Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Lima Hal yang Seharusnya Membuat Kamu Lebih Hemat Saat Puasa

by Ariesta on 7 Juni, 2016

Siapa di antara kamu yang malah jadi makin boros saat puasa? Tenang, kamu tidak sendirian kok. Keinginan berbuka dengan ini-itu, keinginan sahur dengan santapan enak, keinginan membeli baju baru, semua ini malah membuat dompetmu jebol.

Pengeluaran semakin besar mendekati lebaran karena banyaknya undangan berbuka bersama, belanja kue khas lebaran, dan bagi-bagi THR untuk saudara. Rasanya THR yang didapat dari kantor langsung habis tak berbekas. Padahal ada lima hal yang seharusnya membuat kamu lebih hemat saat puasa seperti berikut ini.

Tidak ada makan siang

Karena sedang berpuasa, kamu tidak perlu keluar uang untuk makan siang. Kamu pun juga lebih hemat karena dijauhkan dari godaan membeli camilan dan ngopi sore.

Kalau sekali makan siang kamu menghabiskan Rp30.000, camilan Rp15.000, dan kopi Rp25.000, dalam 20 hari kerja selama bulan Ramadan kamu bisa berhemat Rp1,4 juta. (Baca juga: Kamu Bisa Lebih Sehat Selama Puasa Bila Tidak Konsumsi Ini)

Banyak takjil gratis

Hal lain yang membuat pengeluaran boros selama Ramadan adalah keinginan berbuka dengan menu macam-macam alias lapar mata. Seringnya kamu tidak menghabiskan semuanya karena kepalang kenyang sehingga jadi mubazir.

Padahal berbuka cukup dilakukan sederhana misalnya dengan teh manis hangat dan buah kurma. Atau kalau kamu sudah memiliki kolak, rasanya tidak perlu membeli es buah. Selain itu upaya penghematan juga bisa dilakukan dengan takjil gratis. Takjil gratis biasanya dibagikan di masjid-masjid besar dan menunya pun berganti setiap hari.

Manfaatkan diskon kartu kredit di restoran

Bulan puasa tidak terlepas dari ajakan buka bersama dari teman-teman. Mulai dari teman SD, teman SMP, teman sekelas di SMA, teman angkatan di SMA, geng selama SMA, teman eskul, teman kuliah, wah banyak sekali ya. (Baca juga: Kamu Bisa Lebih Sehat Selama Puasa Bila Tidak Konsumsi Ini)

Untuk acara berskala besar biasanya kamu diminta patungan. Tapi untuk skala kecil, seringnya kamu janjian di restoran dan membayar sendiri-sendiri. Supaya lebih hemat, pilih restoran yang memberikan diskon sesuai dengan kartu kredit yang kamu miliki. Silaturahmi terjalin, dompetmu pun tetap aman.

Memilah mana keinginan dan kebutuhan

Selain menyajikan banyak berkah dan ampunan, bulan Ramadan juga menyajikan banyak godaan. Mulai dari makanan yang enak-enak, buka bersama di luar yang membuat ibadah malah menjadi lalai, sampai diskon di mall.

Pilih mana yang kamu butuhkan dan mendatangkan kebaikan. Dengan memilah mana keinginan dan yang mana kebutuhan, kamu bisa lebih hemat di bulan suci ini. Selamat berpuasa!  (Baca juga: 5 Alasan Kamu Malah Jadi Boros Walau Puasa)

Manfaat diskon ojek online

Malas bermacet-macetan di jalan untuk membeli menu buka puasa? Manfaatkan saja diskon yang disediakan ojek online.

Misalnya GrabFood yang memberikan takjil gratis untuk pengguna setianya. Caranya cukup menunjukkan bukti perjalanan bersama Grab di gerai Alfamart terpilih yang tersebar di Jadetabek dan nikmati sajian buka puasa gratis. Selain itu ada juga gratis biaya antar dan potongan Rp 20.000 dari total biaya makananmu dengan menggunakan kode promo GFRAMADAN. (Baca juga: Ojek Online Apa yang Tarifnya Lebih Murah?)

GO-JEK melalui GO-FOOD juga memiliki promo biaya pengantaran spesial yakni Rp9.000 untuk restoran partner. GO-FOOD sendiri memiliki lebih dari 7.000 partner dari 35.000 restoran yang telah terdaftar di dalam aplikasi GO-FOOD di 10 Kota. Baik dengan GrabFood atau GO-FOOD, kamu tetap bisa makan enak dengan harga lebih murah.

Tentang Penulis