Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Lima Hal Ini Wajib Masuk dalam Daftar Resolusi Finansial Kamu di Tahun 2016

by Ariesta on 31 Desember, 2015

Dengan semua kesibukan menjelang akhir tahun, menjadi mudah untuk lupa pada tujuan-tujuan yang ingin Anda capai di tahun depan. Padahal, akhir tahun merupakan saat yang tepat untuk mengevaluasi dan membuat resolusi finansial.

Apakah Anda banyak berutang di tahun 2015 ini? Apa ada banyak cicilan yang harus Anda bayar? Apa kartu kredit selalu mencapai limit setiap bulannya? Apakah Anda tetap tidak bisa mengerem keinginan belanja? Kalau jawabannya banyak ‘ya’ ini berarti Anda harus memasukan hal berikut untuk menjadi resolusi di tahun 2016.

Lunasi tagihan kartu kredit

Sering merasa gaji yang diterima cepat habis? Mungkin ini karena Anda selalu menggunakan sebagian untuk membayar tagihan kartu kredit. Buat evaluasi tagihan setiap bulan dan kebiasaan Anda dalam menggunakan kartu kredit. Jangan pernah membeli sesuatu yang tidak benar-benar Anda butuhkan atau sesuatu di luar kemampuanmu. Untuk dapat bernapas lega di awal tahun, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melunasi tagihan kartu kredit.

(Baca juga: Empat Jurus Jitu Bebas dari Tunggakan Utang Kartu Kredit)

Menyisihkan dana untuk pensiun

Kebanyakan orang tidak punya dana cukup saat masa pensiun tiba. Meski uang sehari-hari mepet, namun dengan kreativitas dan usaha, Anda tetap bisa menyisihkan sedikit. Semakin baik jika bentuk dana pensiun Anda berupa investasi.

Kurangi tagihan bulanan

Ada banyak cara untuk mengurangi tagihan bulanan. Mulai dari cara sederhana seperti hemat listrk dan hemat air, sampai mengubah paket tv berlangganan dan internet.

Menyiapkan dana darurat

Dana darurat harus dimiliki di mana iklim ekonomi yang tak terduga bisa berimbas pada keuangan Anda. Pangkas pengeluaran sehari-hari dan buatlah simpanan dengan jumlah setidaknya enam bulan biaya hidup. Dana darurat ini merupakan antisipasi jika Anda kehilangan pekerjaan atau terjadi krisis hebat.

(Baca juga: 7 Langkah Efektif Atur Anggaran Bulanan Bagi Anda yang Masih Boros)

Tingkatkan gaya hidup sehat

Sakit itu mahal. Dengan memulai gaya hidup sehat, artinya Anda menanam aset yang baik untuk masa depan. Tubuh yang sehat juga memungkinkan Anda bekerja lebih baik dan menikmati hal-hal mengasyikan dalam hidup. Mulailahdari pemilihan makanan, rutin berolahrga, dan istirahat yang cukup.

Resolusi yang paling canggih pun tidak ada artinya tanpa niat untuk mewujudkan serta perancaan yang baik. Karenanya, buatlah target 30 hari, 60 hari, 90 hari dan seterusnya untuk memastikan Anda tetap dalam jalur. Bila perlu, beri hadiah pada diri sendiri jika Anda berhasil mencapai resolusi tersebut.

Sudah siap menyambut tahun 2016 dengan resolusi finansial terbaru?

Tentang Penulis