan yang lengkap, seperti paket bulan madu, paket liburan keluarga, paket liburan mewah, diving dan snorkeling, hingga wisata kuliner, Panorama Destination hanya menyediakan paket liburan di empat negara saja, yakni Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

http://www.panorama-destination.com/

· Ezy Travel

Agen travel selanjutnya yang menyediakan paket liburan mewah harga murah yaitu Ezy Travel yang baru berdiri pada tahun 2011. Berada di bawah naungan PT. Dwidaya Indo Exchange, Ezy Travel merupakan salah satu situs Online Travel Agent yang bisa membantumu dalam mencari dan memesan tiket pesawat, hotel, paket wisata, hingga kapal pesiar dengan harga murah.

Selain itu, salah satu hal yang menjadi keunggulan Ezy Travel yaitu mereka tidak hanya melayani pemesanan tiket saja, melainkan juga membantu dalam mengajukan visa dan passport. Jadi, menggunakan agen travel satu ini kamu hanya tinggal duduk manis saja di rumah dan seluruh dokumen sudah dapat diselesaikan.

https://www.ezytravel.co.id/

· Avia Tour

Terakhir ada Avia Tour yang tidak hanya bisa melayani perjalanan domestik saja, melainkan juga persajalan liburan mewah harga murah di berbagai belahan dunia, mulai dari Afrika, Amerika, hingga Eropa.

Selain itu, kamu juga bisa bisa mengajukan asuransi, passport, hingga keperluan visa melalui Avia Tour ini.

https://www.avia.travel/

3. Menggunakan Poin Kartu Kredit

Tips terakhir dalam liburan mewah harga murah yaitu dengan menggunakan poin kartu kredit dalam melakukan pembelian tiket pesawat dan hotel. Ada beberapa situs online yang justru memberikan promo besar-besaran bagi pengguna kartu kredit tertentu.

Tidak hanya itu saja, pemilik kartu kredit juga memungkinkan untuk bisa melakukan transaksi dengan lebih hemat ketika tiba di negara tujuan. Tetapi, kamu juga perlu mengetahui bahwa tidak semua jenis kartu kredit dapat digunakan ketika traveling.

Rekomendasi Kartu Kredit Agar Liburan Menjadi Lebih Hemat

Nah, jika kamu ingin mencoba untuk memanfaatkan poin kartu kredit dalam melakukan liburan mewah harga murah, terdapat beberapa rekomendasi kartu kredit yang bisa membuat pengeluaran liburanmu menjadi semakin hemat.

· Mandiri Skyz Card

Kartu kredit pertama yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan liburan mewah harga murah yaitu Mandiri Skyz Card yang diterbitkan oleh bank mandiri.

Jika pengajuan kartu kreditmu disetujui, maka kamu akan langsung mendapatkan voucher traveloka sebesar Rp. 500 ribu, yang mana voucher tersebut bisa kamu gunakan untuk melakukan pemesanan tiket pesawat, hotel, hingga paket akomodasi.

Selain itu, setiap melakukan transaksi menggunakan mata uang asing sebesar Rp. 20 ribu, maka kamu juga akan mendapatkan double fiestapoin yang bisa kamu tukarkan dengan program mileage dari berbagai maskapai penerbangan yang bekerjasama, seperti Garuda Indonesia, Air Asia, Asia Miles, dan Singapore Airlines KrisFlyer.

Tidak hanya itu saja, jika ditengah liburan kamu justru mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan, seperti keterlambatan pesawat hingga kehilangan bagasi, kamu bisa mendapatkan penggantian biaya hingga mencapai Rp. 20 juta. Wow banget kan!

· BNI Garuda Signature

Rekomendasi kartu kredit lainnya untuk liburan mewah harga murah yaitu BNI Garuda Signature. Bagi kamu yang senang atau secara rutin melakukan penerbangan dengan menggunakan maskapai Garuda, maka kartu kredit satu ini dijamin akan sangat membantu dan memberikanmu segudang manfaat.

Banyak sekali penawaran menarik yang bisa kamu manfaatkan, seperti double miles, bonus Garuda Miles, diskon 5% untuk pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia, serta fasilitas Executive Lounge di berbagai bandara secara gratis.

Tidak hanya itu saja, pemegang kartu kredit ini juga akan mendapatkan jaminan perlindungan asuransi kecelakaan dengan tanggungan mencapai Rp. 7 miliar!

Nah, salah satu syarat yang perlu kamu penuhi untuk pengajuan kartu kredit BNI Garuda Signature yaitu dengan minimal penghasilan Rp. 3 juta per bulan.

Ingin rencana liburan mewah harga murah dapat berjalan dengan lancar? Tak perlu pusing! Yuk segera ajukan kartu kredit di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha