Lima Klaim Asuransi Termahal Akibat Bencana Alam

2 min. membaca Oleh CekAja on

Tidak ada seorangpun yang dapat menebak kapan datangnya bencana. Oleh karenanya, antisipasi harus dilakukan sebisa mungkin. Misalnya jika rumah berada di kawasan banjir, kamu harus segera mengungsikan barang-barang ke tempat lebih tinggi saat musim hujan datang.

Sementara, untuk bencana besar bukan musiman seperti banjir bandang yang terjadi di Garut dan bencana tanah longsor di Sumedang, antisipasi terbaik yang bisa dilakukan adalah melindungi diri dengan asuransi.

Ketika sebuah bencana besar terjadi, tak jarang perusahaan asuransi harus mengeluarkan banyak uang untuk membayar klaim nasabah. Kira-kira klaim asuransi mana yang paling mahal akibat bencana alam?

Gemba bumi dan tsunami Jepang, Maret 2011

tsunami-reporter

Laba perusahaan asuransi terbesar di Eropa, Allianz jerman merosot 44% karena harus mengeluarkan US$843 miliar untuk membayar klaim korban gempa bumi dan tsunami di Jepang. Bencana tersebut merupakan gempa terkuat yang pernah terjadi di Jepang dengan kekuatan 9,0 magnitudo.

Selain Allianz, Munich Re, perusahaan asuransi asal Jerman juga kehilangan US$224 miliar karena klaim bencana Jepang. Swiss Re dari Swiss harus membayar US$1,2 miliar, sedangkah perusahaan asuransi asal Amerika, AIG, membayar klaim asuransi properti sebesar  US$700 juta. (Baca juga: [c88-article id=”103012″ title=”Hati-hati di Usia 40 Tahun, Kamu Bakal Pensiun Miskin Kalau Belum Sadar 5 Hal Ini” text=”Hati-hati di Usia 40 Tahun, Kamu Bakal Pensiun Miskin Kalau Belum Sadar 5 Hal Ini”])

Tsunami Aceh Indonesia, Desember 2006

tsunami

Taksiran klaim perusahaan asuransi umum, asuransi jiwa dan asuransi jaminan sosial akibat gempa bumi dan tsunami di Aceh mencapai Rp3,2 triliun. Klaim untuk asuransi sosial mencapai Rp 100 miliar, asuransi jiwa Rp1,2 triliun, dan asuransi umum Rp1,9 triliun.

Namun meski harus membayar klaim kepada korban tsunami di Aceh, periusahaan asuransi tidak dirugikan mengingat jumlah premi asuransi umum di Aceh hanya 1,3% dari total premi asuransi umum di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk premi asuransi jiwa hanya 0,8% dari premi asuransi jiwa di seluruh Indonesia. Bencana ini menelan korban sebanyak 227.898 jiwa dengan korban dari Indonesia mencapai 170.000 jiwa.

Badai Katrina, Rita, dan Wilma di Amerika, 2005

hurricane-katrina

Kehancuran luas yang disebabkan oleh badai yang terjadi berturut-turut, Katrina, Rita, dan Wilma pada tahun 2005 diperkirakan menelan biaya ganti rugi US$130 miliar. Estimasi nilai yang ditanggung perusahaan asuransi tersebut berasal dari klaim kerusakan rumah dan  properti bisnis, cedera pribadi dan kematian.

Letusan gunung merapi Eyjafjallajokull Islandia, April 2010

eyjafjallajokull

Tidak ada korban tewas atau terluka saat gunung merapi di Islandia ini meletus pada musim semi 2010. Namun perusahaan asuransi Eropa tetap harus menanggung US$3,4 miliar. Ini karena asap dan debu tebal hasil erupsi yang melayang sampai ke selatan Atlantik dan benuaEropa menyebabkan ratusan penerbangan dibatalkan. Tak kurang dari 10 juta penumpang mengajukan ganti rugi.

Bencana ini juga berefek domino pada ekonomi. Eropa menjadi wilayah larang terbang sehingga berdampak pada maskapai di Asia dan Amerika. Harga bahan bakar pesawat pun jatuh karena banyak pesawat tidak terbang.

Gempa bumi di China, Mei 2008

sichuan

Gempa bumi yang melanda Provinsi Sichuan China pada tahun 2008 adalah gempa paling mematikan yang melanda Cina sejak tahun 1976 dan salah satu bencana alam paling mahal dalam sejarah Cina. Gempa berkekuatan 7,9 magnitude ini menewaskan sekitar 68.000 jiwa, dan membuat setidaknya 4,8 juta orang kehilangan tempat tinggal. (Baca juga: [c88-article id=”105293″ title=”Pebisnis Pemula Akan Cepat Sukses Jika Ikuti 5 Cara Ini” text=”Pebisnis Pemula Akan Cepat Sukses Jika Ikuti 5 Cara Ini”])

Kerugian ditaksir mencapai US$20 miliar. Perusahaan asuransi menerima 200.000 klaim, namun hanya 27.500 klaim berkaitan dengan kerusakan rumah yang dikabulkan. Selain properti, jutaan ternak mati dan sejumlah besar pertanian juga hancur.

Ingin aset berhargamu seperti rumah, ruko dan kantor dilindungi oleh asuransi? Dapatkan produk asuransi properti terbaik di sini

Tentang kami

CekAja

CekAja