Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Lima Cara Berpikir yang Membuat Kamu Terus Miskin

by Rafly Aditia on 19 Februari, 2016

tips anti bangkrut dan miskin _ investasi.com

Setiap orang wajib berpikir positif. Namun, ada beberapa pemikiran yang ternyata membuatmu tidak pernah menjadi sukses. Bahkan, pemikiran ini membuatmu tidak kaya dan terus miskin hingga sekarang.

Kesuksesan merupakan salah satu hal yang bersifat luwes. Setiap orang memiliki deskripsi kesuksesan yang berbeda-beda. Namun, intinya tetap sama yaitu berhasil meraih tujuan masing-masing dalam hidup. Dalam meraih tujuan tersebut pasti ada yang namanya rintangan. Sayangnya, banyak sekali pemikiran yang salah saat menghadapi rintangan tersebut dan menyebabkan diri sendiri terhambat bahkan tidak bisa meraih kesuksesan itu.

Nah, berikut ini ada beberapa daftar cara berpikir yang gak bakalan pernah bikin kamu sukses karena menghambat diri kamu untuk terus berkembang. Penasaran? Ini dia daftarnya;

I’m not good enough

Apabila masih terlintas pikiran yang mengatakan pada diri sendiri bahwa diri kamu belum cukup baik untuk melakukan sesuatu atau bertindak. Maka pemikiran tersebut merupakan sebuah kesalahan yang bisa saja menutup jalan menuju kesuksesan.

Kenapa demikian? Ketika pikiran mengatakan pada diri sendiri bahwa kamu belum cukup baik untuk melakukan sesuatu sementara sebenarnya bisa dan dibutuhkan action yang spontan untuk melakukan hal tersebut, itu sama saja dengan membuang-buang peluang dan berarti menunda kesuksesan yang harusnya bisa didapatkan mungkin saat itu juga.

I ain’t born rich

Ini merupakan salah satu excuse atau alasan yang benar-benar tidak berbobot. Yup “I ain’t born rich” adalah salah satu pemikiran yang menghambat diri untuk meraih kesuksesan. Pemikiran yang membanding-bandingkan diri terhadap orang lain yang terlahir sedikit lebih beruntung karena kekayaan yang dimiliki oleh orang tuanya bukanlah alasan yang tepat untuk tidak meraih kesuksesan.

Seperti apa yang dikatakan oleh seorang Bill Gates “If you are born poor it’s not your mistake, but if you die poor it’s your mistake” yang berarti kalau kamu terlahir miskin bukanlah kesalahanmu, namun kalau kamu meninggal dalam keadaan miskin adalah kesalahanmu. Intinya, semua orang tanpa terkecuali bisa menjadi kaya raya dengan kerja keras dan kemauan untuk merubah nasibnya.

So, tidak ada alasan untuk mengeluarkan kata-kata “Mereka enak, sementara aku tidak terlahir kaya raya” dan sebagainya.

(Baca juga: Kredit Sepeda Motor Bisa Bikin Miskin Kalau…)

I’m not ready yet

Memang ada benarnya untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu ketika akan sedang melakukan sesuatu. Apalagi bila hal tersebut merupakan hal yang sifatnya massive dan begitu penting. Pastinya sebisa mungkin meminimalisir atau bahkan tidak ada kesalahan yang tercipta.

Tetapi, seringkali pikiran pesimis yang terus berkata “I’m not ready yet” berulang kali di setiap momen-momen penting sama saja dengan menciptakan ketakutan ketika akan melakukan sesuatu. Sudah pasti hal ini sangatlah buruk dan bisa membuat diri gagal menggapai kesuksesan.

I can’t

Lagi-lagi pikiran pesimis benar-benar bisa mempengaruhi perkembangan diri kedepannya, dan pastinya cenderung mempengaruhi dalam konotasi yang negatif. Salah satunya adalah pemikiran yang selalu bilang bahwa diri kamu tidak bisa melakukan sesuatu.

I can’t” ketika dihadapi dengan sebuah rintangan besar, pikiran pesimis kerap muncul dan salah satunya adalah pikiran yang berkata bahwa diri kamu tidak bisa melakukannya. Perlu kamu ketahui, bahwa setiap profesional dulunya merupakan seorang pemula yang benar-benar tidak bisa apa-apa.

Jadi, jangan takut untuk melakukan sesuatu yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Selama ada kemauan untuk belajar pasti bisa melakukannya.

(Baca juga: Sederet Hobi Miliarder yang Membuat Mereka Makin Pintar dan Lebih Kaya)

Everything is easy

Kali ini merupakan pikiran yang positif tetapi cenderung nyeleneh dan terlihat meremehkan. Yup, tidak jarang orang memandang remeh terhadap sesuatu dan berpikiran bahwa dirinya bisa melakukan semua hal tanpa kesulitan dan dirinya mengungkapkan itu di depan banyak orang.

Ini adalah tindakan yang terlalu percaya diri, dan bisa menjadi boomerang bagi kamu. Untuk itu, belajarlah untuk berpikir optimis terhadap semua hal namun juga tetap merendah agar menjagamu jauh dari sifat takabur yang menghalangimu menuju kesuksesan.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami