Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Liburan Sekolah, Cek 5 Tempat Wisata Irit dan Edukatif Ini

by Achmad Fauzi on 2 Juli, 2018

Masa liburan sekolah sebaiknya diisi dengan kegiatan positif termasuk berwisata edukatif. Nah, jika Anda terkendala dengan bujet yang terbatas, maka Anda bisa memilih tempat wisata yang edukatif sekaligus irit. Yuk, simak!

investasi online aman

Kegiatan wisata edukatif akan menambah pengetahuan anak-anak Anda. Dengan begitu, liburan akan terasa lebih menyenangkan dan bermanfaat. Anda bisa mengenalkan berbagai hal lewat wisata edukatif, mulai dari sejarah hingga dunia binatang.

Nah berikut ini daftar tempat wisata edukatif di Jabodetabek yang bisa Anda kunjungi bersama anak-anak untuk mengisi liburan.

Widget TRV Insurance

Kuntum Farm Field

Bagi Anda yang ingin mengenalkan tentang bercocok tanam kepada anak-anak, maka tempat wisata Kuntum Farm Field sangat cocok untuk Anda kunjungi. Pasalnya, di sana anak-anak akan diajarkan cara menanam hingga cara memanen berbagai jenis tanaman.

Selain itu, anak-anak Anda juga bisa berinteraksi dengan hewan-hewan seperti kelinci dan kambing. Anak-anak dapat memberikan makan hewan-hewan tersebut. Jika Anda tertarik, Anda bisa langsung ke Kuntum Farm Field yang berada di Jalan Raya Tajur No.291, Bogor. Tiket masuknya pun relatif murah hanya Rp40.000 per orang.

(Baca juga: 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengajukan KTA)

Planetarium

Planetarium juga merupakan salah satu tempat wisata edukatif. Di Planetarium, Anda bisa mengenalkan anak tentang tata surya. Selain itu, terdapat pertunjukan teater bintang. Melalui pertunjukan tersebut, anak-anak dapat mengenal matahari, bulan, bintang, dan planet-planet di tata surya serta perkembangan pemahaman manusia tentang alam semesta.

Selain itu, lewat pertunjukan tersebut, anak-anak akan diajak menjelajahi ruang antar planet di tata surya. ‎Liburan anak Anda pun semakin bermanfaat, karena mendapatkan ilmu baru seputar pengetahuan alam.

Anda bisa mengunjungi Planetarium setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB. Tiket masuk ke Planetarium sangat terjangkau, Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp3.500 untuk anak-anak dan Rp7.000 untuk dewasa.

Godong Ijo

Bagi Anda yang ingin mengenalkan anak dengan alam, maka bisa berkunjung ke Godong Ijo. Godong Ijo merupakan salah satu tempat wisata edukatif dengan dengan nuansa alam kebun seluas 2,5 hektare.

Di dalam Godong Ijo, Anda bisa mengenalkan berbagai macam tanaman kepada anak-anak. Anak-anak Anda bisa belajar cara menanam dan bagaimana cara merawat tanaman. Selain itu, terdapat pula area pemancingan. Di area tersebut, anak bisa belajar sabar dengan cara menanti ikan datang melahap umpan yang disediakan.

Sangat menarik bukan? Anda bisa langsung berkunjung ke Godong Ijo yang berada di Sawangan Depok, atau lebih tepatnya di Jalan Cinangka, Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, Depok. Harganya tiket masuknya pun murah hanya Rp15.000 per orang.

Pusat Peragaan IPTEK

Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Science Center) atau disingkat PP-IPTEK adalah sarana pembelajaran luar sekolah untuk menumbuh kembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan dan kreatif.

Dengan begitu, Anda bisa mengajarkan anak Anda dengan berbagai pengetahuan dan teknologi. Terdapat 250 alat peraga yang bisa disentuh, dipegang, dan dimainkan oleh anak Anda.

Dengan begitu, anak bisa mengerti bagaimana perkembangan teknologi dari zaman dahulu hingga terkini. Untuk mengunjungi PP-IPTEK, Anda bisa mendatangi Taman Mini Indonesia Indah yang terletak di Jakarta Timur, karena PP-IPTEK terletak di dalamnya. Harga tiket TMII sebesar Rp10.000 per orang dan harga tiket PP-IPTEK sebesar Rp16.500 per orang.

Monas

Tahukah Anda di bagian bawah tugu Monas terdapat sebuah museum bernama Museum Sejarah Nasional Indonesia? Anda bisa mengenalkan sejarah Indonesia kepada anak-anak dengan mengunjunginya.

Selain itu, agar anak-anak tidak bosan, Anda juga bisa naik ke puncak tugu untuk melihat pemandangan Kota Jakarta. Agar lebih jelas, ajaklah anak-anak melihat pemandangan Kota Jakarta dengan teropong.

Tugu Monas buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp7.500 untuk dewasa dan Rp3.500 untuk anak-anak.

Itulah beberapa tempat wisata edukatif yang bisa Anda kunjungi bersama anak Anda. Dengan mengunjungi tempat wisata tersebut, yakinlah liburan Anak Anda akan bermanfaat dan penuh dengan pengetahuan.

Agar perjalanan wisata lebih irit, Anda juga bisa memanfaatkan kartu kredit. Mengapa? Karena kartu kredit seringkali menawarkan berbagai promo menarik berupa potongan harga di tempat wisata, restoran, hingga hotel.

Nah, jika Anda belum memiliki kartu kredit, maka tak perlu khawatir. Anda bisa mengajukan kartu kredit secara cepat dan mudah di CekAja.com.

(Baca juga: INFOGRAFIS: Cek Estimasi Modal hingga Omzet Bisnis Laundry)

E-commerce finansial nomor satu di Indonesia ini menyediakan kartu kredit dari berbagai bank. Yuk, mulai dari sekarang ajukan kartu kredit di CekAja.com‎.

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami