Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Lima Daerah Dekat Jakarta yang Harga Rumahnya Hanya 200jt-an

by Ariesta on 12 Oktober, 2016

rumah di Jabodetabek_KPR - CekAja.com

Harga hunian yang semakin mahal di kota-kota besar memang membuat pusing kepala. Apalagi bagi mereka yang bekerja di Jakarta. Jangankan membeli rumah, mengontrak sebuh kamar sederhana di wilayah Jakarta Pusat saja sekarang bisa mencapai Rp2 juta per bulan.

Padahal dengan harga yang sama, uang tersebut bisa dipakai untuk membayar cicilan kredit rumah di kota penyangga (buffer). Di wilayah buffer yang meliputi Bodetabek, kamu masih bisa mendapatkan rumah seharga Rp200 jutaan. Kamu yang bekerja di Jakarta pun tidak perlu khawatir karena lokasi hunian berikut ini bisa ditempuh pulang pergi. Di mana saja? Baca artikel ini hingga tuntas.

Cilebut

Cilebut terletak di Kabupaten Bogor. Wilayah ini dekat dengan Kota Bogor sehingga hanya butuh sekitar 20-30 menit untuk mencapai pusat Kota Bogor.  Daerah ini memiliki fasilitas stasiun Cilebut yang letaknya hanya berjarak satu stasiun sebelum stasiun Bogor. Meski lokasinya strategis, masih banyak perumahan baru yang dibanderol dengan harga Rp200 jutaan.

Salah satunya adalah Cluster Griya Elpia Indah yang berada persis di sisi Jalan Raya Cilebut. Lokasinya juga hanya lima menit dari stasiun Cilebut dan 15 menit dari exit tol Sentul Selatan. Karena lokasinya dekat dengan Kota Bogor, kamu tidak perlu khawatir dengan keberadaan rumah sakit, pasar, mal, maupun sekolah.

Dengan harga Rp288 juta kamu mendapatkan rumah dengan luas bangunan 36 m² dan luas tanah 72 m². Jika DP yang kamu bayarkan Rp43.200.000 (15%), maka kamu cukup membayar cicilan KPR per bulan Rp2.332.376 per bulan selama 15 tahun.

Bojonggede

Bojong Gede adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor yang dilalui oleh stasiun Bojonggede. Salah satu yang menawarkan hunian murah di area ini adalah Villa Palem Asri. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp240 juta untuk luas bangunan 36 m² dan luas tanah 72 m². Perumahan ini berjarak 730 meter dari stasiun Bojonggede dan dapat ditempuh sekitar lima menit saja.

Jika kamu membayar Rp36 juta (15%) untuk DP, maka cicilan yang harus kamu bayarkan selama 15 tahun adalah Rp1.943.646 per bulan. Jangan khawatir dengan fasilitas umum karena sekolah dari TK hingga SMA sudah tersedia.

Citayam

Citayam terletak di antara Kota Depok dan Bojong Gede. Namun, secara adminitsratif masuk wilayah Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Hunian di daerah ini semakin berkembang karena dekat dengan Bogor maupun Depok.

Salah satu yang bisa kamu pilih sebagai hunian adalah Griya Galeri Citayam. Lokasinya hanya 1 km dari stasiun Citayam. Untuk menuju Stasiun Citayam terdapat angkutan umum. Harga rumah yang ditawarkan untuk luas bangunan 30m² dan luas tanah 72 m² adalah Rp235 juta saja.

Andaikan kamu mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan membayar DP 15% atau Rp35.250.000, maka cicilan yang harus dibayarkan selama 15 tahun adalah Rp1.903.154 per bulan. Cukup terjangkau jika kombinasi penghasilanmu dan pasangan mencapai Rp6 juta per bulan atau lebih.

Ciapus

Bagi kamu yang mendambakan punya rumah di area yang masih sejuk bisa memilih daerah Ciapus, Bogor. Ciapus merupakan bagian dari Kabupaten Bogor yang jaraknya hanya sekitar 4 km ke pusat Kota Bogor. Hawa sejuk dan udara bersih terasa karena area ini berada di dataran tinggi.

Untuk rumah dengan ukuran 36m² dan luas tanah 72 m² harga rata-ratanya mencapai Rp300-jutaan. Namun Perumahan Kanara Green Village Ciapus Bogor menawarkan harga Rp290 juta dengan lokasi strategis yang dekat dengan banyak sekolah, pasar dan pusat perbelanjaan.

Umpamanya kamu membayar DP 15% atau Rp43.500.000, maka cicilan yang harus dibayarkan selama 15 tahun adalah Rp2.348.573 per bulan. Harga yang cukup terjangkau di lokasi strategis dengan pemandangan gunung Salak.

Cileungsi

Terletak di perbatasan Bogor, Depok, Jakarta, dan Bekasi, terdapat wilayah Cileungsi yang kini tengah digarap oleh berbagai developer. Salah satunya adalah komplek perumahan Citra Indah City. Citra Indah City menawarkan beberapa tipe mulai dari 22/72, 22/90, 36/90, dan 38/120. Luas tanah yang cukup besar memungkinkan kamu untuk merenovasi rumah sesuai keinginan.

Harga yang ditawarkan untuk tipe 36/72 adalah Rp231.427.500. Dengan DP 10% atau Rp25.487.025, maka cicilan untuk tenor 15 tahun adalah Rp2.360.794. Meskipun lokasinya tidak berada di tengah kota Jabodebek, namun pengembang sudah mengantisipasi dengan menghadirkan feeder bus jurusan Komdak-Blok M-Citra Landa dan angkutan kawasan. Fasilitas lainnya adalah minimarket, fresh market, sekolah, tempat ibadah, dan water park.

Berminat untuk membeli rumah idaman tahun ini? Segera miliki dengan mengajukan Kredit Perumahan Rakyat (KPR) di sini

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami