Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Lima Kebiasaan Ini Bisa Membuatmu Terbebas dari Utang

by Ariesta on 12 Januari, 2016

bebas utang - CekAja.com

Mungkin terdengar hampir mustahil, namun nyatanya banyak orang yang menjalani hidup mereka tanpa utang satu rupiah pun. Orang dari berbagai usia dan tingkat pendapatan telah membuat pilihan ini. Ini tentu bukan prestasi yang mudah.

Urban Institute Amerika menemukan bahwa 35 persen orang dewasa di Amerika memiliki masalah yang berkaitan dengan utang. Ini mencakup utang non-KPR, saldo kartu kredit, tagihan medis , atau tagihan utilitas. Ada banyak metode untuk terbebas dari utang, mulai dari memotong pengeluaran, membayar semua tagihan tepat waktu, atau menghindari dua hal itu bersama-sama. Yang terpenting adalah untuk memilih cara terbaik sesuai kondisi finasnialmu. Dan jika kamu benar-benar menginginkannya, ilmu dari perencana keuangan ini bisa kamu coba.

Berhemat besar-besaran

Berhemat memang sulit, namun ini merupakan cara terbaik untuk terbebas dari utang. Pikirkan tabunganmu sebagai persiapan untuk biaya tak terduga. Dengan memiliki tabungan, kamu tidak perlu khawatir saat ada tagihan rumah sakit atau kerusakan mobil.

Penghematan juga penting untuk biaya jangka panjang yang belum kamu rencanakan seperti biaya pendidikan anak atau rumah  baru. Menjalani hidup tanpa utang  berarti, menciptakan lebih banyak ruang dalam anggaran untuk mempertahankan tabungan yang sehat. (Baca juga: Cara Unik Turunkan Tarif Pembayaran Listrik Hingga 50 Persen)

Membayar tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo

Bagi sebagian orang, membayar dengan uang fisik bisa menghindari mereka dari kebiasaan belanja impulsif. Kartu kredit di sisi lain, memang membuat segala hal menjadi lebih mudah. T api kemudahan itulah yang membuatmu belanja tanpa merasa bersalah sehingga menumpuk utang.

Kalau kamu tipe yang tidak bisa menahan diri dari godaan belanja, maka memiliki kartu kredit bukanlah ide yang baik. Namun kalau kamu tipe orang yang disiplin, jangan takut untuk menggunakan kartu kredit demi mendapatkan imbalan poin atau cash back. Jangan lupa lunasi setiap pembelian yang kamu buat pada hari yang sama . Jangan menunggu sampai tagihan bulanan datang.

Membeli mobil bekas dan murah

Untuk terbebas dari utang, jangan ambil cicilan mobil baru dan belilah mobil bekas yang harganya terjangaku secara tunai. Membeli mobil bekas memang lebih beresiko, tapi kalau kamu cermat, risiko bisa diminimalisir. Cari tahu tentang tahun keluaran, riwayat pemakaian, dan kondisi mesin.

Menyewa bukan membeli

Menyewa terdengar seperti mimpi buruk bagi sebagian orang karena tidak adanya hak kepemilikan. Namun real estate tidaklah murah. Kalau kamu berkomitmen ingin terbebas dari segala cicilan, memiliki rumah sendiri merupakan tantangan besar. Menabung untuk membeli rumah memang membutuhkan waktu lama. Namun cicilan dan bunga yang besar juga bisa mencekikmu apalagi jika kondisi finansial belum stabil. (Baca juga: 3 Situasi Tepat untuk Mengajukan Kredit ke Bank)

Beli sesuatu yang hanya kamu butuhkan

Orang yang gila belanja pasti tidak menyukai hal ini. Kamu yang tidak terbiasa menabung pasti akan kaget dengan banyaknya uang yang bisa disimpan dengan menerapkan satu strategi sederhana: berpikir sebelum membeli. Sebelum menaruh sesuatu di keranjang belanja, tanyakan pada dirimu sendiri, “Apakah aku membutuhkannya?”

Kamu tidak perlu memangkas waktu makan menjadi hanya sehari sekali demi berhemat besar. Hidup membutuhkan uang. Tapi kamu masih bisa tetap menikmatinya sambil berhemat.

Tentang Penulis