Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Liburan Sehat? Simak Kiat-kiatnya Yuk Biar Gak Loyo!

by Teti Purwanti on 8 Juli, 2019

Banyak orang lupa, bahwa selain masalah finansial, mengupayakan agar tetap sehat saat liburan juga merupakan hal yang penting. Tujuannya, agar liburan kamu menjadi paripurna.

kesehatan liburan

Untuk kamu yang sudah merencanakan liburan tentu tidak lupa kan untuk menjaga kesehatan kamu? Kalau belum tahu bagaimana caranya, coba beberapa tips ini agar kesehatanmu terjaga selama liburan.

(Baca juga: Tips Menabung Biar Bisa Liburan Setiap Tahun Bareng Keluarga)
Banyak minum air putih

Pergi kemana pun kamu tentu kamu akan memilih waktu saat musim cerah alias kemarau kalau liburanmu di dalam negeri. Karena itu, pastikan kamu banyak minum air putih selama liburan. Kalau perlu bawalah botol minum kamu sendiri. Selain hemat, hal ini juga akan membantu mengurangi sampah plastik dari botol minum kemasan.

Oia, tentu saja minum minuman dingin saat tengah hari setelah seharian jalan-jalan sungguh melegakan. Namun, usahakan untuk menahan diri, kamu tentu tidak ingin terkena radang saat pulang liburan bukan? Pastikan kamu mengonsumsi air putih delapan gelas per hari (dua liter) dan kurangi asupan minuman bersoda atau minuman manis.

Makanan sehat selama liburan

Wisata kuliner tentu sangat menyenangkan, tetapi jangan lupa makan-makanan yang sehat dan bergizi seimbang agar perjalanan kamu tidak terganggu. Misalnya kamu liburan ke Sumatera Barat dengan makanan yang penuh lemak dan santan, pastikan kamu perbanyak minum air putih dan seimbangkan dengan buah, agar tubuh kamu tidak kaget dengan makanan yang berlemak.

Kamu juga jangan terlalu banyak makan makanan pedas. Kamu tentu tidak ingin lebih banyak ke kamar mandi dibandingkan menikmati pemandangan indah kan?

Jangan lupa juga untuk bawa obat-obatan dasar yang penting untuk kamu. Kalau kamu sempat, usahakan pula selalu mengecek info-info penting seperti prakiraan cuaca dan udara pada hari kamu berkeliling. Saat ini sangat mudah mengakses hal tersebut dari ponsel pintar kamu.

Cuci tangan dan gunakan masker

Kuman ada di mana saja bahkan di tempat bersih sekalipun. Cuci tangan dianggap salah satu kebiasaan baik yang akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan. Nah, agar tetap sehat saat liburan, usahakan mencuci tangan, terutama sebelum makan dan usai berkegiatan. Kalau kamu juga suka menggunakan hand sanitizer, juga bisa menjadi opsi untuk kamu. Namun, beri waktu hingga hand sanitizer menyerap sempurna sebelum memakan sesuatu.

Adapun masker saat ini sangat penting, karena polusi udara di Indonesia termasuk yang terburuk. Selain itu, mata, hidung, dan mulut menjadi sarang bakteri, selain tangan.

Pemanasan dan olahraga kecil

Kalau kamu jalan keliling melihat pemandangan indah kamu samakan dengan olahraga itu salah besar. Itu tidak sama dengan latihan fisik, karena itu, jangan sampai mentang-mentang libur, kamu juga libur berolahraga. Apalagi kalau kamu makan-makanan yang berlemak, kolesterol tinggi, dan kudapan manis-manis.

Lawan rasa malas dan luangkan waktu untuk berolahraga. Kalau kamu menginap di hotel yang ada kolam renangnya, kamu bisa berenang. Atau lari pagi di sambil menyusuri kota yang tidak kamu kenal juga akan sangat menyenangkan.

(Baca juga: Liburan Kilat dengan Staycation di Hotel)
Istirahat cukup dan jauhkan diri dari stres

Jangan mengabaikan kesehatan mentang-mentang tengah liburan. Istirahat yang cukup sangatlah penting, apalagi tidur memiliki fungsi untuk memulihkan tubuh kita.

Kalau kamu berada di zona waktu berbeda dari asal kamu, paksakan untuk beristirahat sesuai jadwal baru tersebut. Tidurlah delapan jam dalam sehari dan tidur siang 30 menit untuk mendapatkan energi.

Kalau kamu tidak bisa tidur siang, sekedar memejamkan mata selama beberapa menit bisa membantu meringankan pikiran, yang bisa kamu curi-curi saat berada di kendaraan saat menuju tempat wisata selanjutnya.

Terakhir, pastikan liburan ini kamu nikmati dan terhindar dari stres yang kamu bawa. Macet dan kondisi tak mengenakkan lainnya memang tak bisa dihindari, tapi jangan sampai kamu terbawa stres. Sering-seringlah menarik napas agar pikiran tetap tenang, dan selalu ingat bahwa liburan untuk membuat senang bukan menjadi terbebani.

Selain itu, jangan lupa lindungi diri dengan asuransi perjalanan selama liburan. Cek pilihannya di CekAja.com!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami