Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Lima Ide Bisnis Online Modal Kecil yang Menjanjikan

by Ayunindya Annistri on 5 Maret, 2020

Kebanyakan pebisnis pemula berpikir bila menjalankan suatu usaha itu dibutuhkan modal besar. Anggapan ini tidaklah salah, namun bukan berarti semua bisnis yang dirintis butuh banyak modal. Karena sebetulnya ada beberapa ide bisnis online modal kecil yang bisa dicoba.

ide bisnis online modal kecil

Bisnis online merupakan suatu bisnis yang mana sistem pemasaran dan penjualannya dilakukan secara online dengan mengandalkan jaringan internet.

Kegiatan bisnis yang satu ini dikatakan efektif mengingat perkembangan teknologi yang kian pesat. Bahkan hampir sebagian orang mempromosikan produknya melalui online, guna meningkatkan daya beli konsumen.

Tidak hanya menjanjikan, beberapa bisnis online pun bisa dicoba dengan modal kecil. Sehingga sangat cocok untuk digeluti oleh pemula yang ingin memulai suatu bisnis tanpa takut merugi dalam jumlah besar.

Mengapa Ide Bisnis Online Modal Kecil Patut Dicoba?

Keuntungan yang diraih dari menjalankan bisnis online enggak cuma seputar pendapatan saja lho. Karena masih ada banyak lagi alasan mengapa ide bisnis online itu menguntungkan, terlebih bila modal yang dikeluarkan tidak banyak. Dan berikut beberapa diantaranya:

  • Tidak harus memiliki toko fisik
  • Memangkas biaya pengeluaran
  • Fleksibel tanpa adanya batasan waktu
  • Target pasar luas
  • Pendapatan yang diterima bisa melebihi target
(Baca Juga: 4 Bisnis yang Bisa Kamu Tekuni Saat Musim Hujan)
Lima Ide Bisnis Online Modal Kecil

Bisnis online modal kecil memang sekarang ini banyak diminati. Bagaimana tidak? Dengan modal minimalis, kamu bisa meraup untung besar bila memahami cara kerjanya.

Nah, kalau saat ini kamu berniat untuk mencoba peruntungan dibidang bisnis online namun masih ragu untuk memulainya, CekAja bakal memberikan referensi seputar 10 ide bisnis online modal kecil berikut ini khusus untuk kamu.

1. Freelance Writer

Freelance Writer - Lima Ide Bisnis Online Modal Kecil yang Menjanjikan

Enggak cuma bisa bekerja kantoran, saat ini banyak perusahaan besar mencari seorang penulis lepas atau disebut freelance writer untuk mengisi website mereka. Tujuannya pun beragam, dan yang pasti ide bisnis online ini hanya memerlukan modal kecil, yakni laptop dan jaringan internet.

Untuk membuat hasil tulisanmu mahal, sebaiknya pelajari kaidah penulisan yang SEO friendly. Karena hampir semua perusahaan besar di Indonesia mencari seorang SEO Content Writer untuk membuat tulisan yang diterbitkan di website perusahaan, berhasil menduduki peringkat pertama di mesin pencarian Google.

2. Reseller online

Reseller online - Lima Ide Bisnis Online Modal Kecil yang Menjanjikan

Sebagai pemula, kamu bisa mencoba ide bisnis online modal kecil yang satu ini. Pasalnya, selain kamu bisa memangkas pengeluaran diawal, dengan menjadi reseller kamu dapat menerima keuntungan besar bila produk yang dijual telah memiliki nama besar di kalangan konsumen. Baik itu dalam bentuk produk skincare, fesyen, maupun makanan kekinian.

3. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing - Lima Ide Bisnis Online Modal Kecil yang Menjanjikan

Affiliate Marketing juga menjadi plihan ide bisnis online modal kecil yang menjanjikan. Kegiatan bisnis seperti ini memang tengah naik daun di kalangan pengusaha. Karena skema berbisnisnya sendiri yang tergolong praktis tanpa harus menyediakan stok produk.

Bisa dikatakan, affiliate marketing ini kurang lebih serupa dengan bisnis dropshipping. Bedanya kalau affiliate marketing, kamu hanya memasarkan produk melalui link affiliate resmi yang didapat setelah menjalin rekanan.

Kemudian saat produk yang kamu promosikan dibeli oleh konsumen, maka pihak rekanan akan memberi komisi sesuai kesepakatan bersama. Besaran komisinya sendiri beragam dan bahkan bisa mencapai 50 persen untuk tiap produk yang berhasil terjual.

4. Dropshipper

Dropshipper - Lima Ide Bisnis Online Modal Kecil yang Menjanjikan

Skema bisnis dropship ini hampir serupa dengan affiliate marketing, dimana kamu sebenarnya hanya menjual produk orang lain. Sehingga modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Untuk membuat produk yang dijual semakin tenar, kamu bisa memanfaatkan ‘the power of social media’. Mengingat saat ini banyak pebisnis yang beralih ke ranah media sosial seperti Instagram, Facebook, hingga Twitter untuk mempromosikan produk yang dijual.

Tetapi perlu diingat, ketika kamu memutuskan untuk membuka bisnis dropship, sebaiknya perhatikan kualitas dari barang yang kamu jual. Ini termasuk hal penting guna menumbuhkan rasa kepercayaan konsumen untuk selalu kembali membeli suatu barang di kamu.

Makanya penting bagimu untuk selalu membaca testimoni dari para konsumen yang pernah membeli barang di toko tersebut. Jika keseluruhan responnya positif, kamu bisa langsung mencoba bisnis dropship ini.

5. Web Developer

Web Developer - Lima Ide Bisnis Online Modal Kecil yang Menjanjikan

Perkembangan teknologi yang kian pesat membuat sejumlah bisnis mau tak mau harus terus berevolusi dengan beralih dari konvensional menjadi digital.

Maka dari itu enggak sedikit dari perusahaan besar maupun startup yang rela merogoh kocek dalam untuk menyewa seorang web developer. Agar tampilan visual perusahan terlihat menarik dan memiliki ciri khas tersendiri.

Kalau kamu memiliki keahlian di bidang ini, maka menjadi ahli web developer sebagai modal berbisnis online adalah keputusan yang tepat. Soalnya pendapatan yang bakal kamu terima dari bisnis yang satu ini terbilang menjanjikan.

Apalagi jika harus membuat dan mendesain website perusahaan besar. Bisa jadi dalam satu proyek kerja, kamu dapat meraup keuntungan hingga belasan juta rupiah. Menguntungkan bukan?

Nah, itulah kelima ide bisnis online modal kecil yang bisa dijadikan referensi untuk kamu nanti. Diluar dari itu, jika kamu ingin membuka suatu usaha salah satunya seperti kopi kekinian, kamu bisa mendapatkan pinjaman tunai sebagai modal awal melalui CekAja.com

Fintech yang sudah terdaftar di OJK ini menyediakan layanan pinjaman modal usaha dengan cicilan ringan dan bunga rendah. Jadi, tunggu apalagi?

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau